BLANTERORBITv102

    8 Pantai Terindah di Kaur Bengkulu

    Kamis, 02 Juni 2022
    wisata kaur
    Pantai Indah di Kaur Bengkulu (instagram/@novjulita)

    Kabupaten Kaur selama ini terkenal dengan keindahan pantainya. Pantai-pantai di kabupaten paling ujung bagian selatan Provinsi Bengkulu ini terkenal dengan air lautnya yang jernih, kemudian pasir putih hingga gugusan-gugusan karang dipinggir pantai memberikan daya tarik sendiri bagi wisatawan.

    Kabupaten Kaur yang terkenal dengan Bumi Se’ase Seijean berjarak sekitar 212 KM dari Kota Bengkulu ibu kota Provinsi Bengkulu dengan waktu tempuh sekitar 4,5 sampai 5 jam menggunakan kendaraan bermotor.

    Lalu pantai-pantai apa saja yang ada di Kabupaten Kaur ini, berikut rangkuman wisata pantai terindah yang ada di Kabupaten Kaur.

    1. Pantai Laguna Samudra

    wisata kaur
    Pantai Laguna Samudra (instagram/@laguna_kite)
    Pantai terindah yang pertama yang ada di Kabupaten Kaur adalah Pantai Laguna Samudra. Pantai yang berada di Desa Merpas Kecamatan Nasal ini sudah lama menjadi destinasi wisata favorite di Kabupaten Kaur.

    Pantai Laguna Samudra memiliki daya tarik berupa pantai yang indah serta landai serta berpasir putih dan memiliki air laut yang jernih. Pantai yang berjarak sekitar 25 KM dari Kota Bintuhan ibukota Kabupaten Kaur ini sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung mulai dari penginapan, toilet hingga area parkir yang luas.

    2. Pantai Linau

    wisata kaur
    Pantai Linau (instagram/@ariwidodo__)
    Pantai terindah di Kaur yang kedua adalah Pantai Linau. Pantai ini berada di Desa Linau Kecamatan Maje dengan jarak sekitar 20 KM dari Kota Bintuhan. Pantai ini tepat berada di pinggir jalan Lintas Barat Sumatera sehingga sangat mudah untuk menjumpainya.

    Pantai Linau ini sangat indah dengan eksotisme berupa pasir yang berwarna putih kecoklatan berpadu dengan air laut yang sangat bening sehingga akan sangat memanjakan mata bagi wisatawan.  Pantai Linau ini merupakan sebuah teluk yang juga memiliki pemandangan alam bawah laut yang mempesona. Selain itu disekitar pantai linau ini juga tersedia sejumlah jajanan khas kaur salah satunya sate gurita.


    3. Pantai Pengubaian

    wisata kaur
    Pantai Pengubaian (instagram/@garden._.ksf)
    Pantai Pengubaian merupakan salah satu pantai yang paling indah di Kabupaten Kaur, pantai ini berada di Desa Pengubaian Kecamatan Kaur Selatan sekitar 5 KM dari Kota Bintuhan.

    Pantai Pengubaian ini memiliki keindahan berupa air laut yang sangat jernih dengan pasir putih dibibir pantainya. Selain itu kawasan Pantai Pengubaian ini juga dikelilingi pohon kelapa yang hijau nan rindang sehingga menjadikan suasana menjadi sejuk terlebih lagi dibawah pohon-pohon kelapa ditumbuhi rerumputan hijau yang menjadi tempat ini kian asri.

    Tak hanya terkenal dengan keindahan pantainya, Pantai Pengubaian juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung mulai dari toilet, tempat parkir, mushola, wahana permainan, kuliner dan pastinya spot-spot foto yang instagramable.

    4. Pantai Cukoh

    wisata kaur
     Pantai Cukoh (instagram/@novita_saryaz)
    Keindahan Pantai Cukoh tidak diragukan lagi karena merupakan pantai dengan air laut yang biru, pasir putih, hamparan batu karang dan ratusan bahkan ribuan pohon kelapa ini membuat mata terpesona akan keindahan pantai ini.

    Wisata pantai yang eksotis ini berada di Desa Pasar Lama Kecamatan Kaur Selatan atau tak jauh dari Lapangan Merdeka Kota Bintuhan. Pantai ini sangat direkomendasikan untuk wisatawan yang ingin berlibur baik bersama teman maupun keluarga.

    5. Pantai Air Langkap

    wisata kaur
    Pantai Air Langkap (instagram/@happybalancedlife)
    Sama dengan pantai-pantai yang ada di kabupaten kaur lainnya, Pantai Air Langkap juga memiliki air laut yang bening, kemudian pasir pantai yang bersih juga terdapat gugusan-gugusan batu karang hingga deretan pohon kelapa sehingga menjadikan pantai ini sangat indah dan eksotis.

    Pantai Air Langkap ini berada di Desa Sukarami Kecamatan Kaur Tengah berada sekitar 10 KM dari Kota Bintuhan.

    6. Pantai Way Hawang

    wisata kaur
    Pantai Way Hawang (instagram/@arachimhoesein)
    Hamparan pasir putih yang memenuhi bibir pantai menjadi pemandangan yang mampu memanjakan mata wisatawan yang berkunjung ke Pantai Way Hawang. Pantai Hawang sendiri berada di Desa Way Hawang Kecamatan Maje dengan jarak sekitar 15 KM dari Kota Binturan.

    Selain menawarkan keindahan pantai dan air lautnya yang bersih, di pantai Way Hawang ini juga terdapat fenomena alam yang unik yaitu adanya batu karang yang menyerupai perahu atau jung dalam bahasa setempat. Batu yang berada ditengah lawat ini oleh masyarakat disebut batu jung.

    7. Pantai Sekunyit

    wisata kaur
    Pantai Sekunyit (instagram/@jojo_hutagalung)
    Pantai Sekunyit ini berada di Desa Sekunyit Kecamatan Karu Selatan dengan jarak sekitar 2 KM dari Kota Binturahan. Pantai Sekunyit ini merupakan sentra tempat berlabuhnya perahu perahu nelayan penangkap ikan penduduk Sekunyit . Sekaligus juga pantai ini berfungsi untuk kegiatan pelelangan ikan hasil tangkapan nelayan sekunyit.

    8. Pantai Manula

    wisata kaur
    Pantai Manula (instagram/@adtymelta28_)
    Pantai Manula Desa Tebing Rambutan, Kecamatan Nasal merupakan pantai terindah terakhir yang ada di Kabupaten Kaur. Pantai yang berada di paling ujung Kabupaten Kaur atau tepat berada di perbatasan dengan Provinsi Lampung ini menawarkan panorama pantai yang indah.

    Keindahan Pantai Manula ini dikatakan mirip dengan keindahan tanah lot yang ada di Bali, hal tersebut karena memiliki tebing tinggi yang menghadap langsung ke Samudera Hindia. Selain itu, juga terdapat juga tebing tinggi yang terpisah oleh daratan alias menjorok ke pantai, mirip dengan Tanah Lot.

    Demikian 8 wisata pantai terindah yang ada di Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu, semoga informasi ini bisa membatu anda yang ingin berwisata ke Kabupaten Kaur