BLANTERORBITv102

    15 Air Terjun Eksotis di Kepahiang Bengkulu

    Kamis, 30 Juni 2022
    wisata kepahiang
    Air Terjun Sengkuang di Kabupaten Kepahiang

    Kabupaten Kepahiang merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu. Sebelum resmi berdiri pada 7 Januari 2004 dari Kabupaten Kepahiang merupakan bagian dari Kabupaten Rejang Lebong.

    Kabupaten yang mayoritas dihuni oleh masyarakat Suku Rejang ini memiliki 8 kecamatan dan 117 desa dan kelurhan ini beribukota di Kabupaten Kepahiang. Kabupaten Kepahiang berada didaerah pegunungan dan banyak dialiri oleh sungai-sungai salah satunya sungai musi yang merupakan hulu dari Sungai Musi di Kota Palembang.

    Wilayah Kabupaten Kepahiang yang berada dipegunungan dan dialiri banyak sungai-sungai ini menyimpan banyak potensi wisata air terjun. Lalu wisata air terjun apa saja yg ada di kabupaten dengan julukan Bumi Sehasen ini.

    1. Air terjun Curug Embun

    wisata kepahiang
    Air Terjun Curug Embun (instagram/@irwansyah.89)

    Air terjun Curug embun merupakan air terjun pertama yang bisa anda kunjungi saat berwisata ke Kabupaten Kepahiang. Air terjun yang berada di Desa Tapak Gedung Kecamatan Tebat Karai ini sudah lama menjadi destinasi wisata unggulan di Kabupaten Kepahiang bersama dengan kebun teh kabawetan.

    Akses untuk menuju air terjun Curug Embun ini sangat mudah karena bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Setelah dari parkiran pengunjung tinggal turun saja dan kemudian bisa menikmati air terjun yang memiliki ketinggian lebih dari 15 m ini. Untuk masuk ke lokasi objek wisata ini satu orang pengunjung cukup membayar Rp 5.000.

    2. Air terjun Sengkuang

    wisata kepahiang
    Air Terjun Sengkuang (instagram/@m.frengky_wijaya)

    Air terjun kedua yang bisa anda kunjungi saat berada di Kabupaten Kepahiang adalah Air Terjun Sengkuang. Air terjun yang memiliki nama lengkap Air Terjun Madapsari Sengkuang ini berada di desa Sukasari Kecamatan Kabawetan.

    Air terjun yang berada tak jauh dari kebun teh kabawetan ini sangat mudah untuk diakses baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat kemudian untuk masuk ke lokasi objek wisata ini wisatawan cukup membayar biaya masuk sebesar rp5.000 untuk 1 orang kemudian parkir dikenakan tarif Rp 2000 untuk kendaraan roda dua dan 5000 untuk kendaraan roda empat.

    3. Air terjun Trambon

    wisata kepahiang
    Air Terjun Trambon (instagram/@bengkulumelalar)

    Air terjun Trambon adalah air terjun selanjutnya yang bisa anda kunjungi saat berada di Kabupaten Kepahiang. Air terjun Trambon atau Curug Trambon berada di Desa Daspetah Kecamatan Ujan Mas. Air terjun ini berjarak sekitar 1 km dari jalan lintas Curup-Kepahiang dan akses jalannya sangat mudah karena sudah aspal hotmix dan bisa dilalui dengan kendaraan pada roda dua maupun roda empat sampai ke lokasi air terjun.

    Air terjun yang dikenal juga dengan nama tiak rambon ini sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung seperti tempat parkir tempat penitipan barang serta kedai minuman dan makanan yang dikelola oleh warga sekitar.

    4. Air Terjun Donok

    wisata kepahiang
    Air Terjun Donok (instagram/@sofianrafflesia)

    Air Terjun Donok merupakan air terjun keemp yang ada di Kabupaten Kepahiang. Air terjun ini berada di Desa Batu Ampar Kecamatan Merigi Kabupaten Kepahiang meskipun berada di Kabupaten kaya Kepahiang namun air terjun ini lebih dekat dari Kota Curup ibukota Kabupaten Rejang Lebong ketimbang dari kota Kepahiang ibukota Kabupaten Kepahiang.

    Air terjun ini masih sangat alami karena berada di tengah perkebunan warga selain memiliki air terjun utama yang memiliki ketinggian lebih dari 20 meter di sisi-sisi air terjun juga banyak mengeluarkan mata air yang segar dan bisa diminum langsung karena keluar langsung dari celah batu.

    5. Air Terjun Tirta Mandiri

    wisata kepahiang
    Air Terjun Tirta Mandiri (instagram/@m.frengky_wijaya)

    Air terjun Tirta mandiri ini berada di Desa Tangsi Duren Kecamatan Kabawetan berjarak sekitar 7 km dari kota Kepahiang atau 67 km dari kota Bengkulu. Sama halnya dengan Air Terjun Sengkuang, Air Terjun Tirta Mandiri ini juga berada di kawasan objek wisata kebun teh kabawetan.

    Akses untuk menuju air terjun ini juga sudah sangat baik di mana sebelum menuju lokasi wisatawan akan melewati skywalk yaitu jembatan warna-warni yang berdiri di atas perkebunan dan sawah warga itu biaya masuknya yaitu 5.000 per orang dan parkir 2000 untuk kendaraan roda dua serta lima ribu untuk kendaraan roda empat lokasi air terjun ini sangat mudah ditemukan karena di pinggir jalan utama perkebunan teh kabawetan sudah ada gapura objek wisata air terjun Tirta mandiri.

