BLANTERORBITv102

    8 Air Terjun Tertinggi di Bengkulu

    Kamis, 19 Mei 2022
    Air Terjun Bengkulu
    Air Terjun Tertinggi di Bengkulu

    Provinsi Bengkulu selain terkenal dengan wisata Pantai Panjangnya, ternyata memiliki banyak objek wisata lain yang bisa dikunjungi. Provinsi Bengkulu yang dilewati oleh gugusan Bukit Barisan juga menyimpan banyak potensi air terjun.

    Dalam kesempatan kali ini sudutwisata.com akan mencoba mengulas sejumlah air terjun yang termasuk dalam kategori air terjun tertinggi yang ada di Provinsi Bengkulu. Lalu air terjun apa saja yang termasuk air terjun tertinggi di Provinsi Bengkulu tersebut? berikut ulasannya

    1. Air Terjun Curug Sembilan

    Air Terjun Bengkulu
    Air Terjun Curug Sembilan (instagram/@curug_9 )

    Air terjun tertinggi pertama yang ada di Bengkulu adalah air terjun Curug 9. Sesuai dengan namanya air terjun terjun ini terbentuk dari aliran air sembilan tingkat. Air terjun ini merupakan satu-satunya air terjun bertingkat-tingkat yang ada di Provinsi Bengkulu.

    Air terjun ini berada di Desa Tanah Hitam Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Untuk bisa ke lokasi air terjun yang berada di dalam hutan Hutan Lindung Boven Lais yang juga menjadi habitat dua jenis Rafflesia yaitu Rafflesia Arnoldii dan Rafflesia Gadutensis, wisatawan harus berjalan kaki dengan waktu tempuh 3 sampai 4 jam dari Desa Tanah Hitam.

    Namun perjalanan yang melelahkan tersebut seketika akan sirna bila telah sampai dilokasi air terjun, karena indahnya pemandangan air terjun dan sejuknya aliran air sungai dan masih asrinya hutan yang ada disekitar air terjun

    2. Air Terjun Tri Sakti

    Air Terjun Bengkulu
    Air Terjun Tri Sakti

    Air Terjun Tri Sakti atau sebelumnya bernama Air Terjun Tri Muara Karang merupakan air terjun selanjutnya yang masuk dalam kategori air terjun tertinggi di Provinsi Bengkulu. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 85 meter ini berada di Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi Kabupaten Rejang Lebong.

    Selain memiliki satu air terjun utama, di komplek wisata Air Terjun Tri Sakti ini juga ada beberapa air terjun lainnya yang tak kalah indahnya bahkan beberapa air terjun merupakan air terjun hangat.

    Akses jalan menuju air terjun ini sudah cukup memadai, bahkan kendaraan roda empat sekalipun sudah bisa ke lokasi parkiran air terjun yang saat ini pengelolaannya dilakukan oleh BUMDes dan Pokdarwis Desa Belitar Seberang. Sejumlah fasilitas penunjang juga saat ini sudah dibangun untuk memudahkan wisatawan saat berkunjung

    3. Air Terjun Mandi Angin

    Air Terjun Bengkulu
    Air Terjun Mandi Angin ( instagram/@igmobi )

    Air terjun tertinggi di Bengkulu selanjutnya adalah Air Terjun Mandi Angin. Air Terjun yang memiliki ketinggian 80 meter ini berada di Desa Air Berau Kecamatan Podok Suguh Kabupaten Mukomuko.

    Air terjun ini berada di kawasan hutan produksi terbatas yang masih alami, akses jalan menuju air terjun juga sudah cukup mudah karena sudah bisa menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat hingga salah satu sisi tebing air terjun dengan jarak tempuh dari Kota Mukomuko sekitar 3 jam. Kondisi jalannya sendiri sebagian sudah batu koral dan sebagian masih tanah kuning sehingga tentunya akan sedikit menyulitkan pengunjung bila hujan turun.

