BLANTERORBITv102

    Telaga Saat Puncak, Tempat Wisata yang Meneduhkan di Bogor

    Senin, 31 Juli 2023
    Telaga Saat Puncak
    Keindahan Telaga Saat Puncak Bogor (instagram/@dwikhimatullist)

    SUDUTWISATA.COM- Kawasan Puncak Bogor menjadi incaran utama para wisatawan, terutama bagi penduduk ibu kota yang menginginkan suasana tenang dan pemandangan yang indah dan hijau. 

    Tempat ini menyediakan beragam pilihan destinasi wisata yang menarik. Di antara opsi-opsi tersebut, Telaga Saat Puncak Cisarua bisa dianggap sebagai salah satu rekomendasi yang paling menarik untuk dikunjungi.

    BACA JUGA: Sky Land Malang, Tawarkan Keindahan Malang dan Batu dari Ketinggian

    BACA JUGA: Pesona Curug Cikanteh, Air Terjun 3 Tingkat di Sukabumi

    Kawasan wisata Telaga Saat memiliki daya tarik yang luar biasa, terutama karena panorama alamnya yang menakjubkan dan menenangkan mata. Di setiap pandangan, Anda akan disuguhi dengan pemandangan vegetasi hijau yang subur yang bertemu dengan langit biru yang cantik.

    Namun, pesona alam bukanlah satu-satunya alasan mengapa para wisatawan menyukai kunjungan ke tempat ini. Faktor pendukung lainnya adalah ketersediaan fasilitas yang lengkap, yang semakin mendorong semangat mereka untuk berlibur di kawasan Puncak ini.

    Telaga Saat Puncak terletak di Kampung Cibulao RT 02 RW 06, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Puncak, Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat.

    Sebelum mencapai area wisata, sebaiknya diingat bahwa akses jalannya sangat buruk dan mungkin memerlukan perjalanan lebih lama. Oleh karena itu, dianjurkan untuk memeriksa kondisi kendaraan Anda sebelum berwisata ke tempat ini.

    Untuk kenyamanan dan efisiensi perjalanan dalam hal biaya, waktu, dan tenaga, disarankan untuk menggunakan jasa rental mobil Bogor dengan supir.

    Jika Anda berangkat dari Jakarta, Anda dapat mencapai tempat wisata ini melalui gerbang tol Jagorawi atau Gadog. Setelah itu, Anda dapat mengikuti arahan dari Google Maps untuk menuju ke kawasan Puncak Bogor.

    Anda akan melanjutkan perjalanan lurus sampai bertemu dengan MelRimba. Selanjutnya, belok kiri dan dari titik tersebut, Anda sudah hampir mencapai lokasi Telaga Saat Puncak.

    BACA JUGA: Benteng Kalamata, Peninggalan Portugis di Ternate

    BACA JUGA: Dusun Camp Riverside, Tempat Glamping Terlengkap di Pagar Alam

    Kawasan objek wisata Telaga Saat Puncak buka setiap hari, termasuk hari Minggu dan hari libur nasional. Waktu operasionalnya dimulai dari jam 07.30 pagi hingga 18.00 sore.

    Karena kawasan ini cenderung sangat ramai pada hari libur, kami menyarankan Anda untuk berkunjung di hari-hari selain hari libur untuk mendapatkan pengalaman yang lebih tenang dan nyaman.

    Untuk bisa menikmati keindahan Telaga Saat Puncak, wisatawan tak perlu merogoh kocek yang dalam karena tiket masuk ke kawasan ini hanya Rp 10.000,- per orang. Kemudian parkir kendaraan roda dua maupun roda empat Rp 5.000,- 

    Perlu diingat bahwa tarif ini bersifat fleksibel dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dari pihak pengelola. Biaya masuk tersebut mencakup akses penggunaan wahana, gazebo, dan toilet di kawasan Telaga Saat Puncak. Sehingga, pengunjung dapat menikmati fasilitas-fasilitas tersebut tanpa biaya tambahan setelah membayar tiket masuk.

    Telaga Saat Puncak adalah destinasi wisata yang menarik dengan suasana yang sering ditutupi oleh kabut yang indah di kawasan wisata Puncak Bogor. Awalnya, tempat ini hanya merupakan sebuah telaga biasa dan tidak banyak orang yang mengetahui keindahannya.

