BLANTERORBITv102

    Lima Wisata Pemandian Air Panas di Curup Rejang Lebong Bengkulu

    Rabu, 08 Desember 2021
    Kolam Pemandian Panas di Rejang Lebong

    SudutWisata.com - Kabupaten Rejang Lebong selama ini terkenal sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Bengkulu yang kaya akan destinasi wisata. Destinasi wisata yang ada di kabupaten dengan ibu kota kabupatennya Kota Curup tersebut mulai dari destinasi alami hingga buatan.

    Salah satu destinasi yang sudah lama terkenal di Rejang Lebong atau Kota Curup adalah wisata pemandian suban air panas. Namun, selain suban air panas Kabupaten Rejang Lebong ternyata memiliki sejumlah pemandian air panas lainnya. Berikut wisata pemandian air panas yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

    1. Suban Air Panas

    wisata curup
    Komplek pemandian Subar Air Panas Curup

    Wisata pemandian Suban Air Panas ini sudah lama menjadi destinasi wisata unggulan dan destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Kabupaten Rejang Lebong. Objek wisata ini berada di Kelurahan Talang Ulu Kecamatan Curup Timur atau sekitar 6 KM dari pusat Kota Curup ibu kota Kabupaten Rejang Lebong.

    Dilokasi ini, dengan tiket masuk Rp 10 ribu per orang para pengunjung bisa menikmati sepuasnya sejumlah kolam hingga pancuran air panas. Selain terdapat kolam air panas, di objek wisata ini juga tersedia kolam air dingin dengan kedalaman mulai dari 50 CM sampai 180 CM.

    2. Suban Lesung Goa Batu

    wisata curup
    Kolam Dewasa di Pemandian Suban Lesung Gua Batu

    Objek wisata pemandian air panas ini masih berada satu komplek dengan objek wisata pemandian Suban Air Panas. Hanya saja pengelolaannya berbeda dengan Suban Air Panas. Dimana untuk Suban Air Panas sudah ada campur tangan pemerintah daerah sedangkan Suban Lesung Goa Batu ini masih dikelola secara alami.

    Untuk masuk ke objek wisata ini pengunjung hanya dikenakan tarif Rp 5 ribu per orang dan sudah bisa menikmati semua kolam renang dan fasilitas kamar ganti hingga WC yang ada. Ada beberapa kolam pemandian dilokasi ini, mulai dari satu kolam besar untuk dewasa dan beberapa kolam ukuran kecil hingga kolam khusus anak-anak yang semuanya merupakan kolam air panas atau hangat.

    3. Air Terjun Tri Sakti

    wisata curup
    Air Terjun Panas

    Selain terkenal sebagai salah satu air terjun tertinggi di Provinsi Bengkulu dengan keindahannya yang mampu menghiptonis setiap pengunjung yang datang. Komplek wisata Air Terjun Air Tri Sakti yang berada di Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi ini juga memiliki pemandian air panas. Pemandian air panas ini berada di bagian atas Air Terjun Tri Sakti berupa sebuah kolam alami yang airnya mengalir langsung dari bumi. Selain airnya panas juga sangat jernih hingga bagian dasar kolam yang terdiri atas pasir dan bebatuan kecil terlihat dengan jelas

    wisata curup
    Kolam Air Panas

    Selain kolam pemandian air panas, dilokasi ini juga terdapat satu buah air terjun yang airnya panas atau hangat. Air terjun panas ini berada di sisi jalan saat kita akan turun atau naik dari air terju utama yaitu air terjun tri sakti.


    4. Pemandian Grojogan Sewu

    wisata curup
    Pemadian Gerojokan Sewu

    Pemandian Air Panas Grojogan sewu ini berada di Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang, lokasinya tepat berada di kaki Gunung Kaba atau Bukit Kaba. Untuk menuju lokasi wisata kita, pengunjung tinggal mengikuti jalan kearah Bukit Kaba, namun sebelum sampai di pos registrasi pendakian Bukit Kaba, pengunjung belok kiri. Di persimpangan jalan menuju objek wisata ini sudah ada petunjuk jalan.

    Objek wisata dinamakan grojogan sewu karena terdapat banyak pancuran air panas, selain pancuran air panas, pengelola juga sudah membanguan beberapa kolam pemandian yang bisa dinikmati pengunjung untuk berendam di air panas atau air hangat.


    5. Pemandian Air Panas Sentral

    wisata curup
    Pemandian Air Panas Sentral

    Objek wisata ini berada di Desa Sindang Jati Kecamatan Sindang Kelingi tepatnya dipinggir jalan lintas Beringin Tiga -  Bengko atau sekitar 30 KM dari pusat Kota Curup ibu kota Kabupaten Rejang Lebong.

    Konon katanya, pemandian air panas ini sudah ada sejak zaman penjajahan belanda dan sering digunakan orang-orang belanda untuk mandi setiap harinya. Hingga saat ini pemandian air panas ini masih dibuka dan masih dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk mandi baik dipagi maupun sore hari.

    Selain terdapat pemandian air panas peninggalan belanda, dilokasi ini terdapat juga dua kolam renang satu kolam renang air dingin dan satu lagi air hangat. Pengelolaan wisata ini dilakukan oleh desa setempat. Selain pemandian air panas dilokasi ini juga terdapat dua buah air terjun dari satu aliran sungai.


    itu dia objek-objek wisata pemandian air panas yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, anda tertarik mengunjungi yang mana.?