BLANTERORBITv102

    Melihat Lebih Dekat Pantai Tanjung Setia Lampung , Lokasi WSL Krui Pro QS5000

    Selasa, 13 Juni 2023
    Pantai Tanjung Setia
    Para Peselancar tengah berada di Pantai Tanjung Setia, Pesisir Barat Lampung

    SUDUTWISATA.COM-Dalam kurun waktu satu minggu kedepan, mata dunia akan tertuju ke Pantai Tanjung Setia, di Kecamatan pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung

    Hal tersebut dikarenakan sejak Senin (12/6/2023) hingga Minggu (18/6/2023) Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat bersama organisasi selancar dunia menggelar kejuaraan surfing Internasional World Surf League (WSL) Krui Pro QS5000.

    BACA JUGA: WSL Krui Pro 2023 Resmi Dibuka

    BACA JUGA: WSL Krui Pro Diprediksi Tarik Kunjungan Ribuan Wisatawan

    Gelaran WSL Krui Pro di Kabupaten Pesisir Barat tahun 2023 merupakan yang ke lima kalinnya, semenjak digelar pertama kali pada tahun 2017 lalu.

    Lokasi pehelatan akbar kelas dunia ini dilakukan di salah satu pantai yang ada di Kabupaten Pesisir Barat yaitu Pantai Tanjung Setia.

    Pantai Tanjung Setia ini, berada di Desa Tanjung Setia, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat.

    Pantai Tanjung Setiap dipilih oleh Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat dan organisasi selancar dunia sebagai lokasi kejuaraan surfing WSL Krui Pro QS500 karena karena ombaknya berbeda dengan pantai lainnya.

    Ombak di Pantai Tanjung Setia yang tinggi dan panjang menjadi salah satu alasan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat menetapkan Pantai Tanjung Setia Sebagai lokasi kejuaraan WSL Krui Pro.

    Bahkan ombak di pantai tersebut merupakan ombak terbaik ketiga di dunia, ketinggian ombak bisa mencapai tujuh meter dan panjangnya mencapai 300 meter tanpa putus hingga ke pinggir pantai.

    Lokasi menuju pantai sangatlah mudah untuk diakses.  Pantai Tanjung Setia terletak di dekat Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Tepatnya di Desa Tanjung Setia, Kecamatan Pesisir Barat, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung. 

    Untuk sampai di Pantai Tanjung Setia ini, wisatawan dapat menempuh perjalanan sekitar 6 – 8  jam dari Bandar Lampung menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi.

    Dari Bandar Lampung untuk menuju Pantai Tanjung Setia yang berada di pinggir jalan Lintas Barat Sumatera, bisa melewati jalan Lintas Barat Sumatera melalui Kota Agung, maupun melalui Lintas Tengah Sumatera kemudian melalui Kota Liwa.

    Selain melalui jalur darat, juga bisa melalui jalur udara yaitu dari Bandara Radin Inten II menuju Bandara Muhammad Taufik Kiemas yang berada di Pekon Seray, Kecamatan Pesisir Tengah dengan waktu tempuh hanya sekitar 45 menit.

    BACA JUGA: Bakal Rame, Ratusan Peselancar Ikuti WSL Krui Pro

    BACA JUGA: 7 Wisata Pantai di Krui Lampung

    Setelah dari Bandara Muhammad Taufik Kiemas kemudian dilanjutkan dengan jalur darat menuru Pantai Tanjung Setia. Hanya saja penerbangan dari Bandara Radin Inten II menuju Bandara Muhammad Taufik Kiemas ini tidak setiap hari.

    Saat tiba di Pantai Tanjung Setiap, sejumlah kegiatan bisa dilakukan wisatawan mulai dari bermani pantai, surfing atau selancar air, menikmati sunset ataupun kegiatan lainnya saat berada di pantai.

    Pantai Tanjung Setia juga telah dilengkapi sejumlah fasilitas penunjang lainnya, dan Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota tak perlu khawatir kalau ini bermalam karena banyak penginapan yang tersedia disepanjang Pantai Tanjung Setia.(*)