BLANTERORBITv102

    Pesona Curug Sanghyang Taraje Garut

    Selasa, 23 Mei 2023

    wisata garut
    Curug Sanghyang Taraje Garut (Instagram@@rhivin_geovan)

    SUDUTWISATA.COM- Pesona Air Terjun atau Curug Sanghyang Taraje akan memanjakan mata wisatawan yang berkunjung.

    Curug Sanghyang Taraje berada di Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut. Lokasi Curug Sanghyang ini sekitar 51 KM dari Kota Garut ibu Kota Kabupaten Garut.

    Curug Sangyang Taraje berada di lembah yang dikelilingi perbukitan hijau nan asri, air terjun ini tampak terbingkai dalam lukisan alami yang indah. Meskipun berada di lembah dan perbukitan, namun akses menuju air terjun ini sudah sangat mudah.

    BACA JUGA: Air Terjun Tumpak Sewu, Serpihan Surga di Jawa Timur

    Curug Sangyang Taraje atau Air Terjun Sangyang Taraje memiliki ketinggian 82 meter dan berada di ketinggian 660 meter diatas permukaan laut (mdpl). Kawasan air terjun ini dikelola oleh Perhutani 

    Saat musim kemarau, debit air dari Curug Sanghyang Taraje ini lebih kecil namun mengalir dengan jernih. Kemudian saat musim hujan debit airnya meningkat dengan warna yang agak keruh.

    Kata Sanghyang yang digunakan dalam nama air terjun ini merupakan panggilan kehormatan untuk Raza maupun dewa pada zaman dahulu. Sedangkan Taraje merupakan bahasa Sunda yang berarti tangga. Sehingga Sangyang Taraje memiliki maksa secara umu ada tangga yang digunakan dewa-dewa untuk menuju kayangan.

    Penamaan air terjun ini menjadi Curug Sangyang Taraje juga tidak terlepas dari legenda masyarakat sekitar. Dimana masyarakat mempercayai bahwa air terjun ini dulunya digunakan Sangkuriang sebagai tangga untuk mengambil bintang di langit. Bintang tersebut merupakan permintaan dari sang kekasih Dayang Sumbi yang ternyata merupakan ibu kandungnya.

    BACA JUGA: Curug Malela, The Little Niagara di Bandung

    Selain itu, di kawasan Curug Sanghyang Taraje juga terdapat tapak raksasa. Tapak tersebut juga diyakini sebagai tapak Sangkuriang. Kemudian juga terdapat baru di bawah air terjun, batu tersebut juga diyakini sebagai tempat Sangkuriang menyimpan bintang yang sebelumnya ia ambil. Keberadaan batu tersebut dijaga oleh belut raksasa.

    Sementara itu untuk masu ke kawasan wisata ini, wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp 10.000 per orang dengan parkir kendaraan doa empat Rp 5.000 dan kendaraan roda dua Rp 2.000. 

    Sedangkan untuk fasilitas yang tersedia mulai dari warung-warung yang menyediakan makanan di gerbang masuk Curug Sanghyang Taraje.

    BACA JUGA: Air Terjun Ponot, Air Terjun Tertinggi di Indonesia

    Kemudian fasilitas lain adanya bangku dan gazebo di kawasan air terjun, serta jalan menuju lokasi sudah di semen sehingga semakin membuat nyaman pengunjung.(*)