    Hal ini dapat dimaklumi karena lokasi telaga ini tersembunyi di tengah gugusan perbukitan hijau dan perkebunan teh yang sangat luas.

    Namun, sejak sekitar tahun 2018, tepatnya pada tanggal 28 Oktober, nama Telaga Saat Puncak mulai populer setelah diresmikan sebagai objek wisata alam. Sejak saat itu, daya tariknya semakin dikenal dan banyak pengunjung yang tertarik untuk menjelajahi keindahan alami tempat ini.

    BACA JUGA: Keindahan Danau Kaco, Serpihan Surga di Belantara Kerinci

    BACA JUGA: Pesona Air Terjun Sipiso Piso, Destinasi Andalan Sumatera Utara

    Telaga Warna Puncak menawarkan keistimewaan dengan panorama alam yang lengkap, mencakup gunung, bukit, kebun teh, dan petak-petak sawah milik warga. Suasana di sana sangat sejuk dan pemandangannya begitu asri serta alami. Keindahan panorama seperti ini jarang dijumpai oleh wisatawan dari kota-kota besar.

    Karena keunikan dan daya tariknya, banyak wisatawan yang rela menggunakan layanan paket wisata Bogor dengan harga yang terjangkau khusus untuk mengunjungi tempat ini.

    Dengan demikian, mereka bisa menikmati pengalaman liburan yang menyenangkan dan menikmati semua pesona alam yang ditawarkan oleh Telaga Warna Puncak.

    Keindahan panorama alam akan semakin memikat saat kabut turun ke area Telaga Warna Puncak. Saat itu, permukaan air telaga akan menjadi samar-samar dan terlihat bergelombang lembut akibat hembusan angin pegunungan. Pengalaman ini memang sangat langka dialami oleh wisatawan, kecuali mereka hadir di tempat ini sejak pagi buta.

    Hanya mereka yang datang pagi-pagi akan beruntung menyaksikan momen magis tersebut. Kehadiran kabut dan gelombang lembut pada telaga menciptakan pemandangan yang begitu memukau dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung.

    Kawasan Telaga Saat Puncak telah mendapatkan banyak perhatian sejak pertama kali dibuka, karena memiliki beragam daya tarik yang menarik. Salah satunya adalah beragam spot wisata yang menarik serta suasana khas alam Puncak Bogor.

    Puncak Bogor memang terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri. Di sekitar kawasan Telaga Saat Puncak, terdapat kebun teh yang bisa dikunjungi oleh para pengunjung. Kebun teh ini menawarkan kesempatan untuk lebih memahami tentang tanaman teh.

    BACA JUGA: Danau Love, Danau unik di Sentani Jayapura Papua

    BACA JUGA: Pulau Derawan, Serpihan Surga di Timur Kalimantan

    Area perkebunan teh ini juga sangat cocok sebagai latar untuk berfoto, yang nantinya dapat diunggah ke media sosial. Selain berfoto-foto, mengunjungi perkebunan teh juga memberikan pengalaman edukatif bagi para wisatawan.

    Para pengunjung dapat memperoleh pengetahuan baru tentang proses penanaman, perawatan, dan proses pemanenan daun-daun teh berkualitas. Anda juga bisa menyaksikan langsung proses pembuatan produk teh dari daun-daun teh yang baru saja dipanen. 

    Produk teh tersebut dapat menjadi oleh-oleh yang menarik selain oleh-oleh khas Bogor berupa makanan kering. Dengan begitu, pengalaman berkunjung ke kawasan ini menjadi lebih berkesan dan bermanfaat bagi wisatawan.

    Pemandangan alam di sekitar objek wisata alam ini menjadi daya tarik utama yang tak terbantahkan. Para wisatawan akan merasa segar kembali dengan keindahan alam yang disajikan di tempat ini.

    Kebun teh yang luas dan hijau tampak teratur dan terawat dengan baik. Selain itu, hiasan alam berupa barisan bukit dan gunung yang mengelilingi kebun teh menambah keindahan panorama ini.

    Pemandangan alam yang begitu asri seperti ini sudah menjadi langka di zaman sekarang. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak orang datang dan mengabadikan momen di sini menggunakan smartphone mereka.

