BLANTERORBITv102

    Dewi Coryati Dukung Pengembangan Desa Wisata

    Sabtu, 17 Juni 2023

    Dewi Coryati
    Dewi Coryati bersama peserta kegiatan pengembangan desa wisata

    SUDUTWISATA.COM- Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PAN Dewi Coryati mendukung pengembangambang desa wisata yang ada di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.

    Salah satu bentuk dukungan yang dilakukan Dewi Coryati dalam pengembangan desa wisata di Rejang Lebong tersebut yaitu dengan menggelar kegiatan Forum Peningkatan Kualitas Tata Kelola dan Jejaring Desa Wisata.

    BACA JUGA: Menparekraf Ajak Masyarakat Dukung Putri Ariani

    BACA JUGA: 12 Tempat Wisata di Curup Bengkulu

    Kegiatan tersebut dilaksanakan di Golden Rich 88 Hotel Curup yang pada Sabtu (17/6/2023) dengan peserta adalah para penggiat wisata khususnya dari desa wisata.

    Tak hanya desa wisata yang ada di Rejang Lebong, dalam kegiatan tersebut juga diikuti oleh perwakilan dari sejumlah desa wisata yang ada di Kabupaten Kepahiang dan Lebong.

    Kegiatan Forum Peningkatan Kualitas Tata Kelola dan Jejaring Desa Wisata dilaksanakan Dewi Coryati bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia.

    "Kegiatan ini merupakan bentuk dorongan nyata dari saya untuk mengembangan desa wisata, sehingga mereka bisa menjadi desa wisata yang sesuai dengan undang-udang serta kriteria yang ditetapkan pemerintah," terang Dewi Coryati.

    Diungkapkan Dewi Coryati, pihaknya memilih Rejang Lebong sebagai lokasi dilaksanakan Forum Peningkatan Kualitas Tata Kelola dan Jejaring Desa Wisata karena Rejang Lebong memiliki desa wisata yang pada tahun 2022 lalu masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

    BACA JUGA: Paket Wisata Air Terjun Tri Sakti Bengkulu, Nomor 5 Wajib Dicoba

    BACA JUGA: Pesona Air Terjun Tri Sakti Bengkulu

    Desa di Rejang Lebong yang masuk dalam 50 besar penilaian ADWI 2022 tersebut adalah Desa Belitar Seberang yang ada di Kecamatan Sindang Kelingi.

    "Kita menginginkan Desa Belitar Seberang ini bisa menjadi trendsetter dan menarik desa wisata lainnya di Kabupaten Rejang Lebong ini," ungkap Dewi Coryati.

    Karena menurut Dewi Coryati, di Rejang Lebong saat ini sudah ada 26 desa yang telah ditetapkan sebagai desa wisata. Dengan kegiatan yang dilaksanakan tersebut, Dewi Coryati berhadap desa-desa wisata tersebut bisa menjadi seperti Desa Belitar Seberang.

    "saya juga berharap Desa Belitar Seberang role model bagi desa wisata lain yang ada di Rejang Lebong ini," harapnya.

    Dalam kesempatan tersebut, Dewi Coryati juga mengingatkan para pelaku wisata khususnya desa wisata yang ada di Kabupaten Rejang Lebong untuk berkolaborasi dengan desa wisata lainnya.

    Karena menurut Dewi Coryati dengan berkolaborasi tersebut maka desa wisata yang ada di Rejang Lebong akan tumbuh dan berkembang.

    BACA JUGA: 6 Air Terjun yang ada di Desa Belitar Seberang Bengkulu

    BACA JUGA: Air Terjun Tri Sakti Pukau Sandiaga Uno

    Untuk memaksimalkan hasil dari kegiatan, Forum Peningkatan Kualitas Tata Kelola dan Jejaring Desa Wisata pihaknya menghadirkan narasumber seorang dokter bidang wisata yang merupakan lulusan salah satu universitas di Prancis.(*)