BLANTERORBITv102

    8 Air Terjun yang Ada di Kota Curup

    Kamis, 16 Juni 2022
    wisata curup
    Air Terjun Cabang 2 di Suban Air Panas

    Kota Curup ibu kota Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu berada di daerah perbukitan dan dialiri oleh sejumlah sungai ternyata menyimpan potensi wisata alam berupa air terjun. Potensi wisata air terjun di dalam kawasan Kota Curup tersebut ternyata tidak hanya satu melainkan Delapan.

    Tujuh air terjun yang berada di dalam kawasan Kota Curup tersebut memiliki ketinggian dan debit air yang berbeda-beda. Kemudian untuk lokasi air terjun ini sangat dekat dengan permukiman harga, hanya saja dari delapan air terjun yang berada di dalam kawasan Kota Curup tersebut, banyak yang belum dikelola secara maksimal.

    Air terjun apa saja yang ada di dalam kawasan Kota Curup tersebut, berikut ulasan singkat dari sudutwisata.com

    1. Air Terjun PU

    wisata curup
    Air Terjun PU
    Air terjun di kawasan kota Curup yang pertama adalah Air Terjun PU. Sesuai dengan namanya air terjun ini berada di tak jauh dari Perumahan PU yang ada di Kelurahan Talang Rimbo Lama Kecamatan Curup Tengah. Lokasi air terjun ini hanya berjarak beberapa kilometer saja dari Kantor Bupati Rejang Lebong.

    Karena belum dikelola secara maksimal, untuk menuju air terjun ini, wisatawan harus melewati jalan setapak yang membelah perkebunan warga, kemudian harus menuruni tebing yang cukup curam dan licin terutama sesudah hujan

    2. Air Terjun Cabang Dua

    wisata curup
    Air Terjun Cabang 2
    Air terjun di kawasan Kota Curup yang kedua adalah Air Terjun Cabang 2. Air terjun ini berada di komplek wisata pemandian Suban Air Panas. Akses menuju lokasi air terjun ini sudah sangat memadai karena lokasinya berada di dalam kawasan wisata suban air panas.

    Untuk bisa masuk ke air terjun Ini satu orang pengunjung harus menyiapkan uang sebesar 13.000 yaitu Rp10.000 di pintu utama suban air panas dan Rp 3.000 untuk masuk ke kawasan air terjun cabang 2

    3. Air Terjun Curup Lekat

    wisata curup
    Air Terjun Curup Lekat (instagram/@arisasmadi18)
    Air Terjun Cuup Lekat ini berada di Kelurahan Talang Ulu Kecamatan Curup Timur. Lokasi wisata air terjun ini berada tak jauh dari Kota Curup yaitu tepatnya dibawah jembatan sebelum wisata pemandian suban Air Panas

    4. Air Terjun Cuup Lekat

    wisata curup
    Air Terjun Cuup Lekat
    Air terjun di kawasan kota Curup selanjutnya yaitu Cuup lekat Karang Anyar. Air Terjun ini berada di Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Curup Timur. Dari pusat Kota Curup hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit untuk sampai ke air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter ini.

    Sebelum sampai ke lokasi air terjun, wisatawan harus berjalan kali sekitar 200 meter melalui pematang sawah, kemudian menuruni tebing dengan ketinggian sekitar 15 meter langsung bertemu dengan Air Terjun Cuup Lekat yang airnya merupakan aliran dari Sungai Air Duku.

    Baca juga : 8 Wisata Air Terjun Terindah di Curup Bengkulu

    5. Air Terjun Tulak Ajang

    wisata curup
    Air Terjun Tulak Ajang
    Air Terjun Tulak Ajang ini berada di Dusun II Desa Air Meles Atas Kecamatan Selupu Rejang, lokasi air terjun ini berada di kawasan Simpang Macang atau hanya sekitar 5 KM dari Pusat Kota Curup.

    Air Terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter tersebut merupakan tempat wisata baru di Kota Curup. Untuk menarik wisatawan berkunjung, pengelola telah membangun sejumlah fasilitas pendukung.

    6. Air Terjun Air Merah

    wisata curup
    Air Terjun Air Merah
    Air Terjun Air Merah, berada dipinggiran komplek perumahan BTN Air Bang, tepatnya di RT 25/08 Kelurahan Air Bang Kecamatan Curup Tengah. Menuju lokasi air terjun ini tak membutuhkan waktu lama, karena dari pusat Kota Curup bisa ditempuh hanya sekitar 5 menit.

    Untuk berkunjung ke air terjun ini, wisatawan bisa menggunakan kendaraan bermotor hingga ke komplek perumahan Air Bangm selanjutnya dilanjutnya dengan berjalan kali menyusuri jalan setapak, setelah 5 menit berjalan pengunjung langsung bisa menikmati pemandangan alam berupa air terjun serta satu telaga dari aliran sungai kecil yang bisa digunakan pengunjung untuk mandi, namun harus hati-hati mengingat telaga tersebut cukup dalam

    7. Air Terjun Talang Benih

    wisata curup
    Air Terjun Talang Benih
    Air terjun dikawasan Kota Curup yang ketujuh adalah Air Terjun Talang Benih. Sesuai dengan namanya, air terjun ini berada di Kelurahan Talang Benih Kecamatan Curup.

    Air Terjun ini terbentuk di aliran Sungai Air Duku, hanya saja meskipun berada di tengah kota Curup dan berada ditengah pemukiman warga air terjun ini belum dikelola secara maksimal padahal air terjun ini memiliki potensi wisata yang bagus bila dikelola secara maksimal.

    8. Air Terjun Pungguk Bintan

    wisata curup
    Air Terjun Pungguk Bintan


    Air Terjun di dalam Kota Curup yang terakhir adalah Air Terjun Pungguk Bintan. Air terjun ini berada di Desa Air Meles Atas Kecamatan Selupu Rejang dan masih satu jalur dg Air Terjun Cabang Dua yg ada di objek wisata pemandian suban air panas tepatnya dibagian atas Air Terjun Cabang Dua.

    Untuk menuju lokasi air terjun ini bisa melalui jalan umum Desa Air Meles Atas maupun melalui objek wisata pemandian Suban Air Panas

    Demikian ulasan singkat tentang air terjun yang ada di dalam Kota Curup, semoga informasi ini bermanfaat bagi sahabat sudutwisata.com