BLANTERORBITv102

    Tips Liburan ke Sungai

    Senin, 30 Mei 2022
    wisata sungai
    Wisatawan tengah berwisata di Sungai
    Liburan ke Sungai akhir-akhir ini semakin diminati oleh wisatawan, hal ini terlihat dari mulai banyak tempat-tempat wisata yang mengandalkan sungai sebagai daya tarik utamanya.

    Sungai sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata karena banyak aktivitas yang dilakukan saat berada disungai. Aktivitas tersebut mulai dari hanya sekedar makan siang saja, kemudian bermain air, berenang, memancing, bermain tubing hingga arung jeram dan masih banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan saat berada di sungai.

    Agar aktivitas berlibur ke sungai anda mengasikan, sudutwisata.com berbagi tips-tips yang untuk wisatawan yang akan berlibur ke sungai. Langsung saja simak tips berlibur ke sungai ala sudutwisata.com

    1. Cari Tahu Tentang Sungai yang Akan Dituju

    Sebelum berlibur ke sungai, ada baiknya anda mencari tahu terlebih dahulu tentang informasi sungai yang akan anda tuju. Karena dengan mencari tahu terlebih dahulu baik tentang karakteristik sungai itu sendiri hingga kegiatan apa saja yang ditawarkan di sungai tersebut. Dengan mengetahui sungai tersebut, maka anda bisa mempersiapkan segala kebutuhan sesuai dengan apa yang ditawarkan di sungai tersebut.

    2. Gunakan Sunblock

    Meskipun trik matahari di sungai tidak setrik matahari di pantai, namun dan harus tetap menggunakan sunblock untuk melindungi kulit anda agar tidak terbakar lantaran terlalu lama terpapar sinar matahari. Biasanya sangking asyiknya bermain sungai, wisatawan akan lupa panas dan trik sehingga baru sadar kulitnya sudah terbakar setelah selesai mandi, oleh karena itu anda harus mencegahnya dengan penggunaan sunblock atau tabir surya.

    3. Perhatikan Kondisi Cuaca

    Memperhatikan kondisi cuaca saat akan berwisata ke sungai sangat penting, karena dengan mengecek kondisi cuaca terlebih dahulu kita akan mengetahui apakah saat anda berlibur ke sungai akan terjadi hujan atau tidak. Pengecekan cuaca bisa anda lakukan menggunakan berbagai aplikasi yang sudah tersedia.

    Pentingnya mengecek kondisi atau prakiraan cuaca, karena sebagian besar sungai di Indonesia terlihat tenang. Namun bila dibagian hulunya dilanda hujan, maka akan membuat aliran sungai tiba-tiba deras bahkan terkadang terjadi air bah yang tentunya sangat membahayakan wisatawan.

    4. Menjaga Keamanan

    Meskipun sungai yang kita datangi untuk berlibur terlihat bahaya, namun kita tetap warus waspada dengan memperhatikan keselamatan kita saat berada di sungai. Karena keselamatan harus menjadi nomor satu agar kegiatan berlibur kita baik-baik saja dan menyenangkan.

    5. Siapkan Perlengkapan Pendukung

    Beberapa perlengkapan pendukung perlu kita bawa saat akan berlibur ke sungai, bila anda memiliki hobi memancing dan disungai yang akan anda tuju banyak ikannya, maka membawa perlengkapan pancing adalah suatu yang wajib agar anda bisa semakin menikmati liburan.

    Kemudian bawalah pelampung, karena pelampung sangat penting bila ada keluarga yang tidak berani berenang atau belum bisa berenang sama sekali. Karena dengan adanya pelampung bisa membantunya.

    6. Jangan Buang Sampah Sembarangan

    Untuk menjaga kelestarian sungai dan alam, anda harus memperhatikan sampah yang anda hasilkan. Pastikan sampah yang anda hasilkan baik dari sisa-sisa makanan atau lainnya harus anda buang ke tempat sampah yang telah disiapkan oleh pengelola. Jangan sampai dibuang ke aliran sungai yang bisa mencemarinya.

    Tak hanya disungai, membuang sampah pada tempatnya ini juga harus anda lakukan ditempat-tempat wisata lainnya, agar alam tetap asri dan tidak kotor karena sampah.

    7. Awasi Anak-anak

    Tips liburan ke sungai yang terakhir yang harus anda perhatikan adalah selalu awasi anak-anak saat bermain di sungai. Anak-anak biasanya sangat suka bermain air sehingga terkadang mereka lupa akan bahaya yang mengintai, oleh karena itu orang tua harus selalu mengawasi anak mereka jangan sampai lengah sama sekali.

    Demikian tips liburan ke sungai ala sudutwisata.com, semoga tips ini bermanfaat dan menjadikan liburan anda menjadi berkesan.