BLANTERORBITv102

    Bukit Kaba Curup, Gunung Favorit Pendaki di Bengkulu

    Sabtu, 19 Februari 2022

     

    bukit kaba
    Kawah Mati Bukit Kaba / Instagram @abillingga_

    SudutWisata.com- Para pendaki gunung di Bengkulu bahkan Sumatera bagian selatan tak asing lagi dengan nama Gunung Kaba. Gunung Kaba atau lebih familiar disebut Bukit Kaba merupakan salah satu gunung yang menjadi favorit para pendaki di Bengkulu.

    Gunung Kaba atau Bukit Kaba berada di Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong dengan jarak tempuh sekitar 15 KM dari Pusat Kota Curup ibu kota dari Kabupaten Rejang Lebong. Bukit Kaba yang memiliki ketingguan 1.938 mdpl ini merupakan salah satu gunung api yang masih aktif di Provinsi Bengkulu.

    Untuk menuju puncak gunung Kaba yang berada di kawasan TWA Bukit Kaba ini, para pendaki bisa melalui dua jalur pendakian. Jalur pertama yaitu jalur hiking atau jalan kaki, di jalur ini pendaki akan disuguhkan dengan pemandangan hutan yang masih alami dan semak belukar yang ada di kiri kanan jalan. Waktu tempuh melalui jalur ini sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan dengan dengan jenis jalur bervariasi mulai dari datar menanjak hingga sekali kita akan berpegangan dengan akar akar pohon Karena jalur yang ada sudah tergerus oleh air hujan.

    Bukit Kaba
    Jalur Hiking ke Puncak Bukit Kaba

    Kemudian jalur kedua yaitu jalur yang bisa dilewati oleh kendaraan bermotor khususnya roda dua, pada awal pembangunan jalur ini sudah diaspal hotmix hingga bawah tangga seribu yaitu tangga menuju puncak bukit kaba, hanya saja karena pengaruh alam, kemudian sebagian aspal dari jalan ini sudah rusak dan berganti tanah maupun batuan. Waktu tempuh bila melalui jalur kendaraan bermotor hanya 15-30 menit wisatawan sudah sampai di puncak bukit kaba

    Bukit Kaba
    Kawah Aktif Bukit Kaba

    Di puncak Bukit Kaba ini ada dua buah Kawah, kawah pertama yaitu kawah mati yang memiliki warna hijau kebiruan, sedangkan satu lagi adalah kawah aktif yaitu yang masih mengeluarkan asap belerang. Gunung api akan rampai dikunjungi pendaki terutama pada hari-hari tertentu seperti saat malam pergantian tahun dan peringatan 17 Agustus ribuan pendaki dari berbagai daerah tak hanya dari provinsi Bengkulu namun juga luar provinsi Bengkulu memadati gunung ini.

    Bukit Kaba
    Pengibaran bendera merah putih raksasa di Bukit Gajah

    Untuk area camping atau pendirian tenda cukup banyak mulai dari kubah 1 yaitu bangunan beton berbentuk kubus yang merupakan bangunan pertama yang kita temui saat keluar dari jalur rimba sepanjang jalur menuju puncak di salah satu punggungan Bukit kaba ini pengunjung bisa mendirikan tenda kemudian area yang sangat luas yang yang ramai untuk dijadikan tempat kemping dan mendirikan tenda yaitu di danau mati yaitu di antara kawah mati dan bukit gajah area ini cukup luas hanya saja saat musim hujan kawasan ini akan digenangi oleh air.

    Bagaimana anda tertarik untuk mendaki Bukit Kaba?