BLANTERORBITv102

    Pesona Air Terjun Tangga Seribu di Kepala Curup

    Jumat, 17 Desember 2021

     

    Air Terjun Tangga Seribu
    Air Terjun Tangga Seribu Kepala Curup

    SudutWisata.com - Desa Kepala Curup Kecamatan Binduriang Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu selama ini menyimpan potensi wisata yang sangat luar biasa yaitu Air Terjun Tangga Seribu. Air terjun tangga seribu ini berada di pinggir jalan lintas Curup - Lubuklinggau tepatnya di bawah jembatan Gardu.

    Jarak tempuh menuju lokasi wisata Air Terjun Tangga Seribu ini sekitar 30 KM dari Pusat Kota Curup ibu kota Kabupaten Rejang Lebong dan 112 KM dari Kota Bengkulu.

    Meskipun berada dipinggir jalan lintas Curup-Lubuklinggau, namun untuk menuju lokasi air terjun tangga seribu kita harus berjalan sejauh sekitar 1 KM menuruni anak tangga yang jumlahnya lebih dari 300 anak tangga. Ada dua akses jalan menuju lokasi ini, satu melewati anak tangga yang terbuat dari besi dan vertikal . Tangga besi vertikal inilah yang menjadi cikal bakal penyebutan air terjun yang terbentuk dari aliran Sungai Air Lang dikatakan sebagai Air Terjun Tangga Seribu. Hanya saja sejak tahun 2018 lalu, tangga vertikal yang terbuat dari besi ini sudah tidak digunakan lagi karena sudah mengalami korosi dan tidak aman untuk digunakan.

    Air Terjun Tangga Seribu
    tangga vertikal yang menjadi cikal bakal penyebutan air terjun tangga seribu

    Kemudian akses kedua yaitu melalui tangga yang terbuat dari semen yang membelah sisi tebing dengan ketinggian sekitar 70 meter. Anak-anak tangga ini dibuat menjadi beberapa tingkatan sehingga tidak terlalu menguras tenaga pengunjung terutama saat menanjak setelah menikmati keindahan Air Terjun Tangga Seribu.

    Baca juga : 8 Air Terjun Tertinggi di Bengkulu

    Kedua tangga baik yang terbuat dari besi maupun dari semen yang menjadi akses menuju Air Terjun Tangga Seribu, sebenarnya bukan dibangun untuk akses menuju air terjun, melainkan dibangun untuk akses menuju lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Kepala Curup yang berada tepat diujung dua buah tangga menuju Air Terjun Tangga Seribu.

    Air Terjun Tangga Seribu
    Akses tangga yang saat ini digunakan

    Setelah menuruni ratusan anak tangga, mata pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan Air Terjun Tangga Seribu yang memiliki ketinggian sekitar 40 sampai 50. Namun untuk menuju lokasi bawah air terjun, pengunjung harus melakukan susur sungai terlebih dahulu, karena belum ada akses jalan dikedua sisi sungai.

    Dilokasi air terjun tangga seribu ini, selain bisa mandi dan menikmati keindahannya, pengunjung yang hobi dengan memancing, bisa berwisata sambil mancing, karena di kolam air terjun atau dibeberapa lokasi lain disekitar air terjun masih banyak terdapat berbagai jenis ikan.

    anda tertarik mengunjungi air terjun tangga seribu ini, demi keamanan anda, saya sarankan anda meminta bantuan warga sekitar yang anda kenal atau pengurus karang taruna di Kecamatan Binduriang, karena memang wisata Air Terjun Tangga Seribu ini belum dikelola secara maksimal.