BLANTERORBITv102

    Perbanyak Agenda Wisata, Lampung Gelar FWH 2023

    Sabtu, 24 Juni 2023

    Wisata Lampung
    Festival Wisata Hutan Lampung 2023

    SUDUTWISATA.COM- Sebagai bentuk dukungan atas kegiatan Festival Krakatau 2023 (K-Fest 2023). Dinas Kehutanan Provinsi Lampung menggelar Festival Wisata Hutan (FWH) Lampung 2023.

    Kegiatan Festival Wisata Hutan Lampung 2023 tersebut akan dilaksanakan di kantor UPTD KPH Tahura di Sumber Agung, Bandar Lampung akan dilaksanakan dari tanggal 3 sampai 10 Juli 2023.

    Dengan kegiata Festival Wisata Hutan, Dinas Kehutanan Provinsi Lampung ingin mengenalkan pesona keindahan hutan Lampung. Keindahan tersebut berupa perpaduan keindahan alam dan kearifan lokal masyarakat sekitar hutan.

    BACA JUGA: 14 Tempat Wisata yang ada di Lampung Barat

    BACA JUGA: 7 Wisata Pantai di Krui Lampung

    Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Yanyan Ruchyansyah menjelaskan bahwa, Festival Wisata Hutan akan menyuguhkan daya tari yang ada di dalam kawasan hutan.

    "Festival Wisata Hutan ini akan menjadi ajang perhelatan yang dikelola para petani hutan," terang Yanyan.

    Petani hutan menurutnya adalah mereka yang mejadikan hutan sebagai mata pencaharian mereka. Oleh karena itu Dinas Kehutanan Provinsi Lampung untuk mengoptimalkannya melalui kegiatan Festival Wisata Hutan 2023.

    "Berbeda dengan festival-festival lainnya, FWH memiliki ciri khasnya sendiri. Objek wisata yang ditampilkan dalam festival ini terletak di dalam kawasan hutan, menghadirkan pengalaman unik bagi pengunjung," tambah Yayan.

    Dijelaskan Yayan, kegiatan Festival Wