BLANTERORBITv102

    Kuntum Farmfield, Wisata Edukasi di Bogor

    Kamis, 31 Agustus 2023
    kuntum farmfield bogor
    Kegiatan di Kuntum Farmfield (instagram/@kuntumfarmfield)

    SUDUTWISATA.COM- Jika dikatakan bahwa Bogor adalah kota yang memiliki jumlah tempat wisata alam yang paling melimpah, hal tersebut pastinya bukanlah pernyataan yang salah. Faktanya, kota ini memiliki berbagai destinasi alam yang sangat beragam. Mulai dari pegunungan, air terjun, hutan, taman wisata, hingga tempat-tempat wisata edukasi.

    Salah satu contoh tempat wisata edukasi di Bogor adalah Kuntum Farmfield. Tempat ini menganut konsep wisata edukasi pertanian atau agrowisata. Di sini, para pengunjung dapat merasakan pengalaman wisata yang menggabungkan berbagai aspek pertanian, peternakan, perkebunan, dan perikanan.

    BACA JUGA: Cimory Dairyland Puncak, Hadirkan Konsep Peternakan Eropa dan Amerika

    BACA JUGA: Bukit Bentang Land, Kabin Kayu Bergaya Skandinavia di Bogor

    Kuntum Farmfield memiliki fokus dalam mengembangkan metode pertanian organik, sesuai dengan moto mereka, yaitu back to nature (kembali ke alam), no chemical (tanpa bahan kimia) dan  and friendly environment (lingkungan yang ramah).

    Kuntum Farmfield, tempat wisata yang mengusung konsep agrowisata, berlokasi di Sindangrasa, Bogor Timur. Lebih tepatnya berada di Jalan Raya Tajur no. 291, Sindangrasa, Bogor Timur, Kota Bogor.

    Rute menuju Kuntum Farmfield sangatlah mudah dijangkau, karena tempat ini terletak dekat dengan pintu keluar tol Ciawi-Jagorawi. Jaraknya sekitar 62 km jika diukur dari pusat Kota Jakarta.

    Perjalanan ini biasanya memakan waktu sekitar satu setengah jam apabila lalu lintas berjalan lancar. Namun, jika kondisi lalu lintas sedang padat, perjalanan mungkin akan memakan waktu lebih dari 2 jam untuk mencapai destinasi wisata ini.

    Biaya tiket masuk Kuntum Farmfield memang cukup tinggi, yaitu sebesar Rp 40.000,- per orang. Namun, jika Anda datang dengan rombongan, Anda bisa mendapatkan harga lebih murah, yaitu Rp 35.000,- per orang.

    Meskipun tiket masuknya tergolong mahal, nilai tersebut sebanding dengan berbagai fasilitas yang telah disediakan oleh pihak Kuntum Farmfield untuk pengunjungnya. Sedangkan untuk jam buka sendiri, 

    Kuntum Farmfield buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Tempat ini cenderung lebih ramai pada akhir pekan dan hari-hari libur nasional.

    Kuntum Farmfield merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat cocok bagi siapa saja yang berencana berkunjung ke Bogor, Jawa Barat. Dengan suasana alam yang asri dan pemandangan hijau yang indah, tempat ini menjadi tempat yang ideal bagi wisatawan untuk menikmati waktu bersama teman-teman dan keluarga. Berbagai kegiatan menarik dapat dilakukan di sini, mulai dari memberi makan ternak hingga menunggang kuda. Kuntum Farmfield juga berfungsi sebagai sarana edukasi yang bermanfaat bagi semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

    BACA JUGA: 7 Tempat Wisata Kuliner di Puncak Bogor yang Hits

    BACA JUGA: Bobocabin Gunung Mas, Tempat Staycation di Puncak

    Kuntum Farmfield adalah salah satu alternatif destinasi wisata yang sempurna bagi keluarga yang ingin mengunjungi Bogor, Jawa Barat. Dengan panorama alam yang menakjubkan, pengunjung dapat mengeksplorasi berbagai aktivitas menarik, termasuk memberi makan ternak dan berinteraksi dengan hewan-hewan lainnya. Jika Anda ingin mengunjungi Kuntum Farmfield, Anda dapat datang langsung tanpa perlu melakukan reservasi terlebih dahulu.

    Di Kuntum Farmfield, pengunjung memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan berbagai jenis hewan. Beberapa aktivitas yang dapat dinikmati oleh individu di Kuntum Farmfield antara lain memberi makan kepada kambing, domba, sapi, kelinci, marmot, kerbau, dan unggas. Kemudian  memanen sayuran dan umbi-umbian, menanam padi, memancing, bermain game ikan, menunggang kuda dan melukis yang tersedia pada akhir pekan.

    Selain kegiatan perorangan, Kuntum Farmfield juga menyediakan fasilitas untuk kelompok pengunjung, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Terdapat berbagai paket rombongan yang tersedia di Kuntum Farmfield, seperti paket untuk anak TK, SD, SMP, SMA, acara Gathering, Meeting, dan Ulang Tahun. Dengan suasana yang terbuka, indah, dan sejuk, Kuntum Farmfield menjadi tempat yang ideal untuk belajar, bekerja, dan bersantai.

    kuntum farmfield bogor
    Kegiatan di Kuntum Farmfield (instagram@kuntumfarmfield)

    Kuntum Farmfield mengusung konsep yang unik dan menarik perhatian siapa saja yang mendengarnya. Terletak di dataran tinggi yang sejuk, tempat ini menawarkan berbagai kegiatan menarik.

    Pengunjung di Kuntum Farmfield dapat melihat dan merasakan secara langsung kegiatan bertani dan bercocok tanam. Mereka dapat mengamati proses dari penanaman benih hingga hasil panen sayur-mayur.

    Tempat ini juga menyediakan berbagai jenis hewan ternak yang menjadi komoditas peternakan di sana. Pengunjung dapat mengunjungi kandang-kandang hewan tersebut, termasuk Domba, Kambing, Sapi, Kerbau, dan Unggas. Ada juga hewan lain seperti Marmut, Kuda, Hamster, dan Kelinci. Berinteraksi dengan versi mini hewan ternak ini memberikan pengalaman yang menyenangkan, terutama bagi anak-anak. Pengunjung dapat memberi makan susu, rumput, dan pelet kepada hewan-hewan ini.

    BACA JUGA: Wisata Legok Jamboe, Wisata Alam Favorit di Bogor

    BACA JUGA: Punjul Hill Camp, Tempat Camping Seru di Bogor

    Pengunjung juga bisa belajar tentang bercocok tanam dengan berbagai jenis sayuran dan palawija. Salah satu kegiatan menarik di Kuntum Farmfield adalah panen sayur. Di sini, pengunjung dapat memanen sayuran organik langsung dari kebun Kuntum Farmfield. Selain itu, pengunjung juga dapat mengetahui proses budidaya sayuran dengan metode Aquaponik.

    Selain agrowisata, Kuntum Farmfield juga memiliki Kuntum Nurseries yang menyediakan berbagai jenis tanaman, perkakas taman, dan pupuk dengan harga terjangkau. Tanaman hias, tanaman buah, dan bunga tersedia di Kuntum Nurseries. Berbagai perlengkapan seperti pot, gunting, bibit, pupuk, dan lainnya juga dapat ditemukan di sini.

    Itulah informasi Kuntum Farmfield yang bisa kami berikan, semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi wisatawan yang akan berkunjung ke tempat wisata ini.(*)