BLANTERORBITv102

    Pesona Ombak Pesisir Barat, Surganya Peselancar Dunia

    Kamis, 11 Mei 2023

    wisata krui
    Peselancar tengah mmenikmati ombak pesisir barat

    SUDUTWISAT.COM- geografis Kabupaten Pesisir barat (Pesbar) yang berbatasan langsung dengan samudera hindia di sebelah barat membuat perairan laut kabupaten setempat menjadi tujuan wisatawan mancanegara untuk berburu ombak.

    Kabupaten Pesbar memiliki garis pantai sepanjang 210 kilo meter yang terbentang dari perbatasan dengan provinsi Bengkulu hingga perbatasan dengan Kabupaten Tanggamus. Dengan panjang garis pantai tersebut terdapat sejumlah lokasi surfing yang sering disambangi wisatawan mancanegara.

    BACA JUGA: 7 Wisata Pantai di Krui Lampung

    Spot surfing tersebar di sejumlah kecamatan mulai dari Kecamatan Lemong di Pekon Penengahan, Pesisir Utara di Pekon Negeri Ratu, Pesisir Tengah Pantai Labuhan Jukung, Krui Selatan Pantai Mandiri hingga Kecamatan Pesisir Selatan di Pantai Tanjung Setia dan Pantai Way Jambu

    Pantai Tanjung Setia, merupakan salah satu spot surfing terbaik di dunia karena menjadi lokasi gelaran liga surfing dunia WSL Krui Pro, bahkan menteri pariwisata dan ekonomi kreatif Sandiaga Salahudin Uno menilai Ombak Tanjung Setia merupakan yang terbaik di Indonesia dan lokasi surfing kelas dunia.

    Ombak di pantai tanjung setia ketinggiannya bisa mencapai enam hingga tujuh meter bahkan panjang ombaknya bisa mencapai 200 meter dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pelancong dunia yang hobi bermain surfing.

    BACA JUGA: 8 Pantai Terindah di Kaur Bengkulu

    Pantai Mandiri merupakan salah satu lokasi yang paling banyak disambangi wisatawan mancanegara untuk bermain surfing, ombak yang besar dan saling bersahutan serta lokasi pantai berpasir menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

    Pantai Labuhan Jukung yang berada di pusat Kota Krui menjadi salah satu lokasi surfing yang banyak di sambangi peselancar dunia, terdapat dua lokasi surfing di pantai tersebut yakni Krui left dengan gulungan ombak ke kiri dan Krui Right denga gulungan ombak ke kanan. Dipantai ini juga sering menjadi lokasi peselancar pemula untuk belajar dan berlatih.

    Pantai Pugung tampak atau Jenny’s right yang berada Pesisir Utara, gulungan ombak di pantai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi peselancar dunia bahkan tidak sedikit wisatawan yang jauh-jauh datang ke pantai tersebut.

    BACA JUGA: 14 Tempat Wisata yang ada di Lampung Barat

    Pantai pugung penengahan atau Jimmy’s menjadi lokasi surfing favorit peselancar dunia karena memiliki ombak yang besar sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi peselancar dunia, apalagi untuk datang ke lokasi tersebut haru menempuh perjalanan selama 45 menit dan waktu yang tepat untuk bermain surfing saat pagi hari.

    Pantai Way Jambu gulungan ombak yang besar menjadi pilihan tersendiri bagi peselancar dunia, karena lokasinya yang tidak jauh dari pantai tanjung setia menjadi pilihan lain bagi para peselancar.(*)