BLANTERORBITv102

    Pesona Curug Cikanteh, Air Terjun 3 Tingkat di Sukabumi

    Jumat, 28 Juli 2023
    Curug Cikanteh
    Pesona Curug Cikanteh, Sukabumi, Jawa Barat (instagram/@indoflashlightjabar)

    SUDUTWISATA.COM- Sukabumi, sebuah kabupaten di Jawa Barat, menawarkan beragam potensi wisata yang patut dikunjungi.

    Apabila Anda berencana untuk mengunjungi Sukabumi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi kawasan Geopark Ciletuh. Kawasan ini dapat diakses dari Jakarta dengan waktu perjalanan sekitar 7-8 jam.

    Geopark Ciletuh merupakan wilayah wisata yang sangat luas, dan kini telah menjadi Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu yang meliputi 8 kecamatan dengan total luas mencapai 1.261 km2.

    BACA JUGA: Curug Malela, The Little Niagara di Bandung

    BACA JUGA: Pesona Air Terjun Ulu Suliti, Keindahan Tersembunyi di Solok Selatan Sumatera Barat

    Terdapat lebih dari 50 tempat objek wisata yang dapat dinikmati di Sukabumi. Salah satu lokasi wisata yang wajib dikunjungi adalah Curug Cikanteh. Curug Cikanteh terletak di kawasan Ciletuh Geopark, dengan alamat di Dusun Cikanteh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

    Untuk mencapai Curug Cikanteh dari pusat Kota Sukabumi, Anda perlu mengemudikan kendaraan menuju Ciemas melalui Cimanggu. Perjalanan ini diperkirakan memakan waktu sekitar 3 jam.

    Setelah tiba di pusat Kecamatan Ciemas, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Dusun Cikanteh yang diperkirakan memakan waktu sekitar 1 jam. Sebagian besar jalan dari Ciemas menuju Cikanteh sudah beraspal.

    Sebelum mencapai area parkir di objek wisata Curug Cikanteh, para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam sekitarnya yang memukau.

    Namun, untuk menikmati keindahan Curug Cikanteh, Anda harus menghadapi perjalanan yang tidak mudah. Anda akan melewati jalur menanjak dengan medan yang cukup menantang.

    Sebelum mencapai Curug Cikanteh, para pengunjung akan melewati jalur trekking menuju sebuah curug lain yang bernama Curug Sodong.

    Nama "Sodong" berasal dari cekungan air terjunnya yang menyerupai sebuah goa, sehingga sulit bagi orang untuk berenang ke permukaan.

    Setelah melewati Curug Sodong, Anda harus melanjutkan perjalanan ke arah atas, karena Curug Cikanteh terletak di atas Curug Sodong.

    BACA JUGA: Pesona Curup Cikaso, Keindahan Tersembunyi di Sukabumi Jawa Barat

    BACA JUGA: Air Terjun Tumpak Sewu, Serpihan Surga di Jawa Timur

    Sebelum memulai perjalanan, Anda akan diminta untuk mengisi sebuah buku tamu. Setelah itu, perjalanan trekking dimulai dengan jalur menanjak. Pada awalnya, jalanan cukup mulus, kemudian sedikit berbatu tetapi masih aman untuk dilalui.

    Kemudian, jalur setapak akan berubah menjadi tanah liat. Selanjutnya, Anda harus melewati sebuah jembatan yang terbuat dari bambu. Saat menyeberang jembatan ini, Anda perlu sangat berhati-hati.

    Setelah melewati jembatan, Anda akan melewati aliran sungai yang tidak terlalu deras, dan itu menandakan bahwa lokasi Curug Cikanteh sudah tak lama lagi akan Anda temui.

    Rasa lelah dari perjalanan akan sedikit terobati oleh kehadiran pepohonan yang rindang dan udara yang sejuk. Sepanjang perjalanan, kita akan merasa seolah-olah menembus keindahan alam menuju sebuah nirwana.

    Pemandangan alam yang mempesona akan disajikan di depan mata, dengan pemandangan yang indah sejauh mata memandang. Selama trekking, para pelancong bisa mengambil foto selfie untuk mengabadikan momen tersebut.

