BLANTERORBITv102

    Air terjun Weekacura, Serpihan Surga di Tengah Persawahan Sumba

    Senin, 28 Agustus 2023
    Air Terjun Weekacura
    Pesona Air Terjun Weekacura (instagram/@evan_sonlay)

    SUDUTWISATA.COM- Keindahan alam Sumba memang tak perlu dipertanyakan. Banyak pengunjung, baik lokal maupun internasional, yang datang untuk menjelajahi berbagai tempat menarik di Sumba.

    Daya tarik tambahan adalah lokasinya yang terletak di tengah-tengah lahan pertanian. Air Terjun Weekacura berada di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Tempat ini juga berdekatan dengan Waikelo Sawah, sebuah bendungan dan gua yang sama-sama berlokasi di area tersebut.

    BACA JUGA: Wisata Aik Nyet Sesaot, Pemandian di Tengah Hutan Lombok

    BACA JUGA: 7 Tempat Wisata di Ternate yang Wajib Dikunjungi

    Air terjun Weekacura memiliki keunikan dengan undakan yang memesona, meskipun tingginya tak lebih dari dua meter. Keelokannya tetap mengagumkan.

    Untuk mencapai Air Terjun Weekacura, pengunjung dapat menggunakan kendaraan bermotor sekitar 12 kilometer atau sekitar 40 menit dari Tambolaka, ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya. Harga tiket masuknya terjangkau, dengan pembayaran atas dasar kesukaan serta biaya parkir. Perlu diperhatikan bahwa di area Air Terjun Weekacura tidak ada pedagang makanan, sehingga para wisatawan diizinkan membawa bekal sendiri.

    Keelokan Air Terjun Weekacura menjadi daya pikat yang tak terbantahkan bagi para pelancong lokal maupun internasional yang datang berkunjung. Kehijauan air yang bening menambah daya tarik tak terlupakan dari Air Terjun Weekacura.

    Tak jarang para wisatawan yang datang ke Air Terjun Weekacura ingin mengabadikan momen-momen indah, terutama dengan mengambil foto dari ketinggian menggunakan drone.

    Lokasi air terjun ini yang terletak di tengah lahan pertanian berkontur tinggi menambahkan pesona tersendiri. Selama perjalanan menuju lokasi, para pengunjung memiliki kesempatan untuk singgah di Waikelo Sawah dan menikmati pemandangan sungai, sawah, serta gua dengan stalagmit dan stalaktit yang mereka lewati.

    Sangat dianjurkan untuk mengunjungi Air Terjun Weekucara bersama dengan pemandu wisata atau penduduk lokal. Ini akan membantu Anda mengetahui area-area yang aman untuk berenang dan menjelajahi.

    Sensasi berenang dalam suasana yang menakjubkan adalah pengalaman yang tak ternilai. Menikmati pemandangan panorama sawah sambil berenang di bawah naungan pohon-pohon adalah momen yang akan dikenang para pengunjung.

    BACA JUGA: Taman Langit Bukit Bengkaung, Tempat Wisata yang Lagi Ngehits di Lombok

    BACA JUGA: Keindahan Pantai Ngurbloat, Pantai Pasir Putih Terhalus di Dunia

    Kejernihan dan kehijauan air menciptakan keindahan yang luar biasa, terutama ketika diabadikan dalam foto. Air Terjun Weekucura memiliki ketinggian sekitar dua meter dengan kontur bertingkat.

    Permukaan air yang bening akan terlihat seperti kolam renang alami yang mengalir dari atas ke bawah. Ada banyak sudut fotogenik yang menarik untuk diabadikan dan dibagikan di platform media sosial.

    Pastikan Anda menggunakan alas kaki yang nyaman, karena ada batu-batu licin di sekitar air terjun.

    Nikmati keajaiban alam yang memukau dan bermainlah dengan kreativitas dalam mengambil foto-foto menawan di Air Terjun Weekacura. Pengalaman ini akan menciptakan kenangan tak terlupakan selama perjalanan Anda di Pulau Sumba.

    Itulah sedikit informasi tentang Air Terjun Weekacura, semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi wisatawan yang akan berkunjung ke tempat wisata yang eksotis ini.(*)