BLANTERORBITv102

    7 Wisata Pantai di Krui Lampung

    Sabtu, 14 Mei 2022
    Wisata Krui Lampung
    Peselancar tengah menikmati ombak Pantai Krui

    Kabupaten Pesisir Barat selama ini terkenal sebagai salah satu kabupaten yang memiliki destinasi wisata pantai yang memukau di Provinsi Lampung. Keindahan pantai-pantai di kabupaten termuda di Provinsi Lampung tersebut tak hanya mampu menarik kunjungan wisatawan domestik saja, namun juga wisatawan mancanegara.

    Dalam kesempatan ini, sudutwisata.com akan mengulas beberapa wisata pantai di Kabupaten Pesisir Barat yang indah dan wajib dikunjungi saat berkunjung di kabupaten yang beribukota di Krui ini.

    1. Pantai Labuhan Jukung

    Wisata Krui Lampung
    Pantai Labuhan Jukung Krui Lampung

    Wisata pantai di krui pertama yang anda bisa kunjungi adalah Pantai Labuhan Jukung. Pantai Labuhan Jukung ini berada di pusat Kota Krui yaitu di Pekon atau Desa Kampung Jawan Kecamatan Pesisir Tengah.

    Karena lokasinya yang berada ditengah Kota Krui, sehingga pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dalam maupun luar negeri terlebih lagi pantai ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang cukup layak.

    Kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Labuhan Jukung ini mulai dari bersepeda maupun berjalan kaki untuk menyusuri pantai dengan pasir putihnya. Kemudian bersantai sembari mencicipi berbagai kuliner seperti kelapa muda sembari menunggu matahari tenggelam (Sunset)hHingga bermain selancar air atau belajar surfing karena ombaknya juga cukup bagus untuk para pemain Surfing pemula.

    2. Pantai Tanjung Setia

    Pantai Krui Lampung
    Pantai Tanjung Setia (Instagram/@aditya_prayuda95)

    Wisata pantai di Krui Lampung yang kedua yang bisa anda kunjungi adalah Pantai Tanjung Setia. Sesuai dengan namanya, pantai ini berada di Desa Tanjung Setia Kecamatan Pesisir Selatan.

    Karena ombak di Pantai Tanjung Setia ini tinggi dan panjang yang bisa mencapai 100 meter, maka pantai ini menjadi tujuan favorit wisatawan mancanegera atau turis saat berkunjung ke Krui. Pantai Tanjung Setia berada di jalur arus besar Samudera Hindia sehingga menjadikan pantai ini memiliki ombak yang konstan dan termasuk pantai dengan ombaik terbaik di dunia setara dengan ombak yang ada di Hawaii dan ombak-ombak kelas dunia lainnya.

    Waktu yang terbaik bagi para peselancar yang ingin menikmati ombak dipantai ini yaitu pada Bulan Juni hingga Agustus, karena pada bulan-bulan tersebut ketinggian ombak bisa mencapai 7 meter dan panjangnya bisa mencapai 200 meter.

    3. Pantai Mandiri

    Pantai Krui Lampung
    Pantai Mandiri Pesisir Barat Lampung (instagram/@akbarazmiahmad)

    Pantai Mandiri merupakan pantai selanjutnya yang bisa anda kunjungi di Krui Lampung. Pantai ini berada di jalan Lntas Barat Sumatera tepatnya di Pekon Mandiri Kecamatan Krui Selatan.

    Dipantai ini para wisatawan bisa menikmati keindahan pantai yang luas hingga matahari terbenam saat sore hari. Kemudian bagi yang hobi bermain selancar, pantai ini juga sangat cocok untuk bermain  surfing atau selancar. Bahkan sejumlah peselancar kelas dunia pernah bermain dan berlatih dipantai ini salah salah satunya Gabriel Medina.

    4. Pantai Walur

    Pantai Krui Lampung
    Pantai Walur Krui Lampung (instagram/@eca_rv)

    Pantai Walur berada di Pekon Walur Kecamatan Krui Selatan, pantai ini masih berada disekitar kawasan Kota Krui atau tak jauh dari Pantai Labuhan Jukung. Pantai Walur merupakan salah satu pantai yang juga ramai dikunjungi wisatawan terutama saat libur hari-hari besar.

    Pantai ini memiliki keindahan yang menawan dengan air laut yang biru, selain memiliki bibir pantai yang putih dan bersih, Pantai Walur juga memiliki bebatuan karang sehingga saat terjadi pasang surut keindahan bebatuan karang akan menambah keindahan pantai ini.

    Karena memiliki bebatuan karang dan menjadi sempat bersembunyinya ikan-ikan kecil, maka di Pantai Walur ini wisatawan bisa melakukan aktifitas snorkeling untuk melihat ikan-ikan kecil yang berada di sela-sela bebatuan karang.

    5. Pantai Tembakak

    Pantai Krui Lampung
    Pantai Tembakak Krui (instagram/@ariwahyusuyono)

    Pantai Tembak merupakan wisata pantai di Krui Lampung selanjutnya yang bisa anda kunjungi. Hanya saja berbeda dengan pantai-pantai lainnya di Kabupaten Pesisir Barat yang dihiasi dengan pasir, pantai tembakak ini justru tersusun atas gugusan batu-batu besar.

    Gugusan batu-batu besar yang berada di pantai yang berlokasi di Pekon Tembakak Waysindi Kecamatan Karyapenggawa ini menjadi daya tarik sendiri. Terlebih lagi bila ombak sedang tinggi, maka wisatawan bisa menikmati deburan ombak yang menghamtam gugusan batu-batuan besar. 

    Di pantai ini, selain wisatawan juga bisa melihat Pulau Pisang dari dekat, karena memang lokasi pantai ini berada tak jauh dari Pulau Pisang bahkan pantai ini juga menjadi salah satu dermaga penyeberangan bisa masyarakat atau wisatawan ingin menyeberang ke Pulau Pisang.

    6. Pulau Pisang

    Pantai Krui Lampung
    Salah satu pantai di Pulau Pisang Krui Lampung (instagram/@pulau_pisang_lampung)

    Pulau Pisang merupakan salah satu pulau terluar di Kabupaten Pesisir Barat. Pulau Pisang saat ini sudah menjadi salah satu tujuan wisataan saat berkunjung ke Kabupaten Pesisir Barat.

    Dipulau ini sejumlah objek wisata pantai bisa dinikmati oleh wisatawan seperti pantai pasir putih dan batu gughi. Wisatawan bisa bermalam di kedua pantai tersebut baik dengan mendirikan tenda maupun bermalam di homestay yang telah disiapkan penduduk lokal.

    7. Pantai Batu Tihang

    Pantai Krui Lampung
    Pantai Batu Tihang

    Pantai Batu Tihang berada di Desa Kota Karang Kecamatan Pesisir Utara Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung. Lokasi wisata ini tepat berada di jalan Lintas Barat Sumatera menuju Provinsi Bengkulu.

    Pantai ini dinamankan pantai Batu Tihang karena dipantai ini terdapat batu karang besar yang tinggi menyerupai tiang atau pilar. Tihang dalam bahasa Lampung yang berarti Tiang.

    Selain pantai batu tihang, sebagian warga juga menyebut pantai ini dengan pantai Batu Tegak.