    6. Air Terjun Bidadari

    wisata kepahiang
    Air Terjun Bidadari (instagram/@inesra16)
    Air Terjun Bidadari berada di kawasan Bukit hitam tepatnya di Desa Air Sempiang Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang. Berbeda dengan beberapa air terjun sebelumnya untuk menuju air Terjun bidadari yang berada di dalam hutan taman wisata alam Bukit kaba ini pengunjung atau wisatawan harus melakukan trekking atau berjalan kaki sekitar satu setengah jam dari tempat terakhir kendaraan bisa masuk di Desa Air Sempiang.

    7. Air Terjun Batu Kalung

    wisata kepahiang
    Air Terjun Batu Kalung (instagram/@ilhamwahyyudi)
    Air Terjun Batu Kalung ini berada di Desa Batu Kalung Kecamatan Muara Kemumu Kabupaten Kepahiang. Air Terjun yang memiliki ketiggian sekitar 30 meter ini masih sangat asri serta airnya sangat jernih dan sejuk. Lokasi air terjun yang dikelilingi pohon-pohon yang rindang dan ada bebatuan yang menambah keindahan.

    8. Air Terjun Mbah Jumi

    wisata kepahiang
    Air Terjun Mbah Jumi (instagram/@rendi_novriyandi)
    Air Terjun Mbah Jumi berada di desa Sumber Sari, kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang, untuk akses menuju air terjun ini relatif mudah di lewati menggunakan kendaraan roda dua melewati perkebunan, kemudian motor di titipkan di pondok kebun warga lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 100 meter untuk turun kebawah melewati perkebunan, Karena air terjun "Mbah Jumi" ini masih relatif baru dan belum adanya petunjuk arah, disarankan untuk bertanya kepada warga sekitar.

    9. Air Terjun Dua Putri

    wisata kepahiang
    Air Terjun Dua Putri (instagram/@anakularr)
    Sama halnya dengan Air Terjun Bidadari, Air Terjun Dua Putri ini juga berada di kawasan Bukit Hitam Desa Air Sempiang Kecamatan Kabawetan. Bahkan lokasi air terjun ini tak jauh dari Air Terjun Bidadari.

    Air Terjun ini hanya berjarak sekitar 10 sampai 15 menit dari Air Terjun Bidadari, ditempat ini terdapat dua buah air terjun sekaligus, dimana dua air terjun ini kemudian menjadi satu dan membentuk air Terjun Bidadari. 

    10. Air Terjun Pipa Belanda

    wisata kepahiang
    Air Terjun Pipa Belanda (instagram/@anisaldast_)
    Air Terjun Pipa Belanda juga masih berada di Desa Air Sempiang Kecamatan Kabawetan. Untuk menuju air terjun ini wisatawan haru berjalan kaki sekitar 20 menit dengan melewati perkebunan teh dan perkebunan kopi warga.

    Selain itu, disepanjang jalan menuju air terjun yang masih asri ini banyak ditemukan pipa-pipa peninggalan belanda. Pipa-pipa tersebutlah yang menginisiasi masyarakat sekitar menyebut air terjun ini dengan Air Terju Pipa Belanda.

    11. Air Terjun Cabang

    wisata kepahiang
    Air Terjun Curug Cabang (instagram/@gheyandini)
    Air Terjun Cabang atau Curug Cabang berada di Desa Sukamerindu Kecamatan Kepahiang. Meskipun berada dibelakang pemukiman warga, namun untuk menuju air terjun ini pengunjung harus melewati jalan yang terjal dan licin.

    12. Air Terjun Anggun

    Air Terjun Anggun berada di Desa Karang Endah Kecamatan Kepahiang. Lokasi air terjun ini berada di rumah penduduk sehingga akses untuk menuju air terjun ini sangat mudah. Saat ini air terjun ini sudah dikelola oleh pihak desa sehingga sejumlah fasilitas pendukungnya sudah dibangun.

    13. Air Terjun Batu Kampit

    wisata kepahiang
    Air Terjun Batu Kampit (instagram/@fezzyagsmntr_)

    Air Terjun Batu Kampit memiliki ketinggian sekitar 20 meter, air terjun ini berada di Desa Babakan Bogor Kecamatan Kabawetan. Air Terjun ini hanya berjarak sekitar 20 meter dari jalan lintas wisata menuju perkebunan teh Kabawetan.

    Air terjun ini dinamakan Air Terjun Batu Kampit karena sebelum sampai di air terjun, wisatawan akan melewati Batu Kempit yang keberadaannya persis dipinggir jalan.

    14. Air Terjun Tiga Bergerigi

    wisata kepahiang
    Air Terjun Tiga Bergerigi (instagram/@doni7386)
    Air Terjun Tiga Bergerigi berada di Desa Pematang Donok Kecamatan Kabawetan, air terjun yang juga memiliki nama lain Air Terjun Tangga Seribu ini berada di belakang kolam rio kampung dan saat ini pengelolaannya dilakukan oleh Pokdarwis Desa Pematang Donok.

    15. Air Terjun Pungguk Meranti

    wisata kepahiang
    Air Terjun Pungguk Meranti (instagram/@arisasmadi18)
    Air Terjun Pungguk Meranti atau Air Terjun 1.001 Wetan berada di Desa Pungguk Meranti Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang. Air Terjun ini berjarak sekitar 2 KM dari jalan lintas Kepahiang-Curup.

    Meskipun berjarak sekitar 2 KM dari jalan lintas Kepahiang-Curup namun akses ke air terjun ini sudah bisa menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Dari parkiran akses ke air terjun juga sudah sangat bagus karena sudah dibangun tangga beton sampai ke air terjun.

    Demikian informasi mengenai 15 air terjun yang ada di Kabupaten Kepahiang, semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menjadi refrensi saat anda liburan ke Kepahiang.