BLANTERORBITv102

    8 Wisata Air Terjun Terindah di Curup Bengkulu

    Jumat, 22 April 2022
    wisata curup

    Kabupaten Rejang Lebong selama ini menjadi salah satu tujuan wisatawan saat berkunjung ke Provinsi Bengkulu. Kabupaten yang beribukota di Curup ini terkenal dengan daerah sejuk dan memiliki banyak potensi wisata.

    Selain memiliki banyak potensi wisata pemandian air panas hingga taman-taman bunga. Kabupaten Rejang Lebong juga memiliki banyak wisata air terjun eksotis nan mempesona. Wisata air terjun di Curup, hampir ada disetiap kecamatannya.

    Inilah beberapa air terjun di Curup Bengkulu yang kami rekomendasikan untuk tempat anda berlibur saat berada di Curup.

    1. Air Terjun Tri Sakti

    wisata curup
    Air Terjun Tri Sakti

    Wisata Air Terjun di Curup yang pertama kami rekomendasikan untuk anda kunjungi adalah Air Terjun Tri Sakti. Air terjun yang sebelumnya bernama Air Terjun Tri Muara Karang ini berada di Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi.

    Air Terjun Tri Sakti merupakan salah satu air terjun tertinggi di Provinsi Bengkulu karena memiliki ketinggian sekitar 85 meter. Saat ini Air Terjun Tri Sakti pengelolaannya dilakukan oleh pihak desa dan pernah menjadikan Desa Belitar Seberang sebagai juara 1 desa wisata tingkat Provinsi Bengkulu ditahun 2021. Selain memiliki satu air terjun utama, dikomplek wisata Air Terjun Tri Sakti ini juga ada beberapa air terjun lainnya yang tak kalah indahnya dan beberapa air terjun merupakan air terjun hangat.

    Fasilitas di air terjun ini sudah sangat memadai, termasuk sudah ada area glamping untuk wisatawan yang ingin bermalam serta ada paket wisata canyoying untuk yang suka memacu adrenalin dengan turun ke dasar air terjun menggunakan tali. 

    Untuk tiket masuk sendiri yaitu Rp 20 ribu sudah termasuk parkir dan pemandian air panas, karena dilokasi air terjun ini ada kolam pemandian panas alami

    2. Air Terjun Batu Betiang

    wisata curup
    Air Terjun Batu Betiang

    Wisata Air Terjun di Curup yang kedua yang bisa wisatawan kunjungi saat berada di Kabupaten Rejang Lebong adalah Air Terjun Batu Betiang. Air terjun ini berada di Dusun Merasi Desa Babakan Baru Kecamatan Bermani Ulu Raya.

    Air terjun yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS) dinamakan Air Terjun Batu Betiang, karena struktur batu yang ada dikiri kanan air terjun dan sekitarnya berbentuk balok-balok menyerupai tiang rumah.

    Untuk menuju lokasi wisatawan harus berjalan kaki sekitar 1 jam dengan menyusuri hutan dan perkebunan warga. Untuk kendaraan bisa dititipkan dirumah-rumah warga yang ada di Dusun Merasi, karena saat ini air terjun ini belum dikelola secara maksimal.

    Karena berada dalam kawasan TNKS, sebelum berkunjung wisatawan harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak Balai TNKS serta mengurus izin memasuki kawasan (Simaksi), karena kawasan ini berada di dalam kawasan hutan konservasi.

    3. Air Terjun Tangga Seribu

    wisata curup
    Air Terjun Tangga Seribu

    Air Terjun Tangga Seribu adalah wisata air terjun selanjutnya yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Air Terjun ini berada di Dusu Gardu Desa Kepala Curup yaitu di pinggir jalan lintas Curup - Lubuklinggau tepatnya di bawah jembatan Gardu.

    Jarak tempuh menuju lokasi wisata Air Terjun Tangga Seribu ini sekitar 30 KM dari Pusat Kota Curup ibu kota Kabupaten Rejang Lebong dan 112 KM dari Kota Bengkulu.