    Setelah sampai di lokasi utama, mata akan dimanjakan dengan kehadiran sebuah air terjun yang menakjubkan. Inilah tujuan utama perjalanan Anda, Curug Cikanteh.

    Curug Cikanteh mendapatkan namanya dari Sungai Cikanteh, yang menjadi sumber airnya. Faktanya, area Curug Cikanteh memiliki tiga tingkatan air terjun, masing-masing dengan nama yang berbeda.

    Air terjun paling bawah dinamakan Curug Sodong Kembar, dan lokasinya berada di tepi jalan raya, sehingga mudah dijangkau dan dinikmati. Air terjun kedua dinamakan Curug Cikanteh, memiliki ketinggian 60 meter, dan menghasilkan debit air yang cukup deras.

    BACA JUGA: Pesona Curug Sanghyang Taraje Garut

    BACA JUGA: Air Terjun Telaga Biru, Surga Tersembunyi di Lumajang

    Tingkat paling atas dari Curug Cikanteh adalah Curug Ngelay, memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Akses menuju curug ini sangat berbahaya, sehingga jarang dikunjungi. Meskipun demikian, kita masih dapat menyaksikannya dari bawah.

    Air yang mengalir dari Curug Ngelay sangat jernih, bersih, dan menyegarkan. Air ini mengalir dari tempat yang tinggi kemudian kembali mengalir ke air terjun yang berada di bawahnya.

    Curug Cikanteh memiliki bentuk yang berundak-undak dan sangat indah. Keindahannya diperkaya dengan aliran air berwarna putih yang mengalir di antara tebing berwarna coklat.

    Dibawah Curug Cikanteh terdapat sebuah kolam alami yang berfungsi sebagai tempat menampung curahan airnya. Kolam ini menjadi tempat di mana pengunjung dapat menikmati kesegaran air dari Curug Cikanteh secara langsung.

    Anda dapat merasakan kesegaran airnya dengan berendam atau bermain air di kolam tersebut. Kolam alami ini menjadi daya tarik tambahan bagi para pengunjung yang ingin merasakan keindahan dan segarnya air dari Curug Cikanteh secara lebih dekat.

    Tiket masuk ke Curug Cikanteh dikenakan dengan sistem donasi atau "seikhlasnya" saja. Untuk parkir motor, biayanya sebesar Rp. 3.000,- per unit, sementara untuk mobil, biayanya sebesar Rp. 5.000,- per unit.

    Fasilitas yang tersedia di Curug Cikanteh antara lain tempat parkir yang luas dan lapang. Toilet dan kamar mandi untuk kenyamanan pengunjung, warung-warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman.

    Namun, untuk fasilitas mushola, belum tersedia di lokasi Curug Cikanteh, semua fasilitas tersebut berada di area bawah Curug Cikanteh, dekat dengan Curug Sodong, sehingga para pengunjung dapat dengan mudah mengakses dan memanfaatkannya selama berkunjung ke lokasi tersebut.

    BACA JUGA: Pesona Curug Citambur di Cianjur Selatan

    BACA JUGA: Air Terjun Ponot, Air Terjun Tertinggi di Indonesia

    Saat mengunjungi Curug Cikanteh, beberapa aktivitas bisa dilakukan oleh wisatawan. Aktivitas tersebut mulai dari berenang, karena di kawasan Curug Cikanteh tergadap kolam alami.

    Kolam alami yang ada di Curug Cikanteh merupakan daya tarik yang sayang untuk dilewatkan. Anda dapat merasakan sejuknya air dengan masuk ke dalam kolam tersebut dan menikmati momen berenang atau berendam di sana.

    Meskipun memiliki ketinggian yang berbeda-beda, namun kedalaman kolam Curug Cikanteh tetap dalam batas aman. Tingginya sekitar setinggi dada orang dewasa, sehingga bagi anak-anak sebaiknya harus didampingi oleh orang dewasa ketika berada di dalam kolam untuk memastikan keselamatan mereka.

    Dengan suasana yang sejuk dan kolam yang aman, kolam alami di Curug Cikanteh menjadi tempat yang ideal bagi pengunjung untuk bersantai, berenang, dan menikmati keindahan alam sekitarnya.

