BLANTERORBITv102

    Pesona Curug Citambur di Cianjur Selatan

    Kamis, 08 Juni 2023

    Curug Citambur
    Curup Citambur (Instagram/@_kopites_man)

    SUDUTWISATA.COM- Pesona Curug Citambur bisa menghipnotis para pengunjung yang mendatangi air terjun yang berada di Kecamatan Cianjur Selatan Kabupaten Cianjur ini.

    Curug Citambur yang memiliki ketinggian sekitar 130 meter tersebut meiliki dua tingkatan yang indah dan dilindungi oleh tebing yag tinggi nan kokoh. Belum lagi alam disekitarnya yang masih asri membuat air terjun ini semakin indah.

    BACA JUGA: Pesona Curug Sanghyang Taraje Garut

    Curug Citambur ini berada di Desa Karangjaya Kecamatan Pasir Kuda, Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. Lokasinya berada sekitar 32 KM dari Kota Cianjur dan 72 KM dari Kota Bandung.

    Bila dari Kota Badang, untuk menuju Curug Citambur, wisatawan bergerak melalui kawasan Ciwidey, kemudian setelah tiba di perkebunan Teh Racabali akan bertemu pertigaan jalan.

    Di pertigaan jalan ini tersebut beloklah ke sebelah kanan. Setelah itu wisatawan akan menemukan perjalanan khas di perbukitan yang dipenuhi dengan keokan dan turunan yang tajam.

    Untuk kondisi jangan wisatawan tak perlu khawatir, karena jalannya sudah sangat bagus sehingga sangat mudah untuk dilalui.

    BACA JUGA: Curug Malela, The Little Niagara di Bandung

    Akses menuju air terjun ini sudah bisa menggunakan mobil hingga ke parkiran yang disediakan pengelola, sehingga wisatawan tak perlu bersusah payah untuk menuju air terjun ini.

    Curug Citambur sendiri, buka selama 24 jam penuh setiap harinya dengan tiket masuk sebesar Rp 10 ribu per orang dan parkir kendaraan Rp 2 ribu untuk kendaraan roda dua dan parkir mobil Rp 5 ribu untuk kendaraan roda empat.

    Fasilitas yang tersedia di Curup Citambur ini mulai dari area parkir, toilet, mushola, spot foro hingga warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman untuk pengunjung.

    Selain fasilitas tersebut, di kawasan wisata Curug Citambur ini pengelola sudah juga menyiapkan sejumlah spot foto yang bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan.

    BACA JUGA: Air Terjun Tumpak Sewu, Serpihan Surga di Jawa Timur

    Spot foto yang tersedia tersebut mulai dari rumah hobbit, rumah pohon, gardu pandang dengan latar Curug Citambur serta sejumlah spot foto lainnya.

    Penamaan Curug Citambur sendiri terdiri dari dua kata yaitu Ci dan Tambur. Ci sendiri memiliki arti air sedangkan Tambaur adalah alat musik pukul yang bernama Tambur.

    Penamaan Citambur pada air terjun ini, karena suara air yang jatuh menimbulnyakan suara laksanakan suara tambur yang tengah ditabuh.

    Cerita lain dari nama Citambur sendiri, menurut cerita masyarakat sekitar, kawasan air terjun ini dulunya sering dijadika lokasi mandi oleh Prabu Tanjung Anginan, dimana dalam perjalanan menuju lokasi air terjun, para pengawalnya menabuh tambur.(*)