BLANTERORBITv102

    Air Terjun Tulak Ajang, Pesona di Pinggir Kota Curup

    Selasa, 28 Desember 2021
    wisata curup
    Air Terjun Tulak Ajang

    SudutWisata.com - Kabupaten Rejang Lebong yang berada di daerah pegunungan dan memiliki banyak sungai menyimpan potensi wisata air terjun, Air terjun yang selama ini sudah banyak dikenal di Rejang Lebong Air Terjun Tri Sakti yang ada di Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi, kemudian Air Terju Batu Betiang di Desa Babakan Baru Kecamatan Bermani Ulu Raya, Air Terjun Tangga Seribu di Kepala Curup, Air Terjun Pemandian Punai di IV Suku Menanti hingga Air Terjun Cabang Dua yang ada di komplek pemandian Suban Air Panas di Kecamatan Curup Timur.

    Selain beberapa air terjun yang sudah terkenal tersebut, ternyata Kabupaten Rejang Lebong juga masih banyak memiliki potensi wisata air terjun lainnya, salah satunya Air Terjun Tulak Ajang yang ada di Dusun II Desa Air Meles Atas Kecamatan Selupu Rejang, lokasi air terjun ini berada di kawasan Simpang Macang atau hanya sekitar 5 KM dari Pusat Kota Curup.

    Air Terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter tersebut, saat ini masih dalam tahap persiapan menjadi tempat wisata baru di Kota Curup. Dimana saat ini pemilik lahan telah membangun sejumlah fasilitas pendukung agar lokasi air terjun yang merupakan aliran dari Sungai Air Merah tersebut.

    Air Terjun ini berada di lahan seluas 3/4 hektare yang akan dikembangkan menjadi objek wisata  peternakan lebah jenis kelulut atau lebah tanpa sengat, serta taman bunga. Dengan adanya peternakan lebah kelulut di kawasan wisata ini , wisatawan bisa belajar tentang lebah kelulut, kemudian bisa menikmati madu dari lebah itu sendiri. Selain itu, pemilik juga berencana akan membangun kolam pemandian, karena disalah satu sisi tanah miliknya tersebut memiliki potensi mata air yang bisa dibangun kolam pemandian.

    Pembangunan wisata ini dilakukan secara bertahap, dimana untuk tahap awal yang dibangun adalah pondok-pondok tempat istirahat, kemudian membangun jalan menuju air terjun dan menanam berbagai jenis bunga. Objek wisata ini ditargetkan akan dibuka pada liburan tahun baru 2022 ini.