BLANTERORBITv102

    Suban Lesung Gua Batu, Pemandian Air Panas Alami di Curup

    Senin, 04 Juli 2022
    wisata curup
    Kolam Utama Pemandian Suban Lesung Gua Batu

    Bila disebut wisata Suban Air Panas maka hampir semua masyarakat Provinsi Bengkulu terlebih lagi masyarakat Rejang Lebong pasti banyak yang tahu tentang obyek wisata unggulan di Kabupaten Rejang Lebong ini.

    Pemandian Suban Air Panas sendiri, merupakan komplek wisata pemandian air panas yang sudah lama terkenal di Provinsi Bengkulu. Wisata yang berada di Kota Curup ibukota Kabupaten Rejang Lebong ini menawarkan wisata pemandian air panas yang masih sangat alami. Selain terdapat beberapa kolam air panas atau air hangat, di objek wisata ini terdapat juga kolam air dinginnya.

    Meskipun sebagian masyarakat banyak yang sudah mengetahui keberadaan obyek wisata pemandian air panas ini, namun belum banyak yang tahu bahwa di komplek wisata ini ada beberapa obyek wisata lainnya, yang pengelolaannya juga berbeda dengan Pemandian Suban Air Panas itu sendiri, sehingga saat berwisata ke obyek wisata ini terkadang pengunjung harus membayar lagi saat ingin menikmati atau mandi di kolam-kolam lainnya.

    Salah satu obyek wisata lain yang ada di komplek wisata Pemandian Suban Air Panas ini adalah Suban Lesung Gua Batu. Pemandian Suban Lesung Gua Batu ini berada bagian atas sisi kiri Pemandian Suban Air Panas. Untuk menuju obyek wisata ini, bila pengunjung sudah masuk komplek Pemandian Suban Air Panas, pengunjung mengambil kearah kiri melewati jembatan besi bercat merah yang berada setelah kolam bulat yang airnya berwarna hijau.

    wisata curup
    Pintu Masuk Suban Lesung Gua Batu

    Setelah menyeberangi jembatan, pengunjung tinggal menaiki tebing dengan jalan tangga yang telah terbuat dari semen. Setelah berjalan sekitar 30 meter kemudian akan terlihat pintu masuk Suban Lesung Gua Batu.

    Ada Lima Buah Kolam

    Dilokasi wisata Suban Lesung Gua Batu ini terdapat lima buah kolam, yang kesemuanya merupakan kolam air panas atau air hangat. Kolam utamanya berada dibagian atas dan memiliki ukuran cukup lebar sert memiliki kedalaman yang bervariasi mulai dari 50 CM, kemudian 100 CM hingga 160 CM. Meskipun memiliki kedalaman yang bervariasi, namun anak-anak tidak dianjurkan untuk berenang di kolam ini terutama tanpa pengawasan orang tua.

    wisata curup
    Kolam Anak-anak di Suban Lesung Gua Batu

    Kemudian kolam selanjutnya ada tiga kolam untuk anak-anak, satu dengan kedalaman 50 cm dan satu lagi sekitar 25 Cm, serta ada satu kolam khusus balita yang airnya sangat dangkal. Sedangkan satu kolam lagi berukurn 2 x 3 meter berada dibagian atas kolam-kolam untuk anak-anak.

    Kolam berukuran 2 x 3 M ini memiliki kedalaman sekitar 80 cm, kolam ini jarang digunakan untuk berenang namun kerap digunakan pengunjung untuk berendam, karena dibagian pinggir kolam juga dibuat tempat duduk, sehingga pengunjung bisa duduk dengan posisi badan setengah terendam air panas atau hangat, terlebih lagi ada dua pancuran air hangat yang mengalir ke kolam.

    Meskipun kolam-kolam di obyek wisata pemandian Suban Lesung Gua Batu ini merupakan kolam buatan, namu kesan alaminya masih dipertahankan oleh pengelola. Kesan alami yang dihadirkan selain masih banyak pohon-pohon disekitar kolam, bentuk kolam juga tak beraturan, bahkan disalah satu sudut dasar kolam utama terdapat batu-batu besar yang masih dipertahankan oleh pengelola.

    Selain terdapat lima buah kolam pemandian, dilokasi wisatan Suban Lesung Gua Batu ini terdapat gua yang tersusun atas batu-batu besar. Gua batu ini berada tepat dibagian atas kolam utama dan mulut goa terlihat jelas dari kolam pemandian.

    Tiket Masuk

    Kemudian untuk tiket masuk obyek wisata Pemandian Suban Lesung Gua Batu ini, pengelola menetapkan tiket yang sama baik untuk anak-anak maupun dewasa yaitu Rp 5.000 untuk setiap orangnya. Sedangkan untuk anak-anak tertentu khususnya dibawah usia 2 tahun gratis masuk. Namun selain membayar biaya basuk di pintu masuk Suban Lesung Gua Batu, pengunjung juga tentunya harus membayar biaya masuk di komplek wisata Suban Air Panas yaitu sebesar Rp 10.000 untuk orang dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk biaya parkir satu dengan parkir di komplek wisata Suban Air Panas yaitu Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 3.000 untuk kendaraan roda empat.

    Fasilitas

    Sementara itu, untuk fasilitas yang ada selain lima kolam pemandian air panas, pengelola Suban Lesung Gua Batu juga telah menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung mulai dari tempat dukung untuk keluarga yang tidak berenang atau tempat meletakkan pakaian ganti. Serta juga terdapat beberapa unit kamar ganti dan WC. Semua fasilitas yang disiapkan tersebut gratis untuk pengunjung, meskipun terkadang harus mengantri terutama ketika pengunjung tengah ramai.

    Bagaimana sahabat sudutwisata.com tertarik untuk berwisata ke Suban Lesung Gua Batu, kalau ke Kota Curup luangkan waktu untuk menikmati keindahan pemandia ini.