BLANTERORBITv102

    10 Tempat Wisata di Lebong Bengkulu, Nomor 7 Wajib Dicoba

    Senin, 12 September 2022
    wisata lebong
    Salah satu wisata di Lebong (instagram/@dian_sepriawan)

    Bila sebelumnya sudutwisata.com telah mengupas tujuh  air terjun yang ada di Kabupaten Lebong. Kali ini sudutwisata.com akan kembali mengupas tentang objek wisata yang ada di Kabupaten Lebong selain air terjun.

    Setidaknya ada 10 tempat wisata yang ada di Kabupaten Lebong yang bisa anda kunjungi bersama keluarga maupun orang-orang tersayang. Objek wisata yang ada di Kabupaten Lebong ini mulai dari sungai, goa, danau, bukit hingga wisata religi.

    Lalu objek wisata apa saja yang bisa anda kunjungi saat berada di Kabupaten Lebong, berikut sudutwisata.com mengupasnya untuk anda.

    1. Wisata Air Putih

    wisata lebong
    Air Putih Lebong (instagram/@lebongsadeikeme)
    Objek wisata air putih merupakan objek wisata air panas yang ada di Kabupaten Lebong. Wisata air panas ini merupakan wisata sungai, dimana sungainya tak hanya mengalir air yang dingin dan sejuk namun juga air panas

    Air panas yang terdapat di wisata air putih ini berasa dibagian sisi-sisi sungai terutama disisi kiri. Air Panas ini keluar dari celah-celah bbatuan yang ada tebing sungai.

    Wisata Air Putih Lebong ini berada di Desa Bioa Putiak, Kecamatan Pinang Belapis. Wisata ini berjarak sekitar 11 KM dari Pusat Kota Muaraaman ibukota Kabupaten Lebong dengan jarak tempuh sekitar 20 menit menggunakan kendaraan bermotor. Wisata ini sangat mudah dijangkau karena tepat berada di pinggir jalan lintas Lebong Utara-Pinang Belapis.

    2. Lobang Kacamata

    wisata lebong
    Lobang Kacamata (instagram/@ernykhasanah)
    Wisata kedua yang bisa anda kunjungi saat berada di Kabupaten Lebong adalah Lobang Kacamata. Lobang Kacamata atau sering juga disebut Goa Kacamata merupakan lokasi penambangan emas sejak zaman kolonial Belanda.

    Wisata yang berada di Desa Lebong Tambang Kecamatan Lebong Utara ini dinamakan lobang kacamata karena dipintu masuk lokasi pertambangan emas tersebut adalah dua buah lobang bulat yang berdekatan menyerupai kacamata.

    Di objek wisata ini wisatawan bisa melihat sisa-sisa penambangan emas dengan melakukan kegiatan susur goa.

    3. Masjid Agung Sultan Abdullah

    wisata lebong
    Masjid Agung Sultan Abdullah (instagram/@lebongofficial)
    Masjid Agung Sultan Abdullah merupakan salah satu masjid terindah yang ada di Provinsi Bengkulu. Sehingga masjid yang berada di Kelurahan Tanjung Agung Kecamatan Tubei ini wajib wisatawan kunjungi saat berkunjung ke Kabupaten Lebong.

    Masjid Agung Sultan Abdullah sendiri berdiri di atas tanah seluas 1.000 m2 dengan memiliki arsitektur unik dan menarik juga dikelilingi panorama bukit barisan dengan hutannya yang masih alami sehingga menambah daya tarik masjid yang berada di jantung Kota Tubei sebagai pusat pemerintah Kabupaten Lebong.

    4. Bukit Pabes

    wisata lebong
    Bukit Pabes (instagram/@fotografer_indo246
    Bukit Pabes bisa disebut sebagai negeri di atas awannya Kabupaten Lebong, karena saat berada di bukit ini wisatawan seperti berada di atas awan terutama saat pagi hari.

    Selain sebagai negeri diatas awan, Bukit Pabes juga bisa disebut sebagai bukit bintang Lebong, karena dari atas bukit ini, saat malam hari wisatawan bisa melihat jutaan bintang dilangit serta kerlap-kerlip lampu rumah-rumah warga yang ada di Kabupaten Lebong.

    Bukit Pabes merupakan bukit dengan ketinggian 1.036 mdpl ini berada di Desa Daneu Kecamatan Lebong Atas. Untuk menuju puncak bukit yang dijadikan tempat uji coba paralayang di Lebong ini wisatawan harus berjalan kaki terlebih dahulu dengan waktu tembuh hingga 1 jam perjalanan.

    5. Danau Picung

    wisata lebong
    Danau Picung (instagram/@median_dewo)
    Danau Picung merupakan danau buatan yang dibuat pada zaman kolonial belanda. Danau Picung awalnya dibangun sebagai penyedia sumber air bersih dan pemutar kincir pengolahan emas yang ada di Kabupaten Lebong.

    Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini Danau Picung juga dijadikan sebagai tempat wisata di Kabupaten Lebong. Danau yang berada di Kelurahan Tanjung Agung Kecamatan Tubei ini sangat cocok untuk wisatawan yang akan berlibur bersama keluarga di akhir pekan. Karena didanau yang memiliki luas sekitar 200 hektare ini wisatawan bisa menikmati keindahan danau dengan bukit-bukit disekelilingnya, selain itu pinggir danau juga banyak dijumpat tempat bermain untuk anak-anak.

