BLANTERORBITv102

    7 Air Terjun di Lebong yang Wajib Dikunjungi

    Sabtu, 03 September 2022
    Air Terjun Lebong
    Air Terjun Lebong (instagram/@yudimulyanet)

    Lebong merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Bengkulu yang ibukotanya adalah Kota Tubei. Kabupaten Lebong ini berjarak sekitar 119 KM dari Kota Bengkulu ibu kota Provinsi Bengkulu.

    Kabupaten Lebong terklasifikasi sebagai daerah perbukitan Bukit Barisan dengan ketinggian 500-1.000 Mdpl. Berada dikawasan perbukitan Bukit Barisan tersebut, ternyata di bumi "swarang patang stumang" ini menyimpan sejumlah potensi wisata alam salah satunya air terjun.

    Air terjun di Kabupaten Lebong tersebut tak hanya satu saja, namun terdapat beberapa air terjun yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. Berikut sudutwisata.com merangkum 7 air terjun terbaik yang ada di Kabupaten Lebong.

    1. Air Terjun Paliak

    Air Terjun Lebong
    Air Terjun Paliak (instagram/@melzaayunisarii)
    Air Terjun Paliak berada di Desa Embong Kecamatan Uram Jaya, Kabupaten Lebong. Lokasi Air Terjun ini berjarak sekitar 14 KM dari Kota Muaraaman pusat pusat kota Kabupaten Lebong atau 132 KM dari Kota Bengkulu.

    Untuk bisa menikmati keindahan air terjun yang berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Sebelat ini, wisatawan bisa mengendarai kendaraan roda dua maupun roda empat sampai ke Desa Embong. Setelah dari Desa Embong, kemudian dilanjutkan dengan berjalan sekitar 30 menit sampai 1 jam perjalanan.

    2. Air Terjun Semelako

    Air Terjun Lebong
    Air Terjun Semelako(instagram/@yudimulyanet)
    Air Terjun kedua yang ada di Kabupaten Lebong adalah Air Terjun Semelako. Air Terjun Semelako ini berada di Desa Semelako Kecamatan Lebong Tengah.

    Untuk menuju air terjun yang memiliki nama lain Air Terjun Nge'ai atau taman peri ini wisatawan harus berjalan kaki sekitar 2 jam dengan melewati perkebuan serta  rimbunnya hutan yang masih sangat asri

    3. Air Terjun Ketenong

    Air Terjun Lebong
    Air Terjun Ketenong (instagram/@fianbkl)
    Air Terjun Ketenong adalah air terjun ketiga yang bisa anda kunjungi di Kabupaten Lebong. Air Terjun ini berada di Desa Ketenong I Kecamatan Pinang Belapis. Dengan jarak sekitar 17 KM dari Kota Muaraaman dan jarak tempuh sekitar 1 jam menggunakan kendaraan bermotor.

    Dari Desa Ketenong I ini, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Selama perjalana menuju air terjun wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai pemandangan mulai dari persawahan, perkebuan hingga hutan yang masih sangat asri karena memang lokasi air terjun ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Sebelat.

    4. Air Terjun Bio Baes

    Air Terjun Lebong
    Air Terjun Bio Baes (instagram/@enggareryanpratama)
    Air Terjun Bio Baes atau disebut juga Air Terjun Blau berada di Desa Ujung Tanjung Kecamatan Lebong Sakti. Desa Ujung Tanjung ini berjarak sekitar 14 KM dari Kota Muaraaman dan 125 KM dari Kota Bengkulu.

    Untuk menuju Air Terjun Bio Baes ini, wisatawan bisa menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat sampai ke Desa Ujung Tanjung. Setelah itu wisatawan harus melanjutkan perjalan dengan berjalan kaki dengan jarak sekitar 1 KM

    5. Air Terjun Tik Kersip

    Air Terjun Lebong
    Air Terjun Tik Kersip (instagram/@novitut_ )
    Air Terjun Tik Kersip ini berada di Desa Tik Kuto Kecamatan Rimbo Pengadang. Air Terjun ini berada tak jauh dari jalan raya Curup-Muara Aman atau hanya berjarak sekitar 200 meter saja.

    Dilokasi Air Terjun Tik Kersip ini ada rumah warga yang biasanya dijadikan tempat pengunjung untuk menitipkan kendaraan mereka. Dari rumah ini wisatawan tinggal turun sedikit dan langsung tiba di air terjun Tik Kersip.

    6. Air Terjun Tik Galuk

    Air Terjun Lebong
    Air Terjun Tik Galuk (instagram/@rangga_dafirio)
    Air Terjun Tik Galuk ini berada di Desa Tik Sirong Kecamatan Topos Kabupaten Lebong. Untuk menuju Air Terjun Tik Galuk ini wisatawan harus berjalan kaki sekitar 2 jam dari Desa Tik Sirong.

    7. Air Terjun Tik Sapet

    Air Terjun Lebong
    Air Terjun Tik Sapet (instagram/@explore_topos)
    Air Terjun Tik Sapet ini sama dengan Air Terjun Tik Galuk yaitu berada di Desa Tik Sirong Kecamatan Topos. Tidak hanya air terjunnya yang indah, dikawasan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter ini alamnya masih sangat terjaga dan asri.

    Demikian rangkuman 7 air terjun terbaik yang ada di Kabupaten Lebong, semoga informasi ini membantu anda yang ingin menikmati air terjun di Kabupaten Lebong.