BLANTERORBITv102

    Air Terjun Tumpak Sewu, Serpihan Surga di Jawa Timur

    Sabtu, 11 Februari 2023
    Air Terjun Tumpak Sewu
    Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu dengan Gunung Semeru (instagram/@gunarto_song)

    Sudutwisata.com- Air Terjun Tumpak Sewu merupakan salah satu air terjun tertinggi yang ada di Provinsi Jawa Timur. Ketinggian Air Terjun Tumpak Sewu yang terbentuk dari aliran Sungai Glidih yang berhulu di Gunung Semeru ini mencapai 120 meter.

    Air Terjun Tumpak Sewu yang juga dikenal dengan Coban Sewu berada di perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, tepatnya berada di perbatasan dua desa yaitu Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang dan Desa Sidorenggo Kecamatan Ampel Gading Kabupaten Malang.

    Meskipun berada diperbatasan dua kabupaten, namun sebagian besar wisatawan yang akan ke Air Terjun Tumpak Sewu memilih melalui Lumajang. Dimana jarak dari Kota Lumajang menuju Air Terjun Tumpak Sewu adalah 53 KM dengan waktu tempuh sekitar 2 KM melalui Jalan Nasional rute 3 lintas selatan Jawa Timur. Namun bila wisatawan dari Malang jalur yang ditempuh yaitu jalur Bululawang menuju Dampit - Tirtomoyo - Pronojiwo.

    Air Terjun Tumpak Sewu ini mudah dijangkau karena kendaraan pribadi sudah bisa masuk ke kawasan air terjun dengan biaya parkir Rp 5 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp 10 ribu untuk kendaraan roda empat. Untuk masuk ke kawasan Air Terjun Tumpak Sewu ini wisatawan cukup membayar Rp 10 ribu dan ada lima spot yang bisa dikunjungi yaitu Panorama Tumpak Sewu, Bottom Waterfall, Tebing Nirwana, Telaga Biru, Goa Tetes.

    air terjun tumpak sewua
    Air Terjun Tumpak Sewu dari bagian bawah (instagram/@explore_tumpaksewu)

    Jam buka dari wisata Air Terjun Tumpak Sewu ini yaitu dari pukul 07.00 WIB untuk panorama tumpak sewu atau bagian atas, sedangkan untuk turun ke bawah agar bisa menikmati keindahan air terjun dari dekat hanya dibuka sampai pukul 15.00 WIB.

    Selain karena ketinggiannya, Air Terjun Tumpak Sewu ini memiliki keunikan sendiri karena berada didalam lembah yang curam dan memancang, dimana airnya mengalir disepanjang lembah tersebut sehingga menyerupai tirai sehingga termasuk dalam tipe air terjun Tiered.