    Hasil unggahan foto-foto ini pun menjadi sangat menakjubkan, seakan-akan diambil oleh seorang fotografer profesional. Keindahan alam yang disajikan di objek wisata ini memberikan pengalaman visual yang luar biasa dan hasil fotonya tidak kalah indahnya dengan karya fotografer berpengalaman.

    BACA JUGA: Krakatau Park Lampung, Taman Hiburan Terbesar di Lampung

    BACA JUGA: 10 Destinasi Wisata Terbaik di Aceh yang Wajib Anda Kunjungi

    Ternyata, daya tarik lain yang menarik di tempat wisata ini adalah jembatan gantung. Saat berjalan di atas jembatan gantung ini, Anda akan merasakan sensasi mendebarkan karena di bawah jembatan terdapat telaga yang penuh air.

    Jika Anda ingin mendapatkan foto-foto berkualitas, Anda dapat meminta bantuan fotografer yang tersedia di sana. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan jasa fotografer ini biasanya memerlukan biaya dengan tarif tertentu.

    Jika Anda ingin lebih hemat, Anda tetap bisa mengambil foto-foto dengan menggunakan smartphone atau kamera pribadi Anda. Dengan begitu, Anda tetap dapat mengabadikan momen-momen berharga tanpa perlu merogoh kocek tambahan untuk jasa fotografer.

    Pengalaman seru lainnya yang dapat dinikmati di tempat wisata ini adalah mengunjungi spot wisata paling favorit, yaitu wahana balon udara. Anda dapat menaiki balon udara ini untuk tujuan berfoto dan menikmati pemandangan dari ketinggian.

    Tidak perlu khawatir karena naik ke balon udara ini tidak sulit, karena telah disediakan anak tangga yang memudahkan wisatawan naik ke dalam kabin balon udara.

    Dengan berada di atas wahana ini, hasil foto Anda akan menjadi lebih estetik karena menampilkan visual balon udara raksasa dengan latar belakang pemandangan pegunungan yang indah. Sensasi naik balon udara ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan momen berfoto yang sangat menarik bagi para pengunjung.

    Wahana ayunan di tempat wisata ini bukanlah ayunan biasa, melainkan ayunan yang memiliki jangkauan ayunan yang jauh lebih lebar dibandingkan dengan ayunan biasa.

    Saat Anda berayun dengan wahana ini, Anda akan merasakan sensasi berayun yang lebih ekstrem dan dapat menyaksikan keindahan seluruh area bukit dari ketinggian, karena jangkauan ayunan yang lebih luas dan tinggi dari wahana ini. 

    BACA JUGA: Keindahan Danau Paisupok, Danau Sebening Kaca di Banggai Kepulauan

    BACA JUGA: Pantai Pulot, Pantai yang Tengah Viral di Aceh

    Pengalaman berayun dengan pemandangan alam yang menakjubkan ini tentu akan memberikan momen yang tak terlupakan bagi para pengunjung.

    Wisata telaga alami ini memang menyediakan fasilitas-fasilitas dasar yang mencukupi untuk kenyamanan pengunjung. Meskipun tidak banyak fasilitas tambahan, namun ada beberapa yang dapat membantu pengunjung merasa nyaman selama berkunjung.

    Salah satunya adalah fasilitas jalan setapak yang telah diberi lapisan konblok, sehingga memudahkan pengunjung untuk berjalan-jalan dan menikmati pemandangan. Jalan setapak ini menghubungkan berbagai area penting, termasuk gazebo dan wahana-wahana di tempat ini, serta menuju pintu masuk dan tempat parkir.

    Meskipun fasilitas tempat parkir terkesan sederhana dan terbatas, hal ini mungkin disebabkan oleh lokasi yang berada di area bukit. Namun, Anda tetap dapat menemukan warung-warung makan yang menyajikan berbagai menu makanan khas Bogor yang terkenal. Meski sederhana, warung-warung ini menawarkan pilihan makanan yang lengkap sehingga pengunjung dapat menikmati hidangan khas Bogor yang mereka sukai.

    Meskipun akses fasilitas mungkin belum maksimal, keunggulan tempat wisata alam ini terletak pada keindahan alamnya dan pilihan makanan khas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung.

    Itulah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan tentang Telaga Saat Puncak, Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi wisatawan yang ingin berwisata ke tempat ini.(*)