BLANTERORBITv102

    12 Tempat Wisata di Curup Bengkulu

    Rabu, 20 April 2022
    wisata curup
    Bundaran Kota Curup

    Kabupaten Rejang Lebong dengan ibukotanya Kota Curup merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Bengkulu yang memiliki banyak tempat wisata. Kota Curup berada di sebuah lembah yang berada ditengah rangkain Bukit Barisan. Kota yang berjarak 85 KM dari Kota Bengkulu ibu kota Provinsi Bengkulu ini berada pada ketinggian mulai dari 600 Mdpl.

    Karena berada diketinggian lebih dari 600 Mdpl Kota Curup selama ini dikenal sebagai dengan udara sejuk sehingga banyak orang menyebutnya dengan Kota Sejuk Curup.Kota dengan sebutan Curup Kota Idaman ini menawarkan berbagai tempat wisata baik alami maupun buatan. 

    Meskipun beberapa tempat wisata berada diluar Kota Curup, namun wisatawan dari luar Kota Curup tetap mengatakan wisata di Curup. Lalu tempat wisata apa saja yang bisa anda kunjungi saat berada di Curup, Rejang Lebong Bengkulu. Berikut tempat-tempat wisata di Kota Curup yang bisa wisatawan kunjungi

    1. Pemandian Suban Air Panas

    wisata curup
    Suban Lesung Gua Batu

    Wisata di Kota Curup pertama yang bisa ada kunjungi ini adalah wisata pemandian Suban Air Panas. Objek wisata ini sudah lama dikenal dan menjadi destinasi favorit wisatawan saat berwisata ke Kota Curup.

    Objek wisata ini terletak di Kelurahan Cawang Baru Kecamatan Curup Timur atau sekitar 6 KM dari Pusat Kota Curup dan 94 KM dari Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu. Akses menuju objek wisata ini sudah sangat baik karena sampai di parkiran kendaraan jalannya sudah mulus atau hotmix, sehingga tidak ada kendala untuk semua jenis kendaraan.

    Untuk masuk ke objek wisata yang biasanya ramai dikunjungi saat akhir pekan terutama saat libur lebaran dan tahun baru ini, wisatawan cukup membayar Rp 10 ribu untuk satu orang dewasa dan Rp 5 ribu untuk anak-anak. Sedangkan untuk biaya parkir Rp 2 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp 5 ribu untuk kendaraan roda empat. 

    Di komplek wisata Suban Air Panas ini ada dua wisata lain yang bisa wisatawan kunjungi yaitu Air Terjun Cabang Dua dan Suban Lesung Gua Batu. Untuk masuk ke kedua objek wisata ini pengunjung harus membayar lagi karena pengelolaannya dilakukan secara pribadi oleh pemiliknya.

    2. Danau Mas Harun Bastari

    wisata curup
    Danau Mas Harun Bastari

    Wisata di Kota Curup kedua yang bisa anda kunjungi adalah Danau Mas Harun Bastari. Danau alami ini berada di Desa Karang Jaya Kecamatan Selupu Rejang dan tepat berada di pinggir jalan Lintas Curup-Lubuklinggau dengan jarak sekitar 19 KM dari Kota Curup atau 95 KM dair Kota Bengkulu dan 32 KM dari Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan.

    Diobjek wisata ini, wisatawan bisa menikmati keindahan danau dengan udara yang sejuk, kemudian bisa mengelilingi danau yang memiliki pulau berbentuk hurup C menggunakan perahu sedang atau perahu bebek. Selain itu, objek wisata Danau Mas Harun Bastari ini juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas bermain untuk anak-anak, sehingga anak-anak dijamin tidak bosan bisa berwisata ke tempat ini.

    Tarif masuk objek wisata ini yaitu Rp 3.000 untuk orang dewasa, Rp 2.000 untuk anak-anak. Kemudian tarif parkir Rp 1.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 2.000 untuk kendaraan roda empat.

    3. Bukit Kaba

    wisata curup
    Kawah Aktif Bukit Kaba

    Tempat wisata di Kota Curup Selanjutnya adalah Bukit Kaba. Bukit kaba ini sebenarnya adalah gunung api aktif. Meskipun objek wisata ini merupakan gunung namun dikalangan masyarakat hingga pendaki lebih dikenal dengan Bukit Kaba.

    Gunung yang memiliki ketinggian 1.938 Mdpl ini berjarak sekitar 15 KM dari Kota Curup. Akses melakukan pendakian ke puncak Bukit Kaba melalui desa Sumber Urip. Ada dua jalur pendakian yang bisa dilakui yang pertama melalui jalur rimba yang hanya bisa dengan berjalan kali, sedangkan jalur kedua yaitu jalur kendaraan yaitu jalur yang bisa dilalui kendaraan roda dua.

