BLANTERORBITv102

    14 Tempat Wisata yang ada di Lampung Barat

    Kamis, 26 Mei 2022
    Lampung Barat
    Kota Liwa Ibu Kota Lampung Barat (instagram/@endangguntorocanggu)

    Lampung Barat selama ini terkenal sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Lampung yang memiliki banyak spot wisata khususnya wisata alam. Kabupaten yang terkenal sebagai daerah penghasil kopi di Lampung tersebut menyimpan sejumlah objek wisata yang menarik untuk anda kunjungi.

    Dalam kesempatan kali ini, sudutwisata.com akan menunjukkan 14wisata yang ada di Lampung Barat yang wajib anda kunjungi saat berada di kabupaten yang terkenal dengan sebutan Bumi Sekala Brak. Lalu apa saja objek wisata tersebut, simak ulasannya

    1. Kebun Raya Liwa

    Lampung Barat
    Kebun Raya Liwa (instagram/@endangguntorocanggu)
    Kebun Raya Liwa (KRL) merupakan salah satu destinasi wisata favorite di Kabupaten Lampung Barat. Lokasi KRL ini berada di Pekon Kubu Perahu Kecamatan Balik Bukit dan berada tepat di Kota Liwa ibu kota Lampung Barat.

    Taman yang berdiri diatas lahan seluas 86 hektare, berada tak jauh dari rumah Dinas Bupati Lampung Barat. Sehingga akses untuk menujunya juga sangat mudah karena bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

    Di Kebun Raya Liwa ini, wisatawan selain bisa melihat berbagai koleksi tanamannya, juga bisa berfoto-foto karena dilokasi ini juga banyak dijumpai spot-spot foto yang instagramable. Kemudian bisa beruntung di tempat wisata yang berada diketinggian 800 hingga 900 meter diatas permukaan laut tersebut, wisatawan akan sapa oleh kabut terutama dipagi dan sore hari.

    2. Taman Ham Tebiu

    Lampung Barat
    Taman Ham Tebiu (instagram/@yogiastrayuda)
    Selain Kebun Raya Liwa, objek wisata lain yang ada di pusat Kota Liwa adalah Taman Ham Tebiu. Taman Ham Tebiu ini berada di Kelurahan Pasar Liwa Kecamatan Balik Bukit tepatnya dipinggir jalan lintas Liwa-Muaradua.

    Dilokasi wisata ini, wisatawan bisa menikmati keindahan taman hamtebiu dengan air mancur ditengah-tengahnya. Kemudian disalah satu sisinya berdiri patung sekura khas Lampung Barat. Kegiatan lain yang bisa dilakukan yaitu memberi makan ribuan ikan yang sengaja dilepas oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Barat maupun bermain perahu bebek untuk mengelilingi Ham Tebiu.

    Tak hanya bisa dinikmati disiang hari, saat malam haripun, pesona Taman Ham Tebiu juga tak kalah menariknya, terutama air mancurnya yang dilengkapi dengan lampu warna-warni sehingga menambah keindahannya.

    3. Temiangan Hill

    Lampung Barat
    Temiangan Hill (instagram/@endangguntorocanggu)
    Temiangan hill merupakan salah satu destinasi wisata negeri di atas awan yang ada di Kabupaten Lampung Barat. Temiangan Hill berada di Desa Trimulyo Kecamatan Gedung Surian. Di objek wisata ini, wisatawan bisa merasakan betapa indahnya ciptaan Allah SWA yaitu hamparan kabut tebal akan memanjakan mata kita di pagi hari, sehingga tepatini sangat cocok untuk para pecinta alam yang suka camping bermalam dan menikmati alam serta menikmati indahnya hamparan kabut tadi pagi hari dari ketinggian

    4. Bukit Bawang Bakung

    Lampung Barat
     Bukit Bawang Bakung (instagram/@utary.tr)
    Bukit bawang Bakung merupakan destinasi wisata negeri di atas awan selanjutnya yang ada di Kabupaten Lampung Barat. Lokasi objek wisata ini tak begitu jauh dari kota Liwa yaitu hanya berjarak sekitar 20 menit dari pusat kota hewan dengan mengendarai kendaraan bermotor baik roda dua atau maupun roda empat.

    Bukit Bawang Bakung merupakan destinasi wisata negeri di atas awan pertama yang ada di Lampung Barat. Destinasi wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama saat akhir pekan maupun hari libur nasional.

