BLANTERORBITv102

    5 Jenis Rafflesia yang ada di Bengkulu

    Jumat, 03 Juni 2022
    Bunga Rafflesia
    Bunga Rafflesia 

    Provinsi Bengkulu selama ini terkenal dengan sebutan Bumi Rafflesia karena menjadi habitat dari Bunga Rafflesia. Bengkulu disebut juga sebagai Bumi Rafflesia karena, di Bengkulu Bunga Rafflesia Arnoldii ditemukan pertama kali.

    Rafflesia Arnoldi ditemukan oleh Dr. Joseph Arnold dan Sir Thomas dalam ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles pada 19 hingga 20 Mei 1818. Lokasi ditemukannya pertama kali Bunga Rafflesia Arnoldi adalah di dekat Sungai Manna di kawasanLubuk Tapi, Desa Pulo Lebar, Kecamatan Pino Raya, Kabupaten Bengkulu Selatan. Nama Rafflesia Arnoldii sendiri merupakan penggabungan nama Thomas Stamford Raffles sebagai pemimpin ekspedisi dan Dr. Joseph Arnold sebagai penemu bunga.

    Selain ada Rafflesia Arnoldii, ternyata di Provinsi Bengkulu juga ditemukan empat jenis Rafflesia lainnya. Berikut 5 jenis Bunga Rafflesia yang ada di Provinsi Bengkulu.

    1. Rafflesia Arnoldii

    Bunga Rafflesia
    Rafflesia Arnodii
    Rafflesia Arnoldii selain yang pertama kali ditemukan di Provinsi Bengkulu, Rafflesia jenis ini sangat populer karena hampir ditemukan disetiap daerah di Provinsi Bengkulu serta Rafflesia yang paling sering mekar.

    Rafflesia arnoldi merupakan jenis terbesar di dunia dengan diameter 70-110 cm. Jenis ini juga dijuluki sebagai patma raksasa dan mendapat predikat sebagai puspa langka nasional melalui Keppres nomor 4 tahun 1993.

    Habibat Rafflesia Arnoldi di Provinsi Bengkulu antara lain di kawasan Hutan Lindung Taba Penanjung Bengkulu Tengah, Hutan Lindung Bukit Daun khususnya di kawasan Kabupaten Kepahiang, Hutan Padang Capo Kabupaten Seluma, Hutan Padang Guci Kabupaten Kaur, di kawasan Hutan Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Rejang Lebong.

    2. Rafflesia Gadutensis

    Bunga Rafflesia
    Rafflesia gadutensis/Dani Umbara
    Rafflesia Gadutensis Meijer merupakan jenis Rafflesia kedua yang bisa anda temukan di Provinsi Bengkulu. Bunga Rafflesia yang memiliki diameter 40-60 cm ini didiskripsikan pertama ditemukan oleh oleh W. Meijer pada tahun 1984. Gadutensis merupakan nama tempat atau tipe lokalitas dimana herbarium spesimen dikumpulkan yiatu Ulu Gadut, Padang, Sumatra Barat.

    Di Bengkulu, habitat Rafflesia Gadutensis ini yaitu di sisi barat pegunungan Bukit Barisan tepatnya di Kabupaten Mukomuko, dan Kabupaten Bengkulu Utara yaitu di kawasan hutan lindung Boven Lais Kemumu dan Kuro Tidur Kabupaten Bengkulu Utara.

    3. Rafflesia Haseltii

    Bunag Rafflesia
    Rafflesia Haseltii/Agus Susatya
    Jenis Rafflesia ketiga yang ada di Provinsi Bengkulu adalah Rafflesia hasselti Suringar. Rafflesia ini dinilai sebagai Rafflesia yang paling cantik karena memiliki pola bercak dan warna di helai bunga.

    Bunga yang yang memiliki diameter 35-70 cm ini oleh masyarakat lokal sering dinamakan cendawan merah-putih atau cendawan harimau ini pertama kali ditemukana di Muara Labuh dan Alahan Panjang Sumatera Barat oleh Suringar dan dipublikasikan oleh Koorders pada tahun 1918.

    Di Bengkulu, habitat Rafflesia jenis ada ada di perbatasan antara Ketenong II Kabupaten Lebong.

    4. Rafflesia Bengkuluensis

    Bunga Rafflesia
    Rafflesia bengkuluensis/Nopri Anto
    Rafflesia Bengkuluensis merupakan jenis selanjutnya yang ada di Provinsi Bengkulu. Rafflesia ini membawa nama Bengkulu sebagai lokasi pertama kali jenis ini dideskripsikan.

    Rafflesia Bengkuluensis pertama kali ditemukan pada tahun 2005 di kawasan hutan Air Penangkulan, Kabupaten Kaur oleh tiga orang peneliti. Tiga orang peneliti yang menemukan Rafflesia ini adalah Susatya dari Universitas Bengkulu. Kemudian Arianto dan Mat Saleh  dari Universitas Kebangsaan Malaysia.

    Di Bengkulu Rafflesia yang memiliki diameter 50-55 cm ini bisa ditemukan di Talang Tais atau wilayah DAS Tais di Kabupaten Seluma dan di kawasan Hutan Padang Guci Kabupaten Kaur.

    5. Rafflesia Kemumu

    Bunga Rafflesia
    Rafflesia Kemumu/Septian Riki
    Rafflesia Kemumu meruapakan Rafflesia jenis terakhir yang ada di Provinsi Bengkulu. Rafflesia ini adalah rafflesia jenis baru yang berasal dari Kabupaten Bengkulu Utara. Meskipun jenis ini mirip dengan Rafflesia Gadutensi terutama dari ukurannya saat mekar.

    Namun dibandingkan dengan Rafflesia Gadutensis, Rafflesia Kemumu memiliki warna yang berbeda dan tidak ada bintik di diaphragma bagian atas, susunan bintik pada dua lingkaran di windows dekat bukaan diaphragma, tipe dan penyebaran ramentanya, dan jumlah anther. 

    Rafflesia Kemumu mempunyai lobus perigon berwarna oranye sampai oranye gelap, bintil kecil mengelilingi bintil besar, dan 23 prosesi yang berbentuk kerucut dengan ujung yang membulat, tersusun dalam dua lingkaran masing-masing 15 dan 7, serta satu prosesi di tengah cakram. Kemudian Rafflesia jeni ini mempunyai dua tipe ramenta toadstool sederhana dan majemuk di bagian atas tabung perigone, dan ramenta seperti brokoli yang tersebar dari bagian bawah dinding perigon sampai hampir ke bagian ujung atasnya.

    Rafflesia Kemumu ini pertama kali ditemukan dan diteliti pada tahun 2017  di kawasan Hutan Lindung Boven Lais Kemumu Bengkulu Utara oleh Agus Susatya, Siti Nur Hidayati & Septian Riki. Kawasan Hutan Lindung Boven Lais Kemumu ini menjadi habitat Rafflesia jenis ini di Provinsi Bengkulu.

    Demikian informasi singkat tentang 5 jenis Rafflesia yang ada di Provinsi Bengkulu, untuk mengetahui kapan bunga Rafflesia mekar di Provinsi Bengkulu, sahabat sudutwisata.com bisa melihat di akun instagram Komunitas Peduli Puspa Langka Bengkulu di @kpplbengkulu