    Puncak Bukit Kaba ini memiliki dua buah kawah yaitu kawah mati yang dasarnya memiliki air berwarna biru sedangkan satu lagi kawah aktif yang mengeluarkan asap belerang dibeberapa titik.

    4. Taman Bunga D'Syandana 88

    wisata curup
    Salah satu sudut taman bungan D'syandana 88

    Wisata Curup keempat yang bisa dikunjungi adalah, Taman Bunga D'Syandana 88. Taman bunga ini berada di Desa Sumber Bening Kecamatan Selupu Rejang. Di lokasi wisata ini, wisatawan bisa melakukan aktifitas berfoto dengan berbagai jenis latar yang disiapkan pengelola mulai dari taman bunga, beberapa miniatur dan ornamen jepang dan masih banyak lagi.

    Taman bunga ini selalu eksis, karena pengelola selalu memperbaharuai spot-spot foto maupun fasilitas lainnya, sehingga bisa mengundang kembali wisatawan sebelumnya telah berkunjung ke objek wisata ini.

    Tarif masuk ke Taman Bunga D' Syandana 88 adalah Rp 10.000 ribu dan parkir Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat

    5. The Nickrisnally Strawberry Park

    wisata curup
    Spot foto rumah terbalik di The Nickrisnally Strawberry Park

    The Nickrisnally Strawberry Park merupakan agrowisata kebun stroberi yang ada di Kota Curup atau Kabupaten Rejang Lebong. Objek wisata ini berada di Desa Sumber Bening Kecamatan Selupu Rejang atau tepat didepan Taman Bunga D' Syandana 88.

    Di Objek wisata ini wisatawan bisa menikmati wisata petik stroberi dengan tarif masuk Rp 10.000 untuk satu orangnya. Sedangkan untuk stroberi yang telah dipetik untuk 100 gram atau 1 ons dihargai Rp 10.000 ribu.

    Selain bisa berwisata stroberi petik sendiri, diobjek wisata ini juga dilengkapi dengan spot foto rumah terbalik, kemudian juga dilengkapi sejumlah tempat santai mulai dari aula hingga taman bunga.

    6. Wahana Annisa

    wisata curup
    Kolam renang Wahana Annisa

    Wahana Annisa merupakan tempat wisata di Kota Curup berkonsep kolam renang keluarga atau anak-anak. Objek wisata ini berada di Jalan Lintas Simpang Nangka-Taba Mulan di Kelurahan Simpang Nangka Kecamatan Selupu Rejang atau sekitar 8 KM dari Pusat Kota Curup. Bila dari arah bundaran simpang nangka objek wisata ini berada disisi kiri jalan dan lokasi sebelum jembatan air melas atas atau dikenal juga dengan nama jembatan kalong.

    Konsep objek wisata ini lebih pada konsep untuk keluarga, karena kedalam kolam renang yang paling dalam hanya sekitar 80 cm saja, sehingga tentunya sangat aman untuk anak-anak berenang, kemudian juga ada dua tempat perosotan untuk anak-anak serta ada replika cangkang kerang besar yang bisa digunakan pengunjung berfoto didalam cangkang kerang tersebut. Selain itu, disekeliling kolam juga terdapat beberapa patung jamur yang cukup besar serta satu satu patung ikan lumba-lumba yang mengeluarkan air dari mulutnya. Konsep tersebut tentunya sangat disukai oleh anak-anak.

    Untuk biaya masuk objek wisata ini untuk anak-anak dan dewasa itu Rp 10 ribu per orang sedangkan untuk balita Rp 5 ribu per orang. Jam bukanya mulai dari pagi hingga pukul 19.00 WIB. 

    7. Tebing Suban
    wisata curup
    Tebing Suban

    Objek wisata di Kota Curup selanjutnya adalah Tebing Suban. Objek wisata ini berada di di pinggir jalan raya Curup-Lubulinggau yaitu di Kelurahan Talang Ulu Kecamatan Curup Timur. Lokasi objek wisata ini berada dipersimpangan menuju wisata pemandian suban air panas.

    Dengan tiket masuk Rp 10.000, diobjek wisata ini wisatawan bisa menikmati sejumlah fasilitas hingga spot foto yang telah disiapkan pengunjung. Spot-spot foto ditempat wisata ini sangat Instagrammable banget, sehingga sangat menarik untuk dikunjungi saat berada di Kota Curup.

