BLANTERORBITv102

    Orchid Forest Bandung, Taman Angrek Terluas di Indonesia

    Senin, 25 September 2023
    Orchid Forest Cikole Bandung
    Orchid Forest Cikole Bandung (instagram/@orchidforestcikole)

    SUDUTWISATA.COM- Orchid Forest Cikole, berdiri sejak tahun 2017, adalah sebuah taman wisata alam di kawasan hutan pinus Cikole yang menawarkan berbagai produk dalam bidang Edu Tourism, Eco Tourism, dan Sport Tourism.

    Orchid Forest Cikole juga memiliki status sebagai salah satu co-brand dari Wonderful Indonesia dan telah diakui sebagai salah satu destinasi wisata alam dengan konsep nomadic tourism terbaik oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tahun 2019.

    BACA JUGA: Arjasari Rock Hill, Tempat Olahraga Sekaligus Rekreasi di Bandung

    BACA JUGA: Pesona Curug Sodong, Air Terjun Kembar di Sukabumi

    Taman ini dikenal sebagai taman anggrek terluas di Indonesia, dengan lokasinya yang terletak di tengah kawasan hutan lindung yang mencakup luas sekitar 12 hektar.

    Orchid Forest Cikole menampilkan lebih dari 150 koleksi jenis anggrek yang berasal dari berbagai belahan dunia, menjadikannya tempat yang ideal bagi pecinta alam dan penggemar anggrek untuk mengeksplorasi dan menikmati keindahan alam serta keanekaragaman anggrek.

    Orchid Forest Cikole Bandung memusatkan perhatiannya pada pengenalan dan budidaya berbagai jenis tanaman anggrek. Mereka menggunakan berbagai metode yang bersumber dari lokal maupun internasional.

    Yang menarik adalah, spesies anggrek yang dipelihara di Orchid Forest Cikole tidak hanya berasal dari Indonesia, yang memang dikenal sebagai salah satu negara dengan beragam varietas anggrek.

    Tanaman anggrek yang ada di sini juga berasal dari negara-negara lain, seperti Venezuela, Argentina, Filipina, Peru, dan Amerika Serikat. Hal ini menunjukkan komitmen Orchid Forest Cikole dalam memperkenalkan dan melestarikan keanekaragaman tanaman anggrek dari seluruh dunia.

    Alamat Orchid Forest Cikole Bandung

    Orchid Forest Bandung berlokasi di Jalan Tangkuban Perahu KM. 8, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Tempat ini terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Bandung.

    BACA JUGA: Terminal Wisata Grafika Cikole, Destinasi Wisata Berkonsep 3 in 1 di Bandung

    BACA JUGA: Pesona Curug Cikondang, Niagara Mini di Cianjur

    Harga Tiket Masuk Orchid Forest Cikole Bandung

    Untuk dapat masuk ke Orchid Forest, pengunjung hanya perlu membayar biaya tiket masuk yang terjangkau. Harga tiket masuk Orchid Forest Lembang adalah sebagai berikut:

    Tiket Masuk Reguler Domestik: Rp40.000

    Tiket Masuk Reguler Mancanegara: Rp100.000

    Selain itu, tersedia juga opsi pembelian tiket online dengan harga Rp56.750. Terdapat juga opsi asuransi LHI Perhutani dengan biaya Rp7.500 untuk domestik dan Rp10.000 untuk mancanegara.

    Untuk wahana-wahana di dalam Orchid Forest seperti Putt-Putt Golf, Wood Bridge, Orchid Castle, dan Horse Ranch, harga tiketnya berkisar antara Rp10.000 hingga Rp50.000, tergantung pada wahana yang ingin Anda nikmati.

    Orchid Forest Cikole Bandung
    Jembatan Gantung di Orchid Forest Cikole Bandung (instagram/@warmanwardhani)

    Di area Orchid Forest, semua transaksi hanya dapat dilakukan dengan menggunakan pembayaran non tunai, seperti kartu debit dan kredit dari semua bank. Harga tiket masuk reguler tidak termasuk asuransi Perhutani.

    Tersedia shuttle car gratis yang dapat mengantarkan pengunjung kembali ke area parkir A/B. Dengan membeli tiket masuk reguler, Anda sudah mendapatkan akses ke Orchid House, Rabbit Forest, dan layanan shuttle gratis. Penting untuk diketahui bahwa usia 3 tahun ke atas diwajibkan memiliki tiket masuk.

    BACA JUGA: Sonten Resort, Tempat Staycation Nyaman di Ciwidey

    BACA JUGA: Keindahan Situ Cicerem, Telaga Biru nan Indah di Kuningan

    Jam Buka Orchid Forest Cikole Bandung

    Orchid Forest Cikole Bandung buka setiap hari dengan jadwal berikut Senin hingga Jumat dari jam 09.00 pagi sampai jam 06.00 sore. Sedangkan untuk Sabtu dan Minggu dari jam 08.00 pagi sampai jam 07.00 malam. Pada akhir pekan, yaitu Sabtu dan Minggu, pengunjung dapat menikmati suasana malam hari dengan berbagai hiasan lampu yang menambah pesona tempat ini.

    Daya Tarik Orchid Forest Cikole Bandung

    Salah satu hal yang paling khas dari Orchid Forest Cikole Bandung adalah koleksi bunga anggreknya yang luar biasa. Bahkan, tempat ini menampilkan beberapa jenis anggrek langka yang sulit ditemukan, seperti anggrek hitam atau Coelogyne pandurata, anggrek kantong semar atau Paphiopedilum Glaucophyllum, dan jenis Paraphalaenopsis Laycocky.

    Selain menikmati keindahan beragam bunga anggrek, para pengunjung juga dapat menikmati pemandangan hutan pinus yang rindang dan udara yang sangat sejuk. Suhu yang rendah di sini menciptakan kondisi yang ideal bagi pertumbuhan anggrek yang subur.

    Selain itu, Orchid Forest Cikole Bandung menyediakan berbagai wahana, atraksi, dan aktivitas yang akan memanjakan para wisatawan, baik itu dalam bentuk permainan maupun pertunjukan. Berikut beberapa daya tarik yang bisa Anda nikmati di Orchid Forest Cikole Bandung.

    1. Wood Bridge

    Jembatan bergoyang yang unik ini terbuat dari kayu dan tali tambang berwarna putih, dengan panjang sekitar 50 meter. Pada malam hari, lampu-lampu di jembatan ini secara otomatis akan menyala berkat adanya sensor cahaya, menciptakan suasana yang semakin romantis di tempat ini.

    Orchid Forest Cikole Bandung
    Wahana anak di Orchid Forest Cikole Bandung (instagram/@orchidforestcikole)

    Untuk dapat menikmati pengalaman naik jembatan ini, wisatawan perlu membayar biaya sebesar Rp20.000 per orangnya. Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan yang berlaku di Orchid Forest Cikole Bandung.

    BACA JUGA: Taman Langit Pengalengan, Tempat Camping Hits di Kota Bandung

    BACA JUGA: Curug Malela, The Little Niagara di Bandung

    2. Spot Foto yang Menarik

    Selama berada di tempat wisata ini, pengalaman Anda akan menjadi lebih lengkap jika Anda mengabadikan momen-momen berharga selama berjalan-jalan. Orchid Forest Cikole Bandung menawarkan berbagai spot foto menarik yang akan memanjakan mata anda.

    Beberapa spot menarik di antaranya adalah panggung terbuka, rumah pohon, dan rumah kelinci. Di sini, Anda dapat mengambil foto-foto yang indah dan mengabadikan momen berwisata ke dalam kamera kesayangan anda. Ini adalah cara yang sempurna untuk membuat kenangan yang tak terlupakan dari kunjungan Anda ke Orchid Forest Cikole Bandung.

    3. Camping Ground

    Bagi mereka yang ingin menghabiskan malam di Orchid Forest Bandung dengan pengalaman berkemah, Anda dapat melakukannya di camping ground. Merasakan keseruan berkemah di alam terbuka dapat Anda nikmati di tempat ini.

    Biaya berkemah di camping ground ini cukup terjangkau, dimulai dari Rp450.000 untuk empat orang, dan Rp950.000 untuk sembilan orang per malam. Biaya ini sudah termasuk makan pagi, fasilitas api unggun, dan jagung bakar, menjadikan pengalaman berkemah Anda semakin menyenangkan dan lengkap.

    4. Kegiatan Outbond

    Kunjungan Anda ke tempat sejuk seperti Orchid Forest Cikole Bandung akan terasa kurang lengkap jika Anda tidak mencoba berbagai kegiatan outbound yang tersedia di sana. Lokasinya yang terletak di tengah ruang terbuka hijau membuat pengalaman outbond semakin menarik.

    Beberapa wahana outbound yang tersedia di sini antara lain wahana Flying Fox, Airsoft Gun, high rope, panahan, dan masih banyak lagi. Semua wahana ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk menguji keberanian dan keterampilan Anda dalam suasana alam yang indah.

    BACA JUGA: Pakarangan Glamping Resort, Hadirkan Nuansa Ubud di Bogor

    BACA JUGA: Pesona Situ Cipanten, Danau Dua Warna di Majalengka Jawa Barat

    5. Toko Angrek

    Selain menikmati keindahan bunga anggrek dan pohon pinus di Orchid Forest Cikole Bandung, para pengunjung juga memiliki kesempatan untuk membeli bunga anggrek yang tersedia di tempat ini. Namun, jangan terlalu terkejut jika Anda perlu merogoh dompet cukup dalam untuk membelinya, karena beberapa jenis anggrek mungkin memiliki harga yang lebih tinggi.

    Selain penjualan bunga anggrek, wisatawan yang sudah menanam anggrek di rumah juga dapat berkonsultasi. Ini termasuk diskusi tentang cara merawat bunga anggrek dengan baik, serta penyelesaian permasalahan yang mungkin terkait dengan bunga anggrek yang sakit atau mengalami kendala dalam pertumbuhannya. Ini merupakan layanan yang bermanfaat bagi para pecinta anggrek yang ingin menjaga bunga-bunga anggrek mereka dengan baik.

    6. Garden of Light

    Wahana lain yang sayang untuk dilewatkan di Orchid Forest Cikole adalah "Garden of Light." Tempat ini memiliki aura romantis yang sangat terasa.

    Garden of Light adalah sebuah area taman terbuka yang dihiasi dengan beragam tanaman, termasuk anggrek. Pada malam hari, lampu-lampu akan menyala, menciptakan suasana yang semakin indah dan romantis. Saat Anda berkeliling di sini, Anda dapat berfoto, mengagumi bunga-bunga, dan menikmati udara segar di daerah Lembang.

    Orchid Forest Cikole Bandung
    Suasana malam di Orchid Forest Cikole Bandung (instagram/@orchidforestcikole)

    Di tempat ini juga terdapat spot-spot foto menarik yang akan memanjakan mata Anda. Mulai dari panggung terbuka, rumah pohon, hingga rumah kelinci yang lucu, semuanya dapat Anda temukan di Garden of Light ini. Ini adalah tempat yang sempurna untuk menciptakan kenangan indah selama kunjungan Anda.

    Fasilitas Orchid Forest Cikole Bandung

    Bagi para pengunjung yang enggan berjalan kaki mengelilingi hutan anggrek yang luas di Orchid Forest Cikole, tempat ini menyediakan mobil golf. Mobil golf ini akan membawa pengunjung berkeliling ke tempat-tempat indah yang ada di sini. Yang lebih baik lagi, penggunaan mobil golf ini gratis, jadi Anda tidak perlu membayar biaya tambahan.

    BACA JUGA: Bukit Bentang Land, Kabin Kayu Bergaya Skandinavia di Bogor

    BACA JUGA: Curug Malela, The Little Niagara di Bandung

    Selain itu, tempat ini juga memiliki fasilitas lain, seperti tribun stage yang terbuat dari kursi berundak kayu. Tempat ini dapat digunakan untuk pagelaran musik dan acara lain yang bertemakan alam, dan dikenal sebagai "teras paphio."

    Orchid Forest Cikole juga menyediakan sebuah kafe di mana pengunjung dapat menikmati berbagai menu makanan, sehingga Anda tidak perlu khawatir merasa lapar selama kunjungan. Tempat parkir yang luas juga tersedia bagi mereka yang membawa kendaraan pribadi.

    Bagi yang ingin menginap di Orchid Forest Bandung, tersedia fasilitas camping ground yang dapat disewa di taman anggrek ini. Ini adalah pilihan yang bagus bagi mereka yang ingin merasakan pengalaman bermalam di tengah alam yang indah.

    Itulah informasi tengan Orchid Forest Cikole Bandung, semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi wisatawan yang akan berkunjung ke tempat wisata di Bandung ini.(*)