BLANTERORBITv102

    Air Terjun Ponot, Air Terjun Tertinggi di Indonesia

    Senin, 13 Februari 2023

    Air Terjun Ponot
    Air Terjun Ponot Sumatera Utara (foto: instagram/@fiqihcupriana)

    Sudutwisata.Com- Air Terjun Ponot memiliki ketinggian sekitar 250 meter dan menjadikannya sebagai air terjun tertinggi di Indonesia. Air Terjun Ponot ini berada di Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatra Utara, Indonesia.

    Air Terjun Ponot merupakan bagian dari aliran Sungai Ponot yang merupakan salah satu anak Sungai Asahan. Air Terjun ponot ini terdiri dari tiga tingkatan dengan aliran air yang cukup deras menjarikan air terjun ini semakin membuat air terjun ini cantik. Belum lagi bebatuan alam yang berukuran besar dibagian bawah air terjun menambah daya tarik dari Air Terjun Ponot

    Untuk menuju Air Terjun Ponot, bisa ditempuh wisatawan dari tiga kota yang ada di Sumatera Utara. Pertama dari Kota Porsea di Kabupaten Tobasa.  Kemudian dari Kota Pematang Siantar Kabupaten Simalungun dan yang terakhir dari Kota Rantau Parapat Kabupaten Asahan. Sedangkan dari Kota Medan waktu tempuh yang diperlukan untuk mencapai air terjun ini sekitar 6 jam perjalan darat.

    Biaya masuk ke kawasan Air Terjun ini adalah Rp 10 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp 20 ribu untuk kendaraan roda empat. Biaya tersebut sudah termasuk parkir. 

    Dari lokasi parkiran keindahan Air Terjun Ponot sudah bisa dinikmati oleh wisatawan, untuk menuju bawah air terjun, wisatawan harus berjalan beberapa ratus meter menyusur sungai, namun tak perlu khawatir karena akses jalan untuk menuju dasar air terjun sudah dibangun dari semen dan menyerupai tangga sehingga akan memudahkan para wisatawan.

    Beberapa fasilitas umum yang ada di kawasan Air Terjun Ponot, selain parkiran juga terdapat kamar mandi hingga warung-warung yang menjual makanan ringan. Sedangkan aktifitas yang bisa dilakukan di air terjun ini yaitu berenang, berswafoto dan sejumlah aktifitas lainnya.