BLANTERORBITv102

    Dewi Coryati Gaungkan Kembali Gerakan Sadar Wisata

    Senin, 24 Juli 2023
    wisata curup
    Dewi Coryati bersama peserta Bimtek Gerakan Sadar Wisata

    SUDUTWISATA.COM- Anggota Komisi X DPR RI Dewi Coryati menggaungkan kembali gerakan sadar wisata kepada masyarakat dan pelaku wisata yang ada di Provinsi Bengkulu.

    Upaya Dewi Coryati untuk menggaungkan kembali gerakan sadar wisata tersebut yaitu dengan melaksanakan bimbingan teknis sadar wisata di Golden Rich 88 Hote Curup, Senin (24/7/2023).

    Kegiatan yang diikuti oleh puluhan masyarakat dan pelaku wisata di Kabupaten Rejang Lebong tersebut, dilaksanakan Dewi Coryati bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

    BACA JUGA: Dewi Coryati Dukung Pengembangan Desa Wisata

    BACA JUGA: Menparekraf Luncurkan TIC di Bandara DJJ Sentani

    "Saya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Gerakan Sadar Wisata. Kegiatan ini merupakan upaya dari Kemenparekraf/Baparekraf RI, dalam hal ini Direktorat Pengembangan SDM Pariwisata," sampai Dewi Coryati.

    Dengan kegiatan tersbeut, diungkapkan Dewi Coryati, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan tentang Sadar Wisata dan Pelayanan Prima bagi masyarakat Bengkulu guna mewujudkan SDM Pariwisata yang unggul dan berdaya saing.

    Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa, sadar wisata merupakan prinsip fundamental yang tak dapat diabaikan dalam pengembangan sektor pariwisata. 

    Menyadari akan keberagaman potensi dan kekayaan alam serta budaya Indonesia, sungguh penting untuk menyelaraskan langkah dan visi bersama dalam mewujudkan pariwisata yang berkelanjutan, berdaya saing, serta memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat setempat.

    " Betapa pentingnya peran masyarakat dalam mendukung dan menjadi bagian dari perkembangan sektor pariwisata di daerah Bengkulu," sampai Dewi Coryati.

    Kemudian melalui Gerakan Sadar Wisata, Dewi Coryati berharap masyarakat dapat memahami bahwa keramahan, kebersihan, dan pelayanan yang ramah adalah elemen penting dalam menciptakan pengalaman berwisata yang menyenangkan dan tak terlupakan bagi para wisatawan.

    Selanjutya ia menjelaskan kegiatan Bimtek Sadar Wisata yang dilaksanakan tersebut akan memberikan wawasan dan pengetahuan yang berharga bagi masyarakat Bengkulu tentang potensi wisata yang dimiliki, sehingga dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya melestarikan alam dan budaya setempat. "Kami berharap, gerakan ini tidak hanya menjadi momen berharga bagi masyarakat Bengkulu, tetapi juga dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah lain di seluruh Indonesia," harap Dewi Coryati.

    Dalam kesempatan ini Dewi Coryati dan panitia menghadirkan narasumber yang ahli dalam bidangnya yaitu, Riki Arswendi. Riki Arswendi ini merupakan ahli akan berbagi ilmu dan pengalamannya terkait sadar wisata dan pelayanan prima. 

    BACA JUGA: Kapal Pinisi Kenzo, Daya Tarik Baru di Danau Toba

    BACA JUGA: Menparekraf Ajak Masyarakat Dukung Putri Ariani

    Oleh karena itu ia berharap peserta harus sungguh-sungguh dalam menyimak paparan yang disampaikan, agar ilmu yang disampaikan dapat terserap dengan baik.

    Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, M Budianto dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada Dewi Coryati dan Kemenparekrat yang telah melaksanakan kegiatan Bimtek Sadar Wisata di Kabupaten Rejang Lebong.

    "terima kasih kepada Ibu Dewi Coryati dan Kementerian Pariwisata yang telah melaksanakan kegiatan Bimtek Sadar Wisata di Kabupaten Rejang Lebong ini," sampai Budi.

    Menurut Budi, kegiatan tersebut sangatlah bagus untuk perkembangan pariwisata di Kabupaten Rejang Lebong kedepannya. Karena menurutnya melalui kegiatan tersebut kapasitas dan kualitas sumber daya manusia wisata di Kabupaten Rejang Lebong akan meningkat.

    Peningkatan kualitas sumber daya manusia pariwisata di tersebut menurutnya juga akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat. Karena menurutnya sektor pariwisata merupakan salah satu motor penggerak ekonomi masyarakat.

    "Kalau pariwisata maju, ekonomi pasti maju karena wisata merupakan salah satu motor penggerak ekonomi," sampai Budi.(*)