BLANTERORBITv102

    Air Putih Lebong, Sensasi Sungai Berair Panas dan Dingin

    Kamis, 14 Juli 2022
    Wisata Lebong
    Wisata Air Putih Lebong

    Obyek wisata Air Putih sudah lama menjadi destinasi wisata unggulan di Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu. Air Putih Lebong merupakan wisata sungai, namun menghadirkan sensasi berbeda dengan wisata-wisata sungai lainnya termasuk di Kabupaten Lebong sendiri.

    Sensasi berbeda yang dihadirkan oleh obyek wisata Air Putih Lebong ini adalah adanya dua jenis air yang mengalir dan kemudian menjadi satu. Dua jenis yaitu tersebut yaitu air dingin dan air panas. Air Dingin sendiri bisa dinikmati wisatawan dibagian badan sungai, sedangkan untuk air panasnya bisa dinikmati dibagian sisi-sisi sungai terutama disisi kiri. Air Panas ini keluar dari celah-celah bebatuan yang ada tebing sungai.

    Wisata Air Putih Lebong ini berada di pinggir jalan  Lintas Lebong Utara-Pinang Belapis yaitu di Desa Bioa Putiak, Kecamatan Pinang Belapis. Wisata ini berjarak sekitar 11 KM dari Pusat Kota Muaraaman ibukota Kabupaten Lebong dengan jarak tempuh sekitar 20 menit dengan akses jalannya saat ini masih dalam kondisi rusak atau banyak berlubang.

    Sebelum sampai ke lokasi wisata Air Putih Lebong, wisatawan akan melihat pemandangan rumah-rumah penduduk yang hampir disetiap rumah terdapat alat pengolahan emas tradisional, karena memang Kabupaten Lebong merupakan kabupaten penghasil emas di Provinsi Bengkulu.

    Wisata Lebong
    Gapura pintu masuk wisata Air Putih Lebong

    Untuk menemukan obyek wisata Air Putih Lebong ini sangat mudah, karena dipintu masuknya sudah dibangun gapura bertuliskan Wisata Alam Air Putih Lebong. Setelah masuk di gapura, wisatawan bisa memarkirkan kendaraan dilokasi parkir yang telah disediakan. Kemudian berjalan mengikuti jalan beton sekitar 100 meter, selanjutnya menuruni tangga untuk sampai ke sungai air putih yang mengalir dari Gunung Semelako dibagian atasnya.

    Tarif masuk ke objek wisata Air Putih Lebong ini yaitu hanya Rp 5.000 per orang dan sudah bisa menikmati sejumlah fasilitas yang ada. Dilokasi wisata ini wisatawan bisa menikmati keindahan alam berupa sungai yang memiliki dua jenis air lengkap dengan batu-batuan besar yang menambah keindahannya.

    Kemudian wisatawan juga bisa melakukan kegiatan merebus telur, bila wisatawan tak membawa telur dari rumah, sejumlah pedagang sudah menyediakan telur untuk direbus, yang sudah dimasukkan kedalam kantong plastik putih lengkap dengan bambu sebagai pegadang karena memang airnya sangat panas sehingga berbahaya bila disentuh langsung dengan tangan. Untuk harga telur sendiri yaitu Rp 15.000 untuk yang berisi 4 butir dan Rp 10.000 untuk yang berisi 2 butir telur, setelah direndam beberapa menit saja, telur tersebut matang dan bisa dinikmati langsung.

    Selain berendam maupun berenang dibeberapa sisi sungai, wisatawan juga bisa menikmati perosan semen dan meluncur ke salah satu sisi sungai yang memiliki kedalaman sekitar 2 meter.

    Dibagian, Pemerintah Kabupaten Lebong juga sebelumnya telah membangun boardwalk yaitu jalan setapak yang dibangun menggunakan papan kayu untuk mengelilingi area wisata Air Putih Lebong. Hanya saja saat ini boardwalk tersebut sudah banyak rusak atau lapuk, sehingga tak aman untuk wisatawan.

    Bagaiman tertarik untuk mengunjungi objek wisata ini, bila anda berkunjung ke Kabupaten Lebong jangan lupa untuk menyempatkan berwisata ke Air Putih Lebong.