BLANTERORBITv102

    Pesona Air Terjun Tri Sakti Bengkulu

    Sabtu, 13 Agustus 2022
    Air Terjun Tri Sakti
    Pesona Air Terjun Tri Sakti dan Puspadewi dari atas (instagram/@hallo.iqbal)

    Pesona Air Terjun Tri Sakti memang tiada duanya. Keindahan Air Terjun Tri Sakti inilah yang menjadikan Desa Wisata Belitar Seberang masuk dalam 50 besar penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

    Bahkan keindahan Air Terjun Tri Sakti yang merupakan air terjun tertinggi di Bengkulu ini dipuji langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat mengunjungi langsung Air Terjun Tri Sakti belum lama ini. Menurut sang menteri, keindahan Air Terjun Tri Sakti hanya bisa digambarkan dengan dua kata yaitu "Luar Biasa".

    Air Terjun Tri Sakti ini berada di Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Desa ini berjarak sekitar 28 KM dari Kota Curup dengan waktu tempuh sekitar 45 menit menggunakan kendaraan bermotor atau berjarak sekitar 109 KM dari Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu.

    Setelah sampai Desa Belitar Seberang, kemudian wisatawan kembali harus melanjutkan perjalan sepanjang 2,5 KM dengan kondisi jalan yang sudah cukup memadai yaitu dibeberapa titik jalan sudah dibangun jalur untuk ban mobil atau motor. Hanya saja untuk kondisi jalan yang ada saat ini lebih baik menggunakan kendaraan khusus karena saat hujan turun akan menyulitkan wisatwan bila membawa kendaraan sendiri. Namun tenang saja, untuk melewati jalan ini, pengelola wisata Air Terjun Tri Sakti sudah menyiapkan kendaraan khusus.

    Selain melalui Desa Belitar Seberang, menuju Air Terjun Tri Sakti ini juga bisa melalui Desa Sindang Jati Kecamatan Sindang Kelingi. Hanya saja dari Desa Sindang Jati ini masih ada jalan sepanjang lebih kurang 2 KM yang masih pengerasan sehingga akan menyulitkan pengunjung terutama yang menggunakan kendaraan roda empat.

    Meskipun bisa melalui Desa Sindang Jati, namun kami menyarankan untuk melewati Desa Belitar Seberang, karena memang pengelolaan wisata Air Terjun Tri Sakti ini dilakukan oleh BUMDes Belitar Seberang bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

    Setelah sampai diparkiran Air Terjun Tri Sakti, kemudian untuk bisa menikmati pesona Air Terjun Tri Sakti, wisatawan harus menuruni tebing dengan ketinggian lebih dari 100 meter dengan kemiringan dibeberapa titik yang hampir mencapai 90 derajat.

    Namun tak perlu khawatir, karena akses jalan menuju dasar Air Terjun Tri Sakti ini sudah dibangun anak-anak tangga. Anak tangga yang ada tersebut baik menggunakan ban mobil bekas maupu dari kayu. Selama perjalanan menuju dasar Air Terju Tri Sakti, wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan Air Terjun Puspa Dewi yang mengalirkan air hangan. Air Terjun Puspa Dewi ini tepat berada disisi kiri jalan saat akan turun ke dasar Air Terjun Tri Sakti.

    Setelah sekitar 15 sampai 20 menit berjalan menuruni tebing, rasa lelah setelah menempuh perjalanan seketika akan sirna karena terpesona dengan keindahan Air Terjun Tri Sakti.

    Dibawah Air Terjun Tri Sakti ini, selain berfoto wisatawan juga bisa mandi sepuasnya sembari menikmati sejuknya aliran Air Terjun Tri Sakti, disisi kanan Air Terjun Tri Sakti ni juga mengalir air terjun kecil dengan suhu yang cukup hangat.

    Setelah puas bermain di Air Terjun Tri Sakti, untuk mengobati lelah menaiki tebing menuju tempat parkiran, wisatawan bisa menikmati berendam di kolam air panas alami. Kolam air panas alami berada tak jauh dari lokasi parkiran dan aksesnya sangat mudah.

    Tarif masuk ke wisata Air Terjun Tri Sakti ini hanya Rp 20 ribu per orang dan bebas menikmati fasilitas yang ada. Selain itu, pengelola juga menyiapkan sejumlah paket wisata yang bisa dinikmati oleh wisatawan saat berada di objek wisata ini.