    Pengunjungnya tak hanya masyarakat dari Lampung barat saja, namun dari luar Lampung Barat. Di lokasi ini wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan kabut di pagi hari dari ketinggian dengan latar belakang Gunung Pesagi yang merupakan gunung tertinggi di provinsi Lampung. Di Objek Wisata Bawang Bakung, saat ini sudah tersedia Anjung Geredai yaitu rumah kayu menghadap langsung kehancuran kabut yang bisa disewa oleh wisatawan yang ingin bermalam di bukit bawang agung. Selain itu juga ada fasilitas tenda bila wisatawan yang ini camping.

    5. Lumbok Seminung

    Lampung Barat
    Lumbok Seminung (instagram@endangguntorocanggu)
    Lumbok Seminung merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Lampung Barat yang berada di kaki Gunung Seminung dan dipinggir Danau Ranau yang merupakan danau terbesar ke dua di Pulau Sumatera.

    Lumbok Seminung yang juga sering disebut Lombok Seminung menyuguhkan pemandangan yang memanjakan mata dengan pemandangan danau vulkanik. Keberadaan Danau Ranau di Lumbok Seminung ini selain sebagai tempat wisata juga dijadikan masyarakat untuk menangkap maupun budidaya ikan dengan keramba. Ikan-ikan dari Lumbok Seminung ini terutama ikan mujair atau nila terkenal dengan rasanya yang lebih gurih dibandingkan dengan ikan nila hasil budidaya dari tempat lain.

    6. Kampung Kopi Rigis Jaya

    Lampung Barat
    Kampung Kopi Rigis Jaya (instagram/@pariwisata_lampungbarat)
    Sesuai dengan namanya, Kampung Kopi Rigis Jaya ni berada di Desa Rigis Jaya Kecamatan Air Hitam Lampung Barat. Saat berkunjung ke kampung kopi rigis jaya ini, wisatawan akan disuguhkan keindahan alam dan budaya lokalnya.

    Bila berkunjung ke kebun kopi rigis jaya ini, wisatawan bisa belajar semua tentang kopi mulai dari pembibitan, budidaya, pengolahan pasca panen hingga pengolahan menjadi minuman kopi yang lezat.

    Di objek wisata kampung kopi ini wisatawan juga bisa membeli produk olahan kopi mulai dari parfum, hand sanitier  hingga lukisan dari ampas kopi. Bahkan masyarakat sekitar juga membuat produk eco print yaitu tote bag hingga kain berbahan dasar daun kopi.

    7. Arung Jeram Way Besai

    Lampung Barat
    Arung Jeram Way Besai (instagram/@bumdesraftingg)
    Bagi anda pencinta olahraga pemacu adrenalin, mukin sudah waktunya mencoba wisata Arung Jeram Way Besai. Lokasi wisata ini berada di Desa Sindang Jaya Kecamatan Sumber Jaya.

    Saat melakukan arung jeram di way besai ini, wisatawan akan merasakan sensasi bermain dengan air di aluran sungai way besai dengan mengarunginya menggunakan perahu karet. Keseruan mengarungi aliran way besai tersebut tentunya akan menjadi kenangan tersendiri.

    Dilokasi wisata ini, selain bisa berwisata memacu adrenali dengan arung jeram, wisatawan juga bisa menikmati malam dengan bercamping di pinggir sungai way besai.

    8. Wisata Suoh

    Lampung Barat
    Danau Suoh(instagram/@ekafendiaspara_alliwa)
    Suoh sendiri merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Lampung Barat yang memiliki sejumlah objek wisata alam yang sangat menakjubkan. Ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi wisatawan saat berkunjung ke Suoh.

    Objek wisata yang bisa dikunjungi mulai dari tiga danaunya yaitu Danau Lebar, Danau Minyak dan Danau Asam. Disekeliling danau ini juga terhampar padang ilalang memanjakan mata pengunjung dan menjadi spot foto. Wisata selanjutnya yang ada di suoh adalah Kawah Nirwana.

    9. Rest Area Sumber Jaya

    Lampung Barat
    Rest Area Sumber Jaya (instagram/@ekafendiaspara_alliwa)
    Rest Area Sumber Jaya saat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan khususnya para pelintas yang tengah melintas di jalan lintas Liwa-Bukit Kemuning.

