BLANTERORBITv102

    Danau Laguna Ternate, Danau Menakjubkan di Maluku Utara

    Minggu, 13 Agustus 2023
    Danau Laguna
    Danau Laguna Ternate (instagram/@ari_wibowo7512)

    SUDUTWISATA.COM- Pulau Ternate terkenal akan pesona alamnya yang memukau, meliputi gunung-gunung, danau-danau, dan pantai-pantai yang memikat hati. Dalam beragam pilihan tempat wisata yang tersedia, salah satu jenis destinasi menarik yang dapat dipilih adalah wisata danau. 

    Di Ternate, terdapat sebuah danau yang memiliki pesona indah dan karakter unik yang bernama Danau Laguna, juga dikenal dengan sebutan Danau Ngade. Seperti yang dapat disimpulkan dari namanya, Danau Ngade merupakan salah satu objek wisata danau di Ternate yang terletak di Desa Ngade, Kelurahan Fitu, Kota Ternate, di Provinsi Maluku Utara.

    BACA JUGA: Keindahan Pantai Ngurbloat, Pantai Pasir Putih Terhalus di Dunia

    BACA JUGA: Keindahan Danau Tendetung, Danau Unik di Banggai Kepulauan

    Apabila wisatawan berangkat dari pusat kota Ternate Selatan menuju Danau Laguna, perjalanan ini akan mencakup jarak sekitar 18 km atau sekitar 40 menit perjalanan dari Bandara Baabulah yang terletak di Kota Ternate. 

    Wisatawan dapat memilih rute melalui Jl. Kalumata Puncak atau menggunakan jalur kampus Unkhair. Akses ke Danau ini dapat dilakukan dengan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Alternatifnya, bagi yang tidak memiliki kendaraan pribadi, tersedia opsi sewa kendaraan dengan tarif berkisar antara Rp 100.000,- hingga Rp 150.000,- untuk perjalanan menuju lokasi.

    Untuk mencapai puncak Danau Laguna, pengunjung perlu berjalan kaki sejauh sekitar 500 meter dari area parkir. Meskipun terasa melelahkan, kelelahan itu akan tergantikan dengan pemandangan yang memukau dan akan membuat pengunjung terpesona.

    Danau Laguna Ngade dapat dikunjungi sepanjang pekan selama 24 jam, memungkinkan pengunjung untuk mengatur waktu kunjungan sesuai kesempatan yang dimiliki. Adapun tiket masuk yang diperlukan untuk menikmati keindahan Danau Laguna adalah sebagai berikut yaitu tiket masuk Rp 5.000,- per orang kemudian parkir kendaraan roda dua Rp 5.000,- per unit dan roda empat Rp 10.000,- per unit.

    Danau Laguna Ngade memiliki daya tarik yang luar biasa sebagai destinasi wisata. Keberadaannya yang berdekatan dengan laut memberikan pemandangan yang memukau. 

    Meskipun letaknya dekat dengan laut, Danau Laguna memiliki ciri unik dengan air tawar yang tidak asin seperti air laut pada umumnya. Danau ini, yang juga dikenal sebagai Danau Ngade, merupakan pilihan yang ideal bagi mereka yang mencari pengalaman wisata alam dengan suasana yang tenang.

    Bukan hanya sebagai tempat wisata dengan panorama yang indah dan menarik, Danau Ngade juga memiliki manfaat bagi penduduk setempat yang menggeluti budidaya ikan air tawar seperti nila dan gurame. 

    BACA JUGA: Pantai Ohoidertawun, Pantai Cantik di Maluku Tenggara

    BACA JUGA: Pesona Air Terjun Piala, Wisata Alam nan Eksotis di Luwuk

    Selain itu, air dari danau ini berperan penting dalam sistem pengairan di perkebunan yang dikelola oleh masyarakat di sekitar danau. Danau Ngade juga menjadi tempat pemancingan yang populer.

