BLANTERORBITv102

    6 Air Terjun yang ada di Desa Belitar Seberang Bengkulu

    Sabtu, 27 Agustus 2022
    Air Terjun Bengkulu
    Air Terjun Tri Sakti dan Puspa Desi di Desa Belitar Seberang (instagram/@_ahmadtito)

    Desa Belitar Seberang selama ini terkenal dengan Air Terjun Tri Sakti yang merupakan air terjun tertinggi di Provinsi Bengkulu. Bahkan pesona dari Air Terjun Tri Sakti ini mampu menghipnotor Menteri Pariwisata dan Ekonomo Kreatif Sandiaga Uno saat melihat langsung air terjun ini.

    Namun selain memiliki Air Terjun Tri Sakti, Desa Belitar Seberang yang berada di Kecamatan Sindang Kelingi Kabupaten Rejang Lebong ini memiliki beberapa air terjun lainnya dan lokasinya tak terlalu jauh dari Air Terjun Tri Sakti.

    Dikutip dari belirang.com, yang merupakan website resmi dari Desa Belitar Seberang sedikitnya ada enam air terjun yang berada di desa ini.

    Inilah 6 air terjun yang ada di Desa Belitar Seberang.

    1. Air Terjun Tri Sakti

    Air Terjun Bengkulu
    Air Terjun Tri Sakti
    Air terjun pertama yang ada di Desa Belitar Seberang tentunya adalah Air Terjun Tri Sakti. Air Terjun Tri Sakti ini sudah sangat tersohor baik di Provinsi Bengkulu maupun luar Bengkulu, karena memang air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 87 meter ini merupakan air terjun tertinggi di Provinsi Bengkulu.

    Air Terjun yang sudah lengkap dengan berbagai fasilitas pendukung ini berada sekitar 2,5 KM dari Desa Belitar Seberang. Untuk menuju lokasi air terjun, sebaiknya menggunakan kendaraan roda 4 yang memiliki ground clereance lebih dari 30 cm atau menggunakan kendaraan roda dua.

    Selain itu, saat ini pengelola yaitu dari BUMDes dan Pokdarwis Desa Belitar Seberang juga telah menyediakan fasilitas antar jemput dari menuju Air Terjun Tri Sakti.

    2. Air Terjun Puspa Dewi

    Air Terjun Bengkulu
    Air Terjun Puspa Dewi
    Air terjun kedua yang ada di Desa Belitar Seberang adalah air terjun Puspa Dewi. Air Terjun Puspa Dewi ini merupakan air terjun yang alirannya merupakan air panas alami dengan suhu sekitar 30 derajat celcius.

    Air Terjun Puspa Dewi yang memiliki ketinggian sekitar 120 meter berada satu komplek dengan Air Terjun Tri Sakti, lekanya berada disisi kiri jalan menuju Air Terjun Tri Sakti, sehingga setiap pengunjung yang akan ke Air Terjun Tri Sakti pasti akan melewati air terjun ini.

    Di Air Terjun Puspa Dewi ini pengunjung bisa memanjakan badan dengan berendam di aliran air terjun, yaitu dibagian tengah air terjun yang memang ada bagiannya yang membentuk kolam air hangat.

    3. Air Terjun Pemandian Dewa

    Air Terjun Bengkulu
    Air Terjun Pemandian Dewa/www.belirang.com
    Meskipun namanya belum se familiar Air Terjun Tri Sakti maupun Air Terjun Puspa Dewi, namun Air Terjun Pamandian Dewa ini bisa menjadi pilihan anda saat berwisata ke Desa Wisata Belitar Seberang.

    Air Terjun Pemandian Dewa yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter, sangat cocok terutama bagi wisatawan yang hobi petualangan. Karena untuk menuju air terjun ini wisatawan harus melakukan trekking terlebih dahulu, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dari Desa Belitar Seberang.

    Saat mengunjungi Air Terjun Pemandian Dewa ini, wisatawan akan melewati perkebunan warga terutama perkebunan aren yang merupakan salah satu komoditas unggulan yang ada di Desa Belitar Seberang.

    Selain perkebunan warga, sebelum sampai ke air terjun wisatawan akan melewati hamparan bebatuan yang oleh masyarakat sekitar disebut tebing pangeran. Bebatuan tersebut dinamakan tebing pangeran, karena cerita masyarakat setempat tebing inilah yang dilewati seorang pangeraan untuk melihat para dewa bermain air di bawah air terjun.

    4. Air Terjun Lubuk Tigo

    Air Terjun Bengkulu
    Air Terjun Lubuk Tigo/www.belirang.com
    Air Terjun Lubuk Tigo merupakan satu dari enam air terjun yang berada di sekitar  Desa Wisata Belitar Seberang. Air terjun ini dinaman Air Terjun Lubuk Tigo karena didalam satu lokasi memiliki tiga lubuk.

    Sebenarnya Air Terjun Lubuk Tigo yang air terjun utamanya memiliki ketinggian 20 meter ini sudah masuk dalam wilayah Desa Sindang Jati Kecamatan Sindang Kelingi. Namun akses masuknya melalui pintu masuk Air Terjun Tri Sakti.

    Waktu tempuh menuju air terjun ini dari komplek Air Terjun Tri Sakti yaitu sekitar 10 menit yaitu melewati jalan setapak yang terdapat kolam pemandian air panas Tri Sakti. Air terjun ini cukup istimewa, karena salah satu lubuk dari air terjun ini merupakan lubuk air panas.

    5. Air Terjun Tedung Sakti

    Air Terjun Bengkulu
    Air Terjun Tedung Sakti/www.belirang.com 
    Air terjun selanjutnya yang ada di Desa Belitar Seberang adalah Air Terjun Tedung Sakti. Air terjun ini salah satu air terjun yang baru dibuka oleh Desa Belitar Seberang yaitu dibuka pada tahun 2021 lalu.

    Sama halnya dengan menuju Air Terjun Pemandian Dewa, untuk menuju air terjun ini, wisatawan harus trekking terlebih dahulu sekitar 30 menit. Air Terjun Tedung Sakti ini memiliki keunikan sendiri, karena aliran airnya mengalir diantara celah batu.

    6. Air Terjun Don

    Air Terjun Bengkulu
    Air Terjun Don/www.belirang.com
    Air terakhir yang ada di Desa Belitar Seberang adalah Air Terjun Don. Untuk menuju air terjun ini membutuhkan waktu tempuh sekitar 15 menit. Ada dua alternatif menuju air terjun ini, yang pertama yaitu dengan berjalan kaki menuju bagian atas air terjun, kemudian cara kedua adalah  dengan melakukan kegiatan susur sungai.

    Air Terjun Don ini menjadi satu paket dengan wisata edukasi rumah nira yang ditawarkan Desa Belitar Seberang, dilokasi air terjun ini, wisatawan bisa menikmati langsung siraman air terjun. Dilokasi air terjun ini juga terdapat beberapa lubuk kecil yang bisa dimanfaatkan wisatawan untuk bermain water sliding.

    Itulah enam air terjun yang ada di Desa Belitar Seberang, anda tertarik mengunjunginya?