BLANTERORBITv102

    Menikmati Keindahan Bukit Jipang Curup Bengkulu

    Sabtu, 12 Maret 2022

     

    Wisata Curup
    Spot foto jembatan kaca di Bukit Bintang Jipang dengan latar belakang Kota Curup serta Bukit Basah dan Bukit Daun


    SudutWisata.com- Bukit Jipang Curup atau Bukit Bintang Jipang merupakan salah satu objek wisata yang instagrammable banget dan wajib anda kunjungi saat berada di Provinsi Bengkulu. Objek wisata Bukit Jipang menawarkan keindahan alam berupa pegunungan bukit barisan dan keindahan Kota Curup dari ketinggian.

    Objek wisata Bukit Jipang Curup ini berada di Jalan Bukit Jalal Desa Air Meles Atas Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong dengan jarak tempuh sekitar 20 menit dari Kota Curup Ibu Kota Kabupaten Rejang Lebong atau sekitar 2 jam dari Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu.

    Bila dari Kota Bengkulu, akses jalannya kita harus menuju Kabupaten Rejang Lebong terlebih dahulu. Kemudian ada dua akses jalan yang bisa kita lalu yaitu bisa melalui jalan jalur dua Taba Mulan Simpang Nangka yaitu belok kanan tepat di terminal Merigi Kabupaten Kepahiang atau sekitar 1 Km sebelum masuk Kota Curup.

    Kemudian bila kita mau menikmati Kota Curup yang terkenal dengan Kota Sejuk atau dingin sembari membeli berbagai keperluan saat berwisata di Bukit Jipang Curup, kita tinggal mengikuti jalan menuju Bundaran Simpang Nangka, setiba di bundaran Simpang Nangka kita mengambil jalan ke arah kanan sedangkan bila kita dari arah Kota Lubuklinggau mengambil kearah kiri. Kemudian mengikuti jalan Simpang Nangka Taba Mulan sampai ketemu jembatan yang oleh masyarakat disebut Jembatan Kalong, dari jembatan ini persimpangannya menuju Bukit Jipang Curup sekitar 500 meter dan wisatawan harus belok kiri dan mengikuti jalan tersebut yang rambu-rambu petunjuk jalannya sudah sangat bagus.

    Setiba di objek wisata Bukit Jipang Curup wisatawan hanya dikenakan tarif Rp 10 ribu untuk satu orang saja sedangkan jika ingin bercamping dikenakan tarif Rp 35 ribu. Kemudian bila tidak suka tidur di tenda objek wisata ini juga telah menyediakan tempat penginapan baik yang bisa digunakan untuk beramai-ramai maupun sendiri.

    Di objek wisata Bukit Jipang Curup pengelola telah membangun sejumlah spot foto yang instagrammable mulai dari jembatan kaca, ayunan, sangkar burung dan sejumlah spot foto lainnya dengan latar Bukit Kaba maupun Kota Curup yang berlatar Bukit Basah dan Bukit Daun.

    Menurut penulis waktu yang terbaik untuk menikmati wisata Bukit Jipang Curup adalah sore dan malam hari, karena saat sore hari objek wisata ini merupakan salah satu spot untuk menikmati sunset di Kabupaten Rejang Lebong terutama saat cuaca terang. Bila tidak bisa menikmati sunset pengunjung juga bisa menikmati dinginnya kabut perbukitan yang juga kerap menutupi kawasan ini.

    Sedangkan saat malam hari, bila tak tertutup kabut wisatawan bisa menikmati kerlap-kerlip lampu-lampu rumah warga Kota Curup dari ketinggian serta bintang-bintang dilangit. Tentunya saat berkunjung ke objek wisata Bukit Jipang Curup saat sore dan malam hari pengunjung terutama dari daerah yang bersuhu panas jangan lupa membawa jaket karena suhunya bisa dibawah 15 derajat celcius.