BLANTERORBITv102

    Waykambang Edupark Batang, Taman Rekreasi di Jawa Tengah

    Rabu, 23 Agustus 2023
    waykambang edupark
    Obyek wisata Waykambang Edupark Batang (instagram@waykambang_official)

    SUDUTWISATA.COM- Bagi mereka yang menggemari liburan alam dengan suasana yang sejuk dan nyaman, Waykambang Edupark Batang mungkin dapat menjadi alternatif yang tepat untuk dinikmati bersama teman atau keluarga.

    Waykambang Edupark merupakan salah satu destinasi wisata di Batang, Jawa Tengah. Tempat ini menawarkan sebuah taman bermain yang terletak di atas bukit, memberikan pemandangan alam yang hijau dan menyegarkan. Dapat sangat disarankan untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman-teman.

    BACA JUGA: Havana Hills Cilacap, Wisata Kekinian di Jawa Tengah

    BACA JUGA: Pantai Madasari, Pantai Eksotis yang Tersembunyi di Pangandaran

    Way Kambang Edupark adalah destinasi wisata yang relatif baru dan telah menjadi daya tarik utama di Batang. Pembukaan dimulai pada akhir tahun sebelumnya, yaitu pada bulan November 2021. 

    Taman ini terletak di dataran hijau desa Selopajang Timur, memberikan pemandangan yang menyegarkan bagi mata. Dengan ini, pengunjung dapat menikmati udara segar dan keindahan luar ruangan yang menakjubkan di lokasi wisata ini.

    Sangat dianjurkan untuk mengunjungi tempat rekreasi Way Kambang ini, karena memiliki daya tarik unik. Selain menawarkan suasana yang nyaman dan menyenangkan bagi keluarga atau pasangan, tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan lokasi foto yang menarik. Ini merupakan pilihan yang tepat jika Anda mencari destinasi wisata di kota Batang.

    Anda akan menemukan beragam fasilitas menarik yang menanti Anda dan keluarga di tempat ini, seperti area bermain anak, tempat-tempat wisata khusus anak, taman bunga Hortasia, restoran, serta lokasi foto yang kekinian dan cocok untuk berbagi di Instagram.

    Selain itu, tersedia taman bermain alam yang sejuk dan hijau untuk anak-anak TK dan PAUD. Secara keseluruhan, tempat ini merupakan destinasi wisata yang baru dan sangat cocok untuk liburan keluarga, remaja, dan anak-anak.

    Waykambang Edupark ditemukan di lereng Gunung Kamulyan. Lokasinya terletak di Jalan Raya - Blado, Desa Selopajang Timur, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah.

    BACA JUGA: Pemandian Air Panas Guci, Wisata Relaksasi di Jawa Tengah

    BACA JUGA: Pesona Curug Cigangsa, Air Terjun Cantik di Sukabumi Jawa Barat

    Untuk sampai ke wisata Waykambang Edupark Selopajang Batang dari Alun-Alun Batang, Anda memiliki beberapa pilihan rute yang dapat diambil yaitu rute melalui Jl. Medono – Limpung wisatawan dapat mengambil rute ini dengan mengikuti Jl. Medono – Limpung dari Alun-Alun Batang. Ikuti jalan ini melewati wilayah tersebut hingga Anda mencapai lokasi Waykambang Edupark.

    Kemudian rute melalui Jl. Raya Pantura / Jl. Raya Tulis – Batang yaitu Jl. Raya Pantura atau Jl. Raya Tulis dari Alun-Alun Batang. Lanjutkan perjalanan di jalan tersebut hingga Anda tiba di lokasi Waykambang Edupark.

    Jarak dari Alun-Alun Kabupaten Batang Jawa Tengah ke Waykambang Edupark adalah sekitar 29 Kilometer, dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

    Selain itu, akses ke objek wisata ini dapat dilakukan oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, dan tersedia area parkir di seberang lokasi utama untuk memudahkan pengunjung.

    Harga tiket masuk ke Waykambang Edupark adalah sebesar Rp. 10.000,- per orang. Selain itu, untuk setiap wahana di dalam Waykambang Edupark juga memiliki harga tiket sebesar Rp. 10.000,- per orang.

    Jika Anda ingin mengakses wahana kolam renang di Waykambang Edupark, tiket masuknya juga seharga Rp. 10.000,-. Namun perlu diingat bahwa harga tiket ditempat wisata ini bisa saja berubah sesuai dengan waktu dan kebijakan pengelola.

    BACA JUGA: Glamping Merbabu 360, Tempat Camping dengan View 5 Gunung

    BACA JUGA: Pesona Situ Cipanten, Danau Dua Warna di Majalengka Jawa Barat

    Waykambang Edupark memiliki jam operasional mulai pukul 08.00 hingga 17.00. Jadi, pengunjung dapat mengunjungi tempat ini dari jam 8 pagi hingga 5 sore. Pastikan untuk memperhatikan jam buka ini saat merencanakan kunjungan Anda ke Waykambang Edupark.