    Bermain air dengan aliran air yang mengalir sambil duduk-duduk di atas batu adalah aktivitas menarik lain yang dapat dilakukan di area Curug Cikanteh. Wisatawan dapat menikmati keasrian alam yang masih terjaga dan merasakan kelezatan momen di sekitar air terjun.

    Terlebih lagi, aliran air yang tidak terlalu dalam memberikan kebebasan bagi pengunjung untuk bermain air tanpa perlu khawatir. Anda bisa bermain-main di air, mengeksplorasi aliran air yang menyegarkan, dan merasakan kesegaran tubuh ketika berinteraksi dengan alam sekitar.

    Momen yang paling indah adalah ketika menikmati secangkir teh hangat sambil menyaksikan keindahan Curug Cikanteh. Suasana alami dan pemandangan yang menakjubkan akan menjadi sajian sempurna untuk membuat pengalaman berkunjung ke Curug Cikanteh menjadi tak terlupakan.

    Berfoto selfie merupakan hal yang wajib dilakukan di Curug Cikanteh untuk mengabadikan momen indah dan keindahan alamnya. Anda dapat membagikan keindahan Curug Cikanteh dan pemandangan alamnya dengan mengunggah foto-foto tersebut di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, atau mungkin sebagai status di aplikasi pesan instan seperti WhatsApp.

    BACA JUGA: Pesona Curug Cigangsa, Air Terjun Cantik di Sukabumi Jawa Barat

    BACA JUGA: Pesona Air Terjun Sipiso Piso, Destinasi Andalan Sumatera Utara

    Di Curug Cikanteh, terdapat banyak spot dengan latar yang menakjubkan yang pasti akan membuat orang yang melihat foto Anda menjadi takjub. Salah satu spot selfie favorit para pengunjung adalah di dekat air terjun atau Curug Cikanteh itu sendiri. Latar belakang air terjun yang indah akan menambah daya tarik foto selfie Anda dan membuatnya lebih istimewa.

    Dengan berbagi foto selfie di media sosial, Anda juga bisa menginspirasi orang lain untuk berkunjung dan menikmati keindahan Curug Cikanteh serta alam sekitarnya. Jadi, jangan lupa untuk bersenang-senang dan berfoto selfie sambil menikmati pesona alam yang luar biasa di Curug Cikanteh!

    Sebelum berkunjung ke Curug Cikanteh, ada beberapa tips yang bisa membantu wisatwan yang akan berkunjung. Sebaiknya kunjungi Curug Cikanteh pada musim kemarau untuk mengalami keindahan air terjun dengan warna yang jernih dan debit air yang lebih stabil.

    Selalu berhati-hati saat melakukan trekking menuju Curug Cikanteh, terutama saat melewati medan yang tidak mudah dan jalur menanjak.  Pastikan Anda menggunakan alas kaki yang nyaman dan sesuai untuk perjalanan jauh dengan kondisi jalanan yang tidak rata.

    Selalu bawa obat-obatan yang diperlukan, seperti obat pereda nyeri, antiseptik, atau obat pribadi lainnya untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

    Jika membawa anak-anak, pastikan untuk selalu menjaga dan mengawasi mereka dengan seksama agar tetap aman selama perjalanan dan bermain di sekitar air terjun.

    Bawa Bekal Makanan dan Minuman: Persiapkan bekal makanan dan minuman secukupnya untuk mengisi tenaga selama perjalanan dan menikmati keindahan Curug Cikanteh. Jagalah selalu kebersihan area Curug Cikanteh dengan tidak membuang sampah sembarangan dan merawat alam sekitar agar tetap asri dan indah.

    Pastikan gadget Anda siap untuk mengabadikan momen indah dengan berfoto selfie dan membagikan pesona Curug Cikanteh kepada teman dan keluarga.

    BACA JUGA: Pesona Air Terjun Piala, Wisata Alam nan Eksotis di Luwuk

    BACA JUGA: Pesona Coban Pelangi, Air Terjun Indah di Malang

    Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda akan dapat menikmati perjalanan yang menyenangkan dan aman saat berkunjung ke Curug Cikanteh serta menikmati keindahan alamnya dengan lebih baik.

    Itulah informasi sedikit tentang Curug Cikanteh yang bisa kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu wisatawan yang akan berkunjung ke Curug atau Air Terjun Cikanteh.(*)