BLANTERORBITv102

    Kandang Ingkung Yogyakarta, Tempat Makan Bernuansa Desa

    Minggu, 13 Agustus 2023
    kandang ingkung
    Salah satu menu yang ada di Kandamg Ingkung Yogyakarta (instagram/@kandangingkung)

    SUDUTWISATA.COM- Saat tengah berlibur ke suatu tempat, menikmati kuliner lokal dilingkungan yang bernuansa pedesaan menjadi incaran sebagian wisatawan. Saat tengah berwisata ke Yogyakarta, ada satu tempat makan yang menghadirkan suasara pedesaan. Konsep suasana pedesaan yang dihadirkan tersebut tentunya akan menjadi daya tarik sendiri bahkan membuat wisatawan ingin kembali ke tempat wisata kuliner ini. Nama tempatnya adalah Kandang Ingkung Resto.

    Tempatnya terletak di Dusun Njlithengan, Desa Balecatur, Kecamatan Gamping, Sleman. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Jalan Wates Km 7, sekitar 9 km ke arah barat daya dari Kota Yogyakarta.

    BACA JUGA: Resto Paling Enak dan Nyaman di Curup

    BACA JUGA: Wisata Kuliner Air Manna Bengkulu Selatan

    Jalur yang mengarah ke Kandang Ingkung Yogyakarta memiliki karakteristik berkelok-kelok dan melewati medan yang naik-turun. Karena itu, disarankan bagi pengunjung untuk menggunakan kendaraan pribadi agar lebih mudah mencapai lokasi ini.

    Lokasi ini terletak sekitar 2-3 km dari Jalan Wates dan dapat dicapai dengan beberapa akses masuk yang tersedia. Jika Anda datang dari arah Yogyakarta, Anda dapat masuk melalui jalan yang melewati Pabrik Kusuma Sandang di selatan. Sementara jika Anda berasal dari arah barat, Anda dapat memilih jalur melalui pertigaan selatan SPBU.

    Lokasi ini berdekatan dengan BMKG DIY dan terletak di perbukitan yang masih alami, menawarkan suasana yang tenang dan sejuk. Ketika memasuki tempat ini, pengunjung akan merasa seperti masuk ke dalam kampung dengan bangunan yang kebanyakan terbuat dari kayu dan bambu.

    Daerah ini masih dikelilingi oleh pepohonan tinggi dan lebat. Di sisi jalan terdapat tanda dengan tulisan "Kandang Ingkung" berwarna merah yang mudah terlihat. Ada area parkir yang mampu menampung hingga 8 mobil, dan jika penuh, tepi jalan juga dapat digunakan karena lalu lintas di sini cenderung sepi.

    Begitu masuk dari jalan utama, terlihat rumah-rumahan kecil dengan berbagai ukuran. Meja-meja lesehan yang terbuat dari kayu jati menghiasi tempat ini. Ada sekitar 4 rumah-rumahan yang nyaman untuk bersantap. Ketika memasuki area lebih dalam, tampak tungku api yang menyala dan panci air yang siap mendidih.

    Di tempat ini, suasana benar-benar menggambarkan kehidupan pedesaan, dengan pepohonan besar yang masih rimbun. Di bagian depan, ada gerobak sapi dengan bangunan rumah khas Limasan yang terbuat dari kayu.

    Di sisi belakang atau bagian barat, terdapat sebuah mushola berkapasitas hingga 10 orang. Mushola ini memiliki desain terbuka yang mirip dengan kandang, tetapi tetap bersih dan layak untuk digunakan dalam ibadah sholat. Tempat untuk wudhu juga tidak terlalu jauh, dan air bersih mengalir dengan lancar.

    BACA JUGA: Cafe Bawor Jaya Nagara, Cafe Ditengah Kebun Durian

    BACA JUGA: 7 Tempat Wisata Kuliner di Puncak Bogor yang Hits

    Dalam hal kuliner, Kandang Ingkung secara khusus menawarkan hidangan tradisional Jawa, dengan hidangan utamanya adalah ayam ingkung. Nasi ingkung ayam, adalah yang sering ditemui saat acara kenduri di pedesaan. 

