BLANTERORBITv102

    Jadwal Pesta Sekura di Lampung Barat Tahun 2023

    Kamis, 06 April 2023
    Sekura Lampung Barat
    Pesta Budaya Sekura Cakak Buah yang dilaksanakan setiap tahun di Lampung Barat

    SudutWisata.Com- Kegiatan pesta budaya sekura cakak buah akan kembali dilaksanakan di Kabupaten Lampung Barat saat Hari Raya Idul Fitri 1444 hijriah tahun 2023 ini. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan dibeberapa pekon atau desa selama kurun waktu 1 sampai 7 Syawal 1444 hijriah tahun 2023.

    Mengutip dari akun media sosial instagram Dinas Kepemudaan, Olahragan dan Pariwsata Lampung Barat di @pariwisata_lampungbarat setidaknya sudah ada 21 pekon atau desa dan kelurahan yang akan melaksanakan tradisi turun temurun masyarakat Lampung Barat tersebut.

    Dari unggahan akun instagram tersebut, disampaikan bahwa pelaksaan pesta sekura cakak buah tahun 2023 ini akan dilaksanakan dari tanggal 1 syawal sampai 6 syawal dengan lokasi pekon yang menyelenggarakannya berbeda-beda. Dan ada juga yang melaksanakannya secara bersamaan.

    Untuk tanggal 1 Syawal kegiatan pesta sekura cakak buah tersebut akan dilaksanakan Pekon Kebun Kebu Kecamatan Kebun Tebu. Kemudian untuk 2 syawal akan dilaksanakan Pekon Kenali Kecamatan Belalau, Pekon Way Mengaku dan Pekon Padang Dalam Kecamatan Balik Bukit. Kemudian pekon Sukabumi Kecamatan Batu Brak serta Pekon Muara Jaya II Kecamatan Kebun Kebu.

    Selanjutnya untuk pelaksanaan 3 syawal akan dilaksanakan di Pekon Kutabesi Kecamatan Batu Brak, Pekon Way Empulau Ulu dan Pemangku Pelita Jaya Bahwa Kecamatan Balik Bukit serta Pekon Hujung Kecamatan Belalau.

    Kemudian untuk 4 syawal akan dilaksanakan di Pekon Bedudu Kecamatan Belalau, Pekon Pekon Balak, Pekon Negeri Ratu dan Pekon Kerang Kecamatan Batu Brak serta di Pekon Sukarami dan Umbullioh Sebarus Kecamatan Balik Bukit.

    Sedangkan untuk pelaksanaan pesta sekura cakak buah pada tanggal 5 syawal akan dilaksanakan di Pekon Kegeringan Kecamatan Batu Brak, Pekon Bakhu Kecamatan Batu Ketulis dan Kurungan Aji Pekon Sukarami Kecamatan Balik Bukit. Kemudian untuk 6 syawal akan dilaksanakan didua pekon yaitu Canggu Kecamatan Batu Brak dan Pekon Wates Kecamatan Balik Bukit.

    Demikian jadwal pestab budaya sekura cakak buah yang akan dilaksanakan di Kabupaten Lampung Barat pada lebaran Idul Fitri 1444 hijriah tahun 2023 ini. Semoga informasi ini membantu bagi wisatawan yang ingin menyaksikan budaya yang sudah puluhan tahun bahkan ratusan tahun ada di Lampung Barat atau Bumi Skala Brak tersebut.