BLANTERORBITv102

    Asyiknya Mandi di Grojogan Sewu Curup Rejang Lebong

    Jumat, 31 Desember 2021
    wisata curup
    Grojogan Sewu

    Kabupaten Rejang Lebong yang memiliki gunung api aktif yaitu Gunung Kaba atau lebih dikenal dengan Bukit Kaba sehingga memiliki banyak potensi pemandian air panas. Selain objek wisata Suban Air Panas yang sudah lama terkenal dan menjadi icon wisata di Kabupaten Rejang Lebong. Kabupaten Rejang Lebong juga memiliki potensi wisata pemandian air panas lainnya yaitu Grojogan Sewu. Ojek wisata Gerojogan Sewu Curup ini berada di Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang yaitu tepat berada dikaki Bukit Kaba atau sekitar 20 KM dari pusat Kota Curup ibu kota Kabupaten Rejang Lebong dan 4 KM dari jalan lintas Curup Lubuklinggau dan 110 KM dari Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu.

    Untuk menuju wisata Gerojogan Sewu Curup ini, wisatawan cukup mengikuti jalan menuju pintu masuk pendakian Bukit Kaba, sekitar 1 KM sebelum pos pendakian Bukit Kaba wisatawan harus belok kiri pada persimpangan yang telah diberi papan nama Grojogan Sewu.

    wisata curup
    persimpangan menuju Grogokan Sewu

    Dari persipangan ini, wisatawan harus masuk lagi sekitar 1 KM dengan kondisi jalan yang sudah lumayan bagus dan dikiri kanan jalan merupakan perkebunan warga mulai dari tanaman palawija hingga kebun kopi. Namun untuk wisatawan yang menggunakan kendaraan roda empat hanya bisa sampai di puncak bukit kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 100 meter menuruni jalan ke bawah jurang tempat beradanya pemandian air panas Gerojogan Sewu Curup ini. Namun pengunjung tak perlu khawatir, karena jalannya sudah sangat memadai yaitu jalan yang sudah disemen, mengingatkan jalan tersebut merupakan jalan warga untuk ke area perkebunan yang ada bagian atas objek wisata grojogan sewu. Sedangkan pengguna kendaraan roda dua sudah bisa sampai ke lokasi 

    wisata curup
    jalan menuruni bukit menuju Grojogan Sewu

    Untuk masuk ke lokasi wisata ini pengunjung dewasa akan dikenakan tarif Rp 10.000,- dan anak-anak Rp 5.000,- dan parkir sepeda motor Rp 5.000,-. Sedangkan fasilitas yang tersedia mulai dari musola, kamar ganti dan WC serta beberapa pondokan yang bisa digunakan wisatawan untuk melatakkan barang atau untuk makan bersama keluarga. Objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

    Objek wisata ini dinamakan Grojogan Sewu karena dilokasi ini banyak sekali pancuran dengan sumber airnya merupakan air panas yang keluar langsung dari perut bumi. Selain memiliki puluhan pancuran, pengelola juga telah membangun tiga unit kolam dengan kedalaman sekitar 50 CM yang bisa digunakan wisatawan untuk berendam dengan suhu air yang cukup panas.

    wisata curup
    asyiknya berendam di Grojogan Sewu