    4. Air Terjun Singkai

    Air Terjun Bengkulu
    Air Terjun Singkai (instagram/@eernawati679 )

    Setelah Air Terjun Mandi Angin, Kabupaten Mukomuko juga memiliki air terjun tertinggi di Provinsi Bengkulu lainnya, yaitu Air Terjun Singkai. Air Terjun ini berada di Desa Lubuk Selandak Kecamatan Teramang Jaya.

    Jarak dari pemukiman warga menuju air terjun dengan tinggi sekitar 80 meter ini yaitu 8 kilometer dan hanya bisa dicapai menggunakan kendaraan bermotor roda dua dan disarankan yang sudah dimodifikasi untuk jalan jalan tanah dan batu.

    5. Air Terjun Tangga Seribu

    Air Terjun Bengkulu
    Air Terjun Tangga Seribu

    Air Terjun Tangga Seribu termasuk salah satu air terjun tertinggi di Provinsi Bengkulu. Air Terjun ini berada di Dusun Gardu Desa Kepala Curup Kecamatan Binduriang Kabupaten Rejang Lebong.

    Lokasi air terjun ini tepat berada di pinggir jalan lintas Curup - Lubuklinggau tepatnya di bawah jembatan Gardu. Hanya saja, meskipun keberadaan air terjun in berada di dipinggir jalan lintas Curup-Lubuklinggau, namun untuk menuju lokasi kita harus berjalan sejauh sekitar 1 KM menuruni anak tangga yang jumlahnya lebih dari 300 anak tangga. Ada dua akses jalan menuju lokasi ini, satu melewati anak tangga yang terbuat dari besi dan vertikal.

    6. Air Terjun Cuup Lekat

    Air Terjun Bengkulu
    Air Terjun Curup Lekat (instagram/@arisasmadi18 )

    Air Terjun Cuup Lekat ini berada di Kelurahan Talang Ulu Kecamatan Curup ini berada di Kelurahan Talang Ulu Kecamatan Curup Timur Kabupaten Rejang Lebong. Air Terjun ini berada tak jauh dari Kota Curup ibukota Kabupaten Rejang Lebong.

    Lokasi Air Terjun Cuup Lekat ini tepat berada di bawah jembatan sebelum wisata pemandian air panas yang menjadi salah satu objek wisata paling terkenal di Kota Curup.

    7. Air Terjun Semelako

    Air Terjun Bengkulu
    Air Terjun Semelako (instagram/@yudimulyanet )

    Air Terjun Semelako merupakan air terjun dari Kabupaten Lebong yang masuk dalam kategori air terjun tertinggi di Provinsi Bengkulu versi sudutwisata.com. Air terjun dengan nama lain Telun Semelako ini berada di Desa Semelako Kecamatan Lebong Tengah.

    Untuk bisa menuju air terjun dengan ketinggian sekitar 45 meter ini, wisatawan bisa menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat hingga ke Desa Talang Sakti Kecamatan Lebong Tengah kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki dengan waktu tempuh sekitar 2 jam dengan melintasi jalan setapak yang membelah perkebunan warga dan hutan yang masih asri.

    8. Air Terjun Tujuh Tingkat

    Air Terjun Bengkulu
    Air Terjun Tujuh Tingkat ( instagram /@okzoldonalo_zrm)

    Air terjun tertinggi di Bengkulu yang terakhir versi sudutwisata.com adalah Air Terjun Tujuh Tingkat. Air Terjun ini berada di Desa Bukit Indah Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur.

    Air Terjun ini berjarak sekitar 34 km dari Kota Bintuhan, ibukota Kabupaten Kaur dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan dengan berkendaraan. Dari Kota Bintuhan arahkan kendaraan ke selatan atau ke arah Propinsi Lampung dengan melewati Kecamatan Maje hingga tiba di Desa Bukit Indah. Setelah sampai di lokasi parkiran perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki melewati anak tangga yang naik turun kurang lebih 20 menit hingga tiba di lokasi air terjun berada.

    itulah delapan air terjun tertinggi di Provinsi Bengkulu versi sudutwisata.com, semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi refrensi bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan air terjun di Bengkulu.