BLANTERORBITv102

    Perizinan Satu Pintu untuk Konser Musik Masuk Tahap Finalisasi

    Kamis, 17 Agustus 2023

     

    Sandiaga Uno
    Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bersama dengan Grup Band Dewa 19 featuring ALL STARS saat acara Weekly Brief With Sandi Uno” di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (14/8/2023)

    SUDUTWISATA.COM- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) telah menyatakan bahwa regulasi yang berkaitan dengan penyediaan izin melalui satu pintu untuk kegiatan ekonomi kreatif, seperti acara seni dan olahraga, yang akan mengurangi waktu pemberian izin menjadi 14-21 hari sebelum pelaksanaan acara, sedang dalam tahap akhir penyelesaian.

    Saat berlangsungnya acara "Weekly Brief with Sandi Uno" di Gedung Sapta Pesona, Jakarta pada hari Senin (14/8/2023), Menparekraf Sandiaga turut memberikan penjelasan bahwa penyelenggara kegiatan (event organizer) sebelumnya telah mengutarakan keluhan mengenai ketidakpastian dalam proses perizinan yang seringkali hanya diterbitkan beberapa jam sebelum acara dimulai.

    BACA JUGA: Prosedur Standar Kapal Wisata di Labuan Bajo Segera Disusun

    BACA JUGA: Kapal Pinisi Kenzo, Daya Tarik Baru di Danau Toba

    Memang ada di kami (perizinan) yang nantinya akan dibuatkan mekanisme perizinan satu pintu. Saat ini masih dalam tahap finalisasi dan kami juga sedang berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Ini akan uji coba di lima venue dahulu yang ada di Jabodetabek di antaranya ICE BSD, JIS, dan GBK. Kita coba dahulu di tengah-tengah Pemilu, tetap ada konser," terang Sandiaga.

    Menurut penjelasan Menparekraf Sandiaga dalam acara "Weekly Brief with Sandi Uno" di Gedung Sapta Pesona, Jakarta pada Senin (14/8/2023), inklusi digitalisasi dalam regulasi diharapkan dapat mempercepat proses pemberian izin.

    Rencana percontohan penggunaan sistem digital untuk perizinan tersebut akan mengalami tahap uji coba pada bulan September 2023, dan kemudian akan dievaluasi secara berkala. Hal ini diharapkan dapat memudahkan penyelenggara dalam memperoleh izin dengan lebih efisien.

    "Kita berharap prosesnya selesai 21 hari untuk perizinan. Dan apabila konser-konser besar diharapkan 3 bulan sebelum konser digelar izinnya sudah bisa keluar. Sementara untuk konser-konser yang lebih kecil diharapkan 1 bulan sebelum konser digelar perizinannya sudah keluar. Jadi tidak last minute izinnya keluar," tambah Sandiaga

    Di sisi lain, Ahmad Dhani, anggota DEWA 19, menyatakan bahwa sebagai perwakilan dari pihak promotor, ia berharap bahwa industri penyelenggara acara dapat menjadi lebih menarik dengan adanya kemudahan dalam pemberian izin.

    Selain itu, ia juga berharap biaya untuk aspek keamanan tidak terlalu tinggi, sehingga dari perspektif bisnis, hal tersebut akan lebih menarik bagi para promotor.

    "Yang dikhawatirkan teman-teman promotor setelah 13 Oktober 2024 saat masa kampanye Pemilu, dimana biasanya di kuartal keempat sedang banyak-banyaknya konser. Biasanya saat pemilu tidak boleh ada acara musik atau konser," sampai Ahmad Dani.

    Dalam upaya untuk memajukan industri musik di Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberikan dukungan kepada Otello Asia x Redline Kreasindo sebagai penyelenggara konser-konser terkemuka di tanah air. Mereka telah menggelar proyek yang revolusioner dengan judul "DEWA 19 featuring ALL STARS - STADIUM TOUR 2023" dalam rangka menghidupkan kembali industri musik dalam negeri.

    Konser ini merupakan perpaduan antara skala nasional dan internasional, yang siap menggetarkan beberapa stadion sepak bola di Indonesia. Seri konser "DEWA 19 featuring ALL STARS - STADIUM TOUR 2023" telah sukses menggelar pertunjukan yang memukau di beberapa lokasi penting. Mereka telah tampil dengan sukses di Stadion Manahan Solo pada tanggal 29 Juli 2023 dan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada tanggal 12 Agustus 2023. Selanjutnya, pada akhir pekan mendatang, mereka akan tampil di Stadion Si Jalak Harupat Bandung pada tanggal 19 Agustus 2023.

    BACA JUGA: Menparekraf Luncurkan TIC di Bandara DJJ Sentani

    BACA JUGA: Menparekraf Ajak Masyarakat Dukung Putri Ariani

    Pentas di ketiga stadion tersebut akan menorehkan sejarah baru, karena konser "DEWA 19 featuring ALL STARS - STADIUM TOUR 2023" akan dihiasi oleh cahaya gemerlap dari puluhan ribu LED wristbands yang dikenakan oleh seluruh penonton.(*)