BLANTERORBITv102

    Air Terjun Sengkuang Kepahiang Bengkulu

    Kamis, 23 Juni 2022
    wisata kepahiang
    Air Terjun Sengkuang, Kepahiang, Bengkulu

    Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu menyimpan banyak sekali potensi wisata alam yang bisa dikunjungi wisatawan. Selain memiliki kebun teh kabawetan, Kabupaten Kepahiang memiliki sejumlah objek wisata air terjun.

    Salah satu air terjun yang wajib anda kunjungi saat berada di Kabupaten Kepahiang adalah Air Terjun Kepahiang atau nama lengkapnya Air Terjun Mandap Sari Sengkuang. Air terjun ini berada di Desa Sukasari Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang. Air terjun yang memiliki ketinggian 15 m ini berjarak sekitar 14 km dari pusat kota Kepahiang atau bisa ditempuh dengan waktu sekitar 20 menit.

    Lokasi air terjun ini berada tak jauh dari kebun teh kabawetan sehingga saat berkunjung ke objek wisata ini kita bisa menikmati dua tempat wisata sekaligus yaitu kebun teh kabawetan dan air terjun Sengkuang. Akses jalan menuju lokasi air terjun ini juga sudah sangat memadai, karena hingga parkiran sudah jalan hotmix.

    Kemudian dari tempat parkiran, wisatawan cukup menyusuri jalan setapak melewati irigasi hingga sampai didinding tebing tepat berada air terjun ini. Kemudian bisa langsung menuruni tangga untuk menuju lokasi air terjun.

    Untuk masuk ke komplek wisata Air Terjun Sengkuang ini wisatawan cukup membayar uang tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Kemudian parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 2.000 dan parkir kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000. Lokasi membayar retribusi ini berada ditempat parkir kendaraan.

    Setiba dilokasi air terju, wisatawan bisa menikmati keindaharan air terjun yang dibagian bahwa air terjun membentuk kolam yang bisa digunakan wisatawan untuk mandi. Hanya saja, untuk wisatawan yang akan mandi jangan terlalu dekat dengan titik air terjun, karena cukup dalam dan sangat berbahaya untuk wisatawan terutama yang tidak bisa berenang.

    Air terjun ini juga sudah dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung mulai dari WC hingga kamar ganti sehingga wisatawan yang berkunjung tak perlu khawatir atau takut untuk tempat mengganti pakaian setelah puas berendam di air terjun yang memiliki air terjun yang bersih dan sejuk ini. Untuk bisa menikmati fasilitas seperti kamar ganti dan WC pengunjung cukup membayar uang kebersihan sebesar kebersihan Rp 2.000 ini sudah termasuk saat kita ganti sebelum mandi maupun setelah mandi.

    Lokasi air terjun yang berada ditengah perkebunan warga yang sekelilingnya ditumbuhi pohon-pohon hijau dan tinggi. sangat cocok untuk wisatawan yang tengah mencari ketenangan khususnya dari hiruk pikuk ramainya kota karena berlokasi di tengah perkebunan warga. Kemudian saat sore hari terutama saat musim hujan, kabun akan turun mendekati kawasan air terjun, sehingga akan menambah keindahan dari air terjun itu sendiri.