    Meskipun berada dipinggir jalan lintas Curup-Lubuklinggau, namun untuk menuju lokasi kita harus berjalan sejauh sekitar 1 KM menuruni anak tangga yang jumlahnya lebih dari 300 anak tangga. Ada dua akses jalan menuju lokasi ini, satu melewati anak tangga yang terbuat dari besi dan vertikal . Tangga besi vertikal inilah yang menjadi cikal bakal penyebutan air terjun yang terbentuk dari aliran Sungai Air Lang dikatakan sebagai Air Terjun Tangga Seribu.

    4. Air Terjun Cuup Lekat

    wisata curup
    Cuup Lekat/instagram @fernandes_ramadhan

    Air Terjun Cuup Lekat ini berada di Kelurahan Talang Ulu Kecamatan Curup Timur. Lokasi wisata air terjun ini berada tak jauh dari Kota Curup yaitu tepatnya dibawah jembatan sebelum wisata pemandian suban Air Panas

    5. Air Terjun Cabang Dua

    wisata curup
    Air Terjun Cabang Dua

    Air Terjun Cabang Dua ini berada di komplek wisata pemandian Suban Air Panas yang ada di Kelurahan Cawang Baru Kecamatan Curup Timur. Sesuai dengan namanya, air terjun ini memiliki cabang dua karena dipisahkan oleh bebatuan dibagian atas air terjun.

    Air terjun ini termasuk air terjun yang banyak dikunjungi wisatawan, karena saat berkunjung ke objek wisata suban air panas, sebagian wisatawan juga berkunjung ke air terjun ini, karena lokasinya sangat dekat dari kolam air dingin atau kolam besar yang ada di Suban Air Panas.

    6. Air Terjun Pemandian Punai

    wisata curup
    Air Terjun Pemandian Punai

    Wisata Air Terjun di Curup selanjutnya yang bisa wisatawan kunjungi saat berada di Kota Curup atau Kabupaten Rejang Lebong adalah Air Terjun Pemandian Punai. Air Terjun ini berada di Desa IV Sukumenanti Kecamatan Sindang Dataran berjarak sekitar 35 KM dari Kota Curup.

    Akses jalannya sudah sangat memadai karena air terjun ini berada dipinggir jalan lintas Beringin Tiga - Bengko. Dari parkiran kendaraan pengunjung tinggal turun kearea air terjun dengan melewati kebun kopi warga dengan akses jalan yang sudah dibuat anak-anak tangga sehingga mempermudah wisatawan.

    Setiba dilokasi, wisatawan akan dimanjakan oleh beberapa air terjun yang berdekatan, bahkan ada beberapa air terjun yang airnya keluar langsung dari bebatuan atau perut bumi.

    7. Air Terjun Sentral

    wisata curup
    Air Terjun Sentral

    Air Terjun Sentral ini berada di Desa Sindang Jati Kecamatan Sindang Kelingi. Lokasinya juga berada tepat dipinggir jalan lintas Beringin Tiga - Bengko. Air Terjun ini berada satu komplek dengan objek wisata pemandian air panas yang ada di Desa Sindang Jati.

    Air terjun yang merupakan aliran dari air lang ini memiliki dua tingkat, sehingga saat berkunjung ke objek wisata ini wisatawan bisa menikmati dua air terjun sekaligus.

    8. Air Terjun Sumpel

    wisata curup
    Air Terjun Sumpel/intagram @ramasatria___

    Wisata air terjun di kota Curup yang kami rekomendasikan untuk anda kunjungi di Kabupaten Rejang Lebong adalah Air Terjun Sumpel. Air Terjun ini berada di Desa Kayu Manis Kecamatan Selupu Rejang berjarak sekitar 13 KM dari pusat Kota Curup.

    Sama halnya dengan Air Terjun Batu Betiang, air terjun ini juga berada di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Sebelat. Oleh karena itu untuk wisatawan yang akan berkungjung ke air terjun ini sebaiknya berkoordinasi dengan pihak TNKS dan mengurus  izin memasuki kawasan (Simaksi)