BLANTERORBITv102

    Kebun Teh Kabawetan Kepahiang

    Sabtu, 25 Juni 2022
    wisata kepahiang
    Kebun Teh Kabawetan (instagram/@popi_key)

    Kebun teh kabawetan sudah lama menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Kepahiang. Perkebunan Teh Kabawetan berada di Kecamatan Kabawetan ini memiliki luas 360.000 hektar dan berada di ketinggian 600 sampai 1000 meter di atas permukaan laut.

    Kebun Teh Kabawetan ini berada diperbukitan tepatnya di punggungan Bukit Barisan. Lokasinya yang berada di perbukitan tersebt  membuat udaranya terasa lembab dan sejuk. Kemudian  suasana alam dan eksotis akan dirasakan terutama saat pagi dan sore hari karena di lokasi wisata Kebun Teh Kabawetan ini wisatawan bisa menikmati sunrise atau matahari terbit di pagi hari maupun sunset matahari terbenam saat sore hari. 

    Selain itu, saat pagi maupun sore hari awan putih terkadang tampak bergerak di atas permukaan hamparan kebun teh yang hijau kemudian suhu udara bisa menurun hingga 17 derajat Celcius akan menambah keindahan dan keeksotisan kebun teh yang berada di lereng Bukit Hitam  kawasan Taman Wisata Alam Bukit Kaba ini.

    Di perkebunan teh warisan kolonial Belanda yang dibangun tahun 1930-an ini wisatawan bukan hanya bisa menikmati eksotika alam semata, tapi juga bisa melihat dari dekat para pekerja pemetik pucuk teh terutama saat pagi hari serta bisa melihat kebun sayur-sayuran para petani di beberapa desa yang berada di kawasan kebun teh kabawetan.

    Lokasi kebun teh kabawetan sendiri berjarak sekitar 8 km dari pusat Kota Kepahiang atau 65 km dari kota Bengkulu dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan dari kota Bengkulu.

    Untuk fasilitas sendiri, di kawasan wisata kebun teh Kabupaten ini sudah cukup baik mulai dari akses jalannya yang sudah hotmik kemudian di beberapa lokasi sudah dibangun fasilitas penunjang seperti taman wisata yang ada di Desa Tangsi Baru. Di taman wisata kabawetan ini pengunjung bisa memanfaatkan berbagai macam fasilitas penunjang mulai dari taman bermain anak, spot foto dan berbagai berbagai macam kuliner.

    Kemudian fasilitas lain yang ada di objek wisata kebun teh kabaweitan adalah fasilitas yang dibangun oleh pemerintah Kabupaten Kepahiang yaitu mountain valley yang berada di Desa Tugu Rejo Kecamatan Kabawetan.  di spot mountain valley ini pengunjung bisa menikmati hamparan kebun teh dengan giant teks bertuliskan Kepahiang Mountain Valley di tengah-tengah kebun teh kemudian di area parkir juga terdapat berbagai tempat istirahat serta kuliner yang bisa dinikmati pengunjung sembari menikmati indahnya kebun teh.

    Selain sejumlah fasilitas tersebut saat ini juga sudah tersedia sejumlah penginapan yang berada di pinggir perkebunan teh kabawetan. Hadirnya penginapan atau homestay di beberapa titik di kawasan kebun teh kabawetan ini tentunya bisa dimanfaatkan wisatawan yang ingin bermalam dan menikmati sejuknya kawasan kebun teh kabawetan saat pagi, sore hingga malam hari.