    8. Bukit Bintang Jipang

    wisata curup
    Suasana sore hari di Bukit Jipang

    Salah satu tempat wisata di Kota Curup yang dalam beberapa tahun terakhir cukup hits adalah Bukit Bintang Jipang atau Bukit Jipang. Objek wisata ini berada di Jalan Bukit Jalal Desa Air Meles Atas Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong dengan jarak tempuh sekitar 20 menit dari Kota Curup Ibu Kota Kabupaten Rejang Lebong atau sekitar 2 jam dari Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu.

    Di objek wisata Bukit Jipang wisatawan hanya dikenakan tarif Rp 10 ribu untuk satu orang saja sedangkan jika ingin bercamping dikenakan tarif Rp 35 ribu. Kemudian bila tidak suka tidur di tenda objek wisata ini juga telah menyediakan tempat penginapan baik yang bisa digunakan untuk beramai-ramai maupun sendiri.

    Di objek wisata ini pengelola telah membangun sejumlah spot foto yang instagrammable mulai dari jembatan kaca, ayunan, sangkar burung dan sejumlah spot foto lainnya dengan latar Bukit Kaba maupun Kota Curup yang berlatar Bukit Basah dan Bukit Daun.

    9. Pesona 88 Curup

    wisata curup
    Patung merlion di Pesona 88 Curup

    Objek wisata di Kota Curup selanjutnya yang bisa anda kunjungi saat berada di Kota Curup adalah Pesona 88 Curup. Objek wisata ini berada di Jalan H Agus Salim Desa Lubuk Ubar Kecamatan Curup Selatan.

    Untuk masuk ke objek wisata dengan maskot pantung merlion layaknya di Singapura ini, pengunjung cukup membayar Rp 10.000 per orang. di lokasi wisata ini juga banyak jenis permainan yang disiapkan oleh pengelola mulai dari flaying fox, perahu bebek hingga kolam renang. Untuk bisa menikmati sejumlah permainan tersebut pengunjung akan dikenakan tarif lagi dan tarifnya berbebe-beda sesuai dengan jenis permainan yang ada.

    10. Sungai Trokon

    wisata curup
    Wisata Sungai Trokon

    Sungai Trokon saat sudah menjadi salah satu wisata yang ada di Kota Curup. Sungai Trokon merupakan hulu dari Sungai Musi yang ada di Kota Palembang berada di Desa Cawang Lama Kecamatan Selupu Rejang.

    Lokasi wisata ini berjarak sekitar 7,5 KM dari pusat Kota Curup atau 95 KM dari Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu. di Sungai Trokon ini ada beberapa objek wisata yang memanfaatkan aliran Sungai Trokon baik yang dikelola oleh pihak desa maupun secara pribadi.

    Untuk masuk ke objek wisata yang memanfaatkan aliran Sungai Trokon ini pengunjung hanya membayar biaya parkir yaitu Rp 2 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp 5 ribu untuk kendaraan roda empat. Diwisata ini, wisatawan selain bisa menikmati jernih dan sejuknya Sungai Trokon juga bisa menikmati permainan tubing yaitu mengarungi aliran sungai menggunakan ban

    11. Pemandian Gerojogan Sewu

    wisata curup
    Gerojogan Sewu Rejang Lebong

    Objek wisata pemandian gerojogan sewu merupakan salah satu wisata pemandian air panas yang ada di Kota Curup. Ojek wisata ini berada di Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang yaitu tepat berada dikaki Bukit Kaba atau sekitar 20 KM dari pusat Kota Curup ibu kota Kabupaten Rejang Lebong dan 4 KM dari jalan lintas Curup Lubuklinggau dan 110 KM dari Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu.

    Untuk masuk ke lokasi wisata ini pengunjung dewasa akan dikenakan tarif Rp 10.000,- dan anak-anak Rp 5.000,- dan parkir sepeda motor Rp 5.000,-. Sedangkan fasilitas yang tersedia mulai dari musola, kamar ganti dan WC serta beberapa pondokan yang bisa digunakan wisatawan untuk melatakkan barang atau untuk makan bersama keluarga. Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

    12. Bukit Batu Lantana

    wisata curup
    Kota Curup dari Bukit Batu Lantana

    Objek wisata di Kota Curup yang terakhir yang bisa anda kunjungi adalah Objek Wisata Bukit Batu Lantana. Objek wisata ini berada di Desa Air Meles Atas Kecamatan Selupu Rejang.

    Di objek wisata ini pengunjung akan dikenakan tarif Rp 10.000 ribu dan bisa menikmati sejumlah fasilitas yang ada. Sesuai dengan namanya, objek wisata ini adalah kawasan perbukitan batu yang disulap menjadi tempat wisata. Dari objek wisata ini wisatawan bisa menikmati keindahan kota curup dari ketinggian terutama saat malam hari.