BLANTERORBITv102

    Wisata Sungai Trokon di Kota Curup Bengkulu

    Kamis, 10 Februari 2022
    wisata curup
    Wisata Sungai Hulu Musi

    SudutWisata.com- Kabupaten Rejang Lebong dengan ibu kotanya Kota Curup memiliki potensi wisata yang luar biasa, mulai dari wisata alami hingga buatan. Saat berkunjung ke kabupaten yang berada di perbukitan bukit barisan Pulau Sumatera ini, wisatawan akan ditawarkan berbagai alternatif tempat wisata yang bisa dikunjungi.

    Salah satu objek wisata yang wajib wisatawan kunjungi saat berada di Kabupaten Rejang Lebong adalah Objek Wisata Titik Nol Sungai Ulu Musi yang ada di Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong. Lokasi wisata yang juga dikenal dengan wisata Sungai Trokon ini berjarak sekitar 7,5 KM dari pusat Kota Curup atau 95 KM dari Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu.

    Akses jalan menuju objek wisata Sungai Trokon ini sudah sangat baik, karena jalannya sudah aspal hotmix sehingga mudah dijangkau baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Untuk menuju lokasi wisata dengan nama lain Sungai Trokon ini, bila dari arah Kota Curup wisatawan kearah objek wisata Suban Air Panas, namun sebelum sampai Suban Air Panas, wisatawan harus berbelok kiri di Kelurahan Talang Ulu menuju Desa Duku Ulu. Saat berada di Desa Duku Ulu wisatawan harus belok kanan untuk menuju Desa Cawang Lama tempat objek wisata ini berada.

    Untuk masuk ke objek wisata Sungai Trokon ini, tarifnya sangat murah yaitu hanya Rp 2 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp 5 ribu untuk kendaraan roda 4. Sejumlah fasilitas juga sudah dibangun oleh pengelola, mulai dari kamar ganti, toilet dan fasilitas pendukung lainnya termasuk pondok-pondok yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk meletakkan barang bawaan atau untuk makan bersama keluarga.

    Selain mandi di aliran sungai yang airnya masih sangat jernih dan sejuk, yang harus dicoba oleh wisatawan saat berwisata di Sungai Trokon yang merupakan hulu dari Sungai Musi yang ada di Kota Palembang tersebut adalah bermain tubing yaitu bermain jeram sungai dengan menggunakan ban dalam mobil.

    wisata curup

    Untuk bisa memacu adrenalin di jeram-jeram yang tebentuk karena masih banyak bebatuan sungai, wisatawan bisa menyewa ban dengan harga mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 15 ribu dan bisa memakainya sepuasnya atau tanpa batasan waktu.

    Untuk wisatawan yang tidak membawa bekal, tak perlu khawatir karena di Wisata Sungai Trokon ini banyak penjual makanan terutama jajanan aneka mie yang bisa dinikmati hangat-hangat setelah asik berendam atau bermain air sungai.