BLANTERORBITv102

    Wisata Kuliner Air Manna Bengkulu Selatan

    Kamis, 12 Mei 2022

     

    wisata manna
    Menu khas Bengkulu Selatan di wisata kuliner Air Manna Bengkulu Selatan

    Bengkulu Selatan memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi tak terkecuali wisata kuliner. Salah satu wisata kuliner yang wisatawan bisa kunjungi adalah wisata kuliner Ayiak Manna.

    Ayiak Manna sendiri dalam bahasa Indonesinya adalah Sungai Manna. Tempat wisata kuliner ini dinamakan Ayiak Mana karena lokasinya tepat berada dipinggir aliran Sungai Manna yaitu di Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Kayu Kunyit Kecamanatan Manna Bengkulu Selatan.

    Wisata Kuliner Air Manna ini sangat mudah dicari karena tepat berada di pinggir jalan Lintas Barat Sumatera, yaitu bila dari arah Kota Manna ibu kota Kabupaten Bengkulu Selatan lokasinya sesudah jembatan dua Sungai Air Manna.

    wisata manna
    warung-warung makan yang ada di wisata kuliner Air Manna Bengkulu Selatan

    Wisata Kuliner Air Manna ini terdiri dari beberapa warung makan berupa pondok sederhana menyajikan sajian lokal khas Bengkulu Selatan. Menu yang tersedia merupakan menu sayur santan mulai dari Ikan Palau, Ikan Pelus, Ikan Mungkus, Ikan Gabus, Ikan Mas, Ikan Lele, Ikan Palau, Ikan Nila hingga udang. Menu-menu tersebut baik diolah dari ikan segar maupun ikan asap

    Menu gulai santan ditempat wisata ini menggunakan bumbu-bumbu khas Bengkulu Selatan. Dalam penyajiannya, para pedagang akan menyajikan menu-menu tersebut dengan nasi ibat daun pisang atau nasi yang dibungkus dengan daun pisang sehingga akan menambah aroma dan citarasa dari makanan yang wisatawan santap.

    wisata manna
    Nasi Ibat Daun Pisang

    Selain nasi dan berbagai pilihan menu santan berbagai jenis tersebut, wisatawan yang bersantap di wisata kuliner Air Manna ini juga akan disuguhkan beberapa jenis lalapan mulai dari rebusan daun singkong, petai, jengkol hingga cempoka. Menyantap makanan dilokasi ini terasa semakin nikmat karena berada dipinggir aliran sungai Air Manna.

    Untuk harganya sendiri, semua jenis menu tersebut dijual dengan harga yang sama yaitu Rp 30.000,- untuk satu porsi menu lengkap dengan nasi ibat daun pisang dan lalapan. Selain menu-menu khas Bengkulu Selatan tersebut para pedangan juga menjual aneka minuman seperti kopi dan beberapa olahan mie.