    Rest Area Sumber Jaya ini berada di Pekon atau Desa Sindang Pagar Kecamatan Sumber Jaya Kabupaten Lampung Barat. Tempat ini merupakan area puncak dengan pemandangan bukit barisan. Bila cuaca sedang cerah dilokasi ini wisatawan bisa menikmati keindahan baik matarihari terbit maupun terbenam dan yang tak kalah menariknya adalah kabut pagi yang siap menyapa para wisatawan.

    Kemudian di lokasi ini terdapat sebuah masjid yang ikonik, masjid ini selain dijadikan tempat beribadah juga menjadi salah satu spot foto karena memang masjidnya yang unik dengan arsitektur eropa.

    10. Wisata Hutan Pinus

    Lampung Barat
    Pinusan Sumberjaya (instagram/@_rrrudi_yunianto)
    Masih dari kawasan Kecamatan Sumber Jaya, salah satu spot wisata yang ada di Kabupaten Lampung Barat adalah hutan pinus atau Pinusan Sumber Jaya. Objek wisata ini berada di Pekon Sukapura Kecamatan Sumber Jaya atau tepat dipintu masuk Kabupaten Lampung Barat.

    Dilokasi wisata pinusan sumber jaya atau juga disebut ecopark pinusan ini pengelola telah menyiapkan sejumlah fasilitas mulai dari pondok bernuansa alami, tempat-tempat duduk, gantungan-gantungan payung, jembatan kayu, ayunan, flaying fox dan sejumlah fasilitas lainnya.

    11. Kubu Perahu

    Lampung Barat
    Tubing Kubu Perahu (instagram/@sakawanabakti_tnbbs)
    Kubu perahu saat ini menjadi salah satu spot wisata yang ada di Kabupaten Lampung Barat. Kawasan yang berada dalam kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) ini dulunya hanya bumi perkemahan. Kemudian seiring dengan kemajuan pariwisata di Lampung Barat Kawasan ini terus mengalami perubahan hingga menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

    Objek wisata ini sangat cocok bagi wisatawan yang suka petualangan alam bebas, karena dilokasi ini wisatawan bisa berkemah, kemudian traking didalam kawasan hutan TNBBS yang telah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Kegiatan lainnya adalah mandi atau bermain di sungai yang airnya jenis dan sejuk, bermain tubing hingga mengekplorasi flora dan fauna yang ada di dalam hutan TNBBS.

    12. Wisata Hambekhos

    Lampung Barat
    Wisata Hambekhos (instagram/@keendevi)
    Sama halnya dengan wisata Ham Tebiu, taman wisata Hambekhos merupakan taman wisata air yang ada di Kabupaten Lampung Barat. Wisata ini berada di Pekon Simpang Luas Kecamatan Batu Ketulis Lampung Barat.

    Di Wisata Hambekhos ini, wisatawan bisa menikmati sejuknya alam yang masih sangat asri, kemudian terdapat sejumlah wahan permainan seperti perahu bebek hingga sejumlah spot foto yang menarik dan instagramable.

    13. Situs Megalitikum Batu Berak

    Lampung Barat
    Situs Batu Berak (instagram/@imkobal)
    Bagi anda pencita sejarah, maka Situs Megalitukum Batu Berak ini sangat cocok untuk anda kunjungi. Objek wisata sejarah ini berada di Pekon Purawiwitan, Kecamatan Kebun Tebu.

    Sesuai namanya, situs ini merupakan peninggalam zaman megalitikum, berbagai peninggalan zaman tersebut bisa kita temui dilokasi seluas 3,5 hektare ini. Peninggalan-penigggalan zaman megalitikum tersebut antara lain menhir, prasasti dan lainnya.

    14. Sunrise Point Limau Kunci

    Lampung Barat
    Sunrise Point Limau Kunci (instagram/@harpian.hamzah)
    Spot wisata terakhir yang bisa anda kunjungi di Lampung Barat adalah Sunrise Point Limau Kunci. Wisata ini berada di Desa Pekon Padang Cahya Kecamatan Balik Bukit Lampung Barat.

    Sama halnya dengan Bukit Bawang Bakung dan Temiangan Hill, sunrise point limau kunci ini juga menjadi salah satu spot wisata "negeri di atas awan" yang ada di Lampung Barat. Dilokasi wisata ini, wisatawan bisa menikmati indahnya kabut pagi disela-sela pepohonan dan indahnya  matahari terbit.

    Demikian uraian singkat tentang 14 wisata yang ada di Lampung Barat, semoga tulisan ini bisa menjadi refrensi bagi anda yang ingin menikmati liburan di Lampung Barat.