    Keistimewaan Danau Ngade terletak pada alaminya yang masih terjaga dengan sedikit campur tangan manusia. Karena alaminya tersebut, fotografer seringkali memburu momen untuk mengabadikan keindahannya. 

    Penduduk sekitar telah menyediakan lokasi tertentu di atas ketinggian danau sebagai spot terbaik untuk menikmati panorama sekitar. Dari sini, pengunjung dapat menikmati kecantikan danau, serta pemandangan laut yang luas dan pulau-pulau terdekat seperti Maitara dan Tidore yang gambarnya diabadikan di uang pencahan Rp 1.000,-.

    Danau Ngade terlihat imposan dengan air berwarna hijau kebiruan. Kontras antara danau ini dan laut biru di sekitarnya menciptakan pemandangan yang menakjubkan. Pemisah antara danau dan laut hanya terdiri dari sebidang tanah yang menjadi jalan raya.

    Ketika tiba di tepi Danau Ngade, terdapat restoran apung yang menyajikan hidangan khusus berbahan dasar ikan air tawar. Sambil menikmati pemandangan bukit hijau yang mengelilingi danau yang tenang, pengunjung dapat menikmati hidangan ikan tawar dengan bumbu khas sambal dabu-dabu, khas dari Kota Ternate. 

    Keindahan pemandangan sekitar Danau Laguna tak dapat diragukan lagi. Maka tak heran jika lokasi wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

    Melihat keajaiban alam yang diciptakan oleh Tuhan sambil didampingi oleh kicauan burung, tempat ini benar-benar cocok untuk merenung dan menenangkan diri. Semua kelelahan terasa sirna, digantikan dengan semangat yang segar.

    BACA JUGA: Benteng Kalamata, Peninggalan Portugis di Ternate

    BACA JUGA: Keindahan Danau Kaco, Serpihan Surga di Belantara Kerinci

    Berdiri di atas jembatan kayu, mengamati dari ketinggian perbedaan warna yang menakjubkan antara air Danau Laguna yang hijau dan air laut yang biru.

    Di wilayah sekitar Danau Laguna, terdapat area yang dijadikan spot foto dengan latar belakang keindahan danau dan alam sekitarnya. Beberapa spot foto termasuk sebuah gardu pandang berbentuk jembatan kayu dan juga ayunan tinggi yang memberikan sensasi ekstrim.

    Jembatan kayu ini memiliki kapasitas maksimal tujuh orang dalam satu waktu. Antrian panjang sering terjadi untuk berfoto di ayunan ini. Pengunjung bisa menikmati spot foto ini dengan membayar biaya sebesar Rp. 5.000,-.

    Setelah menikmati panorama alam Danau Laguna, tak ada salahnya untuk memuaskan perut dengan menikmati hidangan ikan bakar yang segar, disertai sambal dabu-dabu khas Ternate.

    Berbagai jenis ikan dapat dinikmati, yang berasal dari usaha budidaya warga di atas keramba. Beberapa jenis ikan tawar yang dibudidayakan termasuk ikan mas, nila, gabus, dan mujair.

    Menikmati hidangan ikan di sebuah restoran terapung, sambil menikmati keindahan sekitar dan berbincang dengan teman atau keluarga, merupakan pengalaman yang sangat berharga.

    Selain menikmati hidangan, pengunjung juga bisa membeli bibit ikan untuk dipelihara di rumah. Bibit ikan ini tersedia dengan harga Rp 70.000,- per kilogram.

    BACA JUGA: Keindahan Danau Paisupok, Danau Sebening Kaca di Banggai Kepulauan

    BACA JUGA: Taman Langit Bukit Bengkaung, Tempat Wisata yang Lagi Ngehits di Lombok

    Itulah sedikit informasi tentang Danau Laguna yang ada di Ternate Maluku Utara, semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi wisatawan yang akan berkunjung ke danau ini.(*)