    Di samping hidangan ingkung, Kandang Ingkung juga menyediakan berbagai pilihan menu lain yang dapat disesuaikan dengan selera, semuanya memiliki nuansa "Ndeso" (pedesaan). Bahkan, piring yang digunakan untuk menyajikan makanan terbuat dari seng, dan makanan disajikan dengan daun pisang. Hampir tidak ada penggunaan bahan plastik dalam penyajian, semuanya cenderung alami dan mendekati suasana kampung.

    Hidangan ingkung ayam disajikan di atas tampah yang diberi alas daun pisang, disertai dengan pelengkap seperti oseng jantung pisang, oseng daun pepaya, sambal, mentimun, lalap, peyek bayam, dan garang asem bambu.

    Tidak hanya menikmati hidangan dengan suasana pedesaan yang alami dan segar, pengunjung juga dapat bersantai dan bersosialisasi dengan teman-teman atau keluarga. Selain itu, ada area bermain yang cocok untuk anak-anak.

    Kandang Ingkung Yogyakarta buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 20.30 WIB.

    Hidangan utama, yaitu ayam ingkung, dapat dipesan sebagai satu ekor ayam utuh atau dalam bentuk paket. Jika Anda memesan satu ekor ayam utuh beserta nasi, harganya mulai dari Rp 149.000,- untuk empat hingga lima orang. Untuk paket makan satu orang dengan seperempat ekor ayam, harganya dimulai dari Rp 39.000,-.

    Setelah menikmati hidangan utama, pengunjung dapat menambah porsi dengan memesan camilan. Ada berbagai pilihan camilan seperti pisang goreng kepok kuning, bakwan jagung, tempe mendoan, tempe garit goreng, hingga singkong keju, dengan harga berkisar antara Rp 8.000,- hingga Rp 14.000,-.

    Bagi mereka yang ingin menikmati secangkir kopi, Kandang Ingkung menawarkan kopi arabika gayo dan robusta Lampung yang diseduh dengan jahe, kapulaga, dan sereh, disajikan dengan cara tradisional. Yang menarik, pengunjung dapat menikmati kopi sepuasnya dengan sistem pembayaran berdasarkan seikhlasnya.

    BACA JUGA: Lagi Liburan ke Krui Lampung, Ini 6 Tempat Kulineran yang Bisa Anda Kunjungi

    BACA JUGA: Kedai Basecamp Konservasi, Cafe Kekinian di Liwa

    Tidak hanya kopi panas, tetapi para pengunjung juga dapat menikmati berbagai minuman dingin yang menyegarkan. Pilihan termasuk es teh manis, es jeruk, es kelapa muda durian, lemon tea, es dawet pelangi, dan beragam jus buah dengan harga berkisar antara Rp 5.000,- hingga Rp 17.000,-.

    Selain makan di tempat, Kandang Ingkung juga menjual produk makanan beku atau frozen food. Beberapa di antaranya termasuk ayam ingkung beku seharga Rp 129.000,-, ayam ingkung bakar oseng sereh seharga Rp 135.000,-, dan garang asem bambu beku seharga Rp 79.000,-.

    Pada saat Anda memilih tempat dan menu, Anda akan disambut oleh pelayan restoran yang ramah dan bersahabat. Waktu tunggu untuk hidangan rata-rata berkisar antara 15 hingga 30 menit. Selama menunggu, pengunjung dapat menikmati area memanah yang tersedia di bagian belakang restoran. Di area tersebut juga terdapat kolam ikan yang menambah kesejukan suasana.

    Itulah sedikit informasi tentang Ayam Ingkung Yogyakarta yang bisa kami berikan, semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana dan menu yang ada di tempat kuliner ini.(*)