BLANTERORBITv102

    Wahana Bima, Wisata dengan Fasilitas Lengkap di Pinggir Sungai Trokon

    Kamis, 30 Desember 2021

    wisata curup
    Serunya bermain tubing di wahana bima

    SudutWisata.com - Wisata sungai saat ini menjadi salah satu wisata yang diminati oleh masyarakat tak terkecuali di Kabupaten Rejang Lebong. Seiring dengan tingginya minat masyarakat akan wisata sungai ini, sejumlah tempat wisata dengan memanfaatkan aliran sungai untuk menjadi daya tariknya mulai bermunculan di Kabupaten Rejang Lebong.

    Kawasan wisata sungai yang mulai bermunculan di kabupaten dengan ibu kota Kota Curup ini berada di aliran Sungai Trokon atau juga sering disebut Sungai Ulu Musi yang ada di perbatasan antara Desa Cawang Lama dan Desa Kayu Manis Kecamatan Selupu Rejang.

    Bila sebelumnya ada objek wisata titik nol Sungai Ulu Musi, baru-baru ini muncul wisata baru yang memanfaatkan aliran Sungai Trokon yaitu Wahana Bima.

    Objek wisata Wahana Bima ini masih satu komplek dengan kolam renang Bima Tirta, lokasi berada tepat dibawah jembatan trokon yang menghubungkan Desa Cawang Lama dengan Desa Kayu Manis.

    Pintu masuk objek wisata ini sebelah kiri sekitar 30 meter sebelum jembatan trokon, objek wisata ini memiliki area parkir yang luas dan sudah disemen sehingga wisatawan tak perlu khawatir kendaraan mereka akan terjebak dilumpur terutama saat musim hujan.

    Biaya masuknya juga sangat terjangkau, yaitu pengunjung cukup membayar uang pakir sebesar Rp 2.000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000,- untuk kendaraan roda empat dan wisatawan sudah bisa mandi di aliran Sungai Trokon sepuasnya serta menikmati sejumlah fasilitas yang disediakan pengelola mulai dari kamar ganti, WC, hammock, pondok-pondokan, tenda, musola hingga karaoke karena pengelola selalu menyiapkan live music berupa organ tunggal.

    wisata curup
    bermain ayunan di atas sungai

    Wisatawan harus mengeluarkan biaya tambahan bila ingin menikmati sejumlah fasilitas tambahan seperti ban untuk bermain tubing, karena objek wisata ini memiliki jalur tubing hingga 100 meter, kemudian biaya untuk masuk kolam renang bisa wisatawan bosan bermain di sungai hingga ada kolam pemancingan bagi yang hobi mancing serta permainan becak mini, motor cross mini dan motor ATV untuk anak-anak.

    Biaya tambahan untuk menikmati fasilitas tambahan tersebut juga tidak mahal yaitu Rp 5.000,- untuk sewa ban, masuk kolam renang dengan becak mini, sedangkan untuk motor cross mini dan ATV Rp 10.000 ribu serta Rp 40.000 untuk mancing harian dan mendapat 1 Kg ikan untuk di lepas. Fasilitas tambahan tersebut bisa dinikmati sepuasnya oleh wisatawan.

    wisata curup
    Kolam renang bisa menjadi alternatif saat wisatawan bosan main di sungai

    Objek wisata ini juga memiliki lesehan dengan berbagai jenis menu yang disiapkan, sehingga saat wisatawan lapar karena lama beredam atau bermain di sungai maupun kolam renang tinggal memesan menu yang diinginkan.

    Karena memiliki area yang sangat luas, objek wisata Wahana Bima ini bisa juga digunakan untuk kegiatan skala besar seperti ghatering keluarga maupun perusahaan, tentunya ada paket khusus yang lebih murah yang akan diberikan pengelola bila untuk kegiatan skala besar.

    Dengan fasilitas-fasilitas yang tersedia tersebut, maka saat ini Wahana Bima merupakan satu-satunya objek wisata sungai yang memiliki fasilitas lengkap, sehingga pengunjung tidak perlu kebingungan baik untuk kamar ganti maupun wc hingga musola untuk shalat.