    Waykambang Edupark Batang secara menyeluruh mengusung konsep wisata alam yang edukatif, khususnya dalam bidang agrowisata. Lokasi ini sangat mendukung konsep tersebut, terletak di kaki gunung dan di daerah pedesaan yang masih alami, dengan udara yang sejuk dan penduduk yang ramah.

    Di antara berbagai spot di Waykambang Edupark, selalu ada taman bunga yang indah yang diberkahi dengan jalur pejalan kaki yang tertata dengan baik dan bersih. Lokasi ini juga menawarkan banyak spot selfie yang menarik untuk berbagi di Instagram, dengan latar alam berupa bukit-bukit, sawah, dan taman bunga.

    Beberapa spot selfie yang populer di Waykambang Edupark meliputi Balon Udara dan Rumah Kayu, namun masih banyak spot selfie menarik lainnya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Waykambang Edupark Batang sangat cocok sebagai tujuan wisata keluarga yang memberikan pengalaman edukatif.

    Hal ini ditegaskan dengan adanya beberapa wahana permainan anak dan dua kolam renang khusus untuk anak-anak yang dilengkapi dengan fasilitas wahana air. Semua aspek ini menyumbang pada pengalaman wisata yang edukatif dan menyenangkan di Waykambang Edupark Batang.

    Fasilitas kuliner dengan tema Wonderland di Waykambang Edupark Batang memang tak perlu diragukan lagi. Keamanan dan kenyamanan pengunjung menjadi prioritas utama dalam penyediaan fasilitas-fasilitas ini. Beberapa fasilitas yang dapat dinikmati meliputitempat parkir yang luas untuk kenyamanan pengunjung.

    BACA JUGA: Watergong Klaten, Sungai Seribu Ikan yang instagramable

    BACA JUGA: Pesona Curug Ciastana, Air Terjun Menawan di Cianjur

    Kemudian toilet yang bersih dan nyaman, berbagai tempat foto menarik untuk mengabadikan momen spesial. Selanjutnya jet air dan wahana air lainnya yang memberikan kesegaran dan hiburan. Wahana khusus anak-anak untuk memberikan pengalaman bermain yang aman dan seru.

    Wahana untuk dewasa yang menawarkan tantangan dan hiburan, restoran untuk menyantap hidangan lezat dan memuaskan kelaparan, fasilitas masjid bagi pengunjung yang membutuhkan tempat beribadah.

    Pengelola Waykambang Edupark Batang telah dengan baik menyediakan berbagai fasilitas ini dan masih banyak lagi untuk memastikan pengunjung merasa puas dan nyaman selama kunjungan mereka.

    Berikut adalah beberapa tips wisata yang bisa menjadi referensi saat berlibur ke Waykambang Edupark Batang:

    1. Pilih Waktu Pagi

    Waktu paling direkomendasikan untuk menghabiskan hari libur di Waykambang Edupark adalah pagi hari. Pagi biasanya cuaca masih segar dan tempat akan lebih sepi, memberikan pengalaman yang lebih tenang.

    2. Periksa Cuaca

    Pastikan cuaca cerah ketika Anda berencana mengunjungi Waykambang Edupark. Cuaca yang cerah akan membuat pengalaman liburan lebih menyenangkan.

    3. Ajak Orang Tersayang

    Undang orang yang Anda sayangi untuk bergabung dalam liburan ke Waykambang Edupark. Pengalaman berbagi momen dengan orang terdekat akan membuat liburan menjadi lebih berarti.

    4. Siapkan Kamera

    Pastikan Anda membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen indah selama liburan. Waykambang Edupark memiliki banyak spot foto yang menarik dan instagenic.

    BACA JUGA: Keindahan Situ Cicerem, Telaga Biru nan Indah di Kuningan

    BACA JUGA: Pesona Curug Ngebul, Keindahan Tersembunyi di Cianjur

    5. Jaga Kebersihan dan Fasilitas

    Tetap menjaga kebersihan alam dan fasilitas di dalam Waykambang Edupark. Hindari merusak lingkungan sekitar dan gunakan fasilitas dengan baik.

    6. Berhati-hati dan Patuhi Aturan

    Selalu berhati-hati saat berlibur, terutama jika Anda mengunjungi area-area yang memerlukan perhatian khusus seperti kolam renang atau wahana. Patuhi aturan dan petunjuk yang diberikan oleh pengelola.

    Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat lebih menikmati liburan di Waykambang Edupark Batang dengan penuh keamanan dan kesenangan.

    Itulah informasi tentang obyek wisata Waykambang Edupark yang ada di Batang Jawa Tengah. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu wisatawan yang akan berkunjung ke tempat wisata ini.(*)