    6. Danau Tes

    wisata lebong
    Danau Tes (instagram/@exa_fr)
    Danau Tes merupakan danau kedua yang ada di Kabupaten Lebong. Danau yang berada di Kecamatan Lebong Selatan yaitu dari Desa Kota Donok hingga Kelurahan Tes ini merupakan danau terbesar yang ada di Provinsi Bengkulu.

    Danau Tes ini sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas penunjang mulai dari WC umum, penginapan hingga penjual makanan yang banyak ditemukan dipinggir jalan yang juga merupakan pinggir Danau Tes.

    Saat berada di Danau Tes ini, selain menikmati keindahan alamnya wisatawan bisa melakukan sejumlah aktifitas mulai dari memancing hingga mengelilingi danau mengguakan perahu. Selain sebagai tempat wisata, Danau Tes juga sebagai pusat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Bengkulu

    7. Rafting Sungai Ketahun

    wisata lebong
    Rafting Sungai Ketahun (instagram@dianudud_lebong_rafting)
    Bagi wisatawan yang suka untuk memacu adrenalin, maka Rafting Sungai Ketahun pilihannya. Rafting atau kegiatan Arung Jeram di Sungai Ketahun ini sangat menantang untuk dicoba.

    Wisata ini berada di arus Sungai Ketahun yang ada di Kecamatan Rimbo Pengadang. Lintasan Rafting Sungai Ketahun ini memiliki panjang 7 sampai 14 KM dengan panorama indah dan kesejukan alamnya. Dilintasan arung jeram Sungai Ketahun ini terdapat dua spot terbaik yaitu Nangai Silai atau yang biasa disebut “Green Canyon” dan Lintasan Gua.

    Meskipun terbilang ekstrim, namun wisatawan tak perlu khawatir karena wisata ini sudah dilengkapi dengan perlengkapan standar dan ditemani oleh pemandu profesional. Ada dua jenis jalur di Sungai Ketahun ini yaitu arung jeram wisata dengan grade 3 dan 4 serta jalur sport dengan grade 2.

    8. Taman Smart City Karang Nio

    wisata lebong
    Taman Smart City Karang Nio (instagram/@ela_sartika1)
    Taman Smart City Karang nio ini berada di Kelurahan Tanjung Agung Kecamatan Tubei. Lokasi taman ini berada di tepat di seberang Masjid Agung Sultan Abdullah kebanggan masyarakat Lebong.

    Taman ini sangat cocok untuk dijadikan tempat nongkrong terutama kaum muda baik disore hingga malam hari. Dari taman ini wisatawan bisa menikmati keindahan alam Lebong salah satunya Bukit Pabes.

    Taman ini juga telah dilengkapi dengan sejumalh fasilitas olahraga, WC Umum fasilitas bermain untuk anak-anak serta sejumlah fasilitas pendukung lainnya.

    9. Wisata Sabo

    wisata lebong
    Sabo (instagram/@lim_yoto_ebri
    Wisata Sabo atau Pasir Lebar merupakan wisata padang pasir yang ada di Kabupaten Lebong. Wisata ini terletak diantara Kecamatan Bingin Kuning dan Kecamatan Lebong Tengah, tepatnya di perbatasan antara Desa Bungin dan Desa Semelako.

    Objek wisata ini memiliki daya tarik yang unik karena terdapat hamparan pasir yang indah yang berdekatan dengan pegunungan dan persawahan warga. Wisata sabo ini banyak dikujungi selain karena keindahannya juga kerap menjadi tempat bermain bola dan ajang motor hingga spot photo Prewedding.

    10. Telaga Tujuh Warna

    wisata lebong
    Telaga Biru salah satu telaga di wisata Telaga Tujuh Warna
    Telaga Tujuh Warna merupakan salah satu tempat wisata yang eksotis di Kabupaten Lebong. Objek wisata telaga tujuh warna ini berada di dalam rimbunnya Hutan Lindung Bukit Daun yang berada di Kecamatan Rimbo Pengadang.

    Wisata ini masih sangat alami karena belum sama sekali tersentuh pembangunan. Sesuai dengan namanya, di kawasan ini ada tujuh telaga yang memiliki warna yang berbeda-beda.

    Warna-warna telaga yang ada di objek wisata ini mulai dari telaga biru, abu-abu, merah, kuning hingga putih. Sebenarnya telaga-telaga tersebut merupakan kawah yang gunung berapi, karena setiap kawahnya menyeburkan air panas.

    Untuk menuju objek wisata ini setidaknya wisatawan harus berjalan kaki terlebih dahulu dua jam dari tempat terakhir bisa dilalui kendaraan bermotor. Kemudian untuk bisa mengelilingi objek wisata ini setidaknya membutuhkan waktu 4 jam karena lokasi antara kawah satu dengan kawah lainnya. Selain itu harus dipandu oleh warga sekitar yang sudah mengetahui letak masing-masing kawah agar tidak tersesat didalam rimbunnya hutan.

    Demikian 10 objek wisata yang ada di Kabupaten Lebong, ke-10 nya sangat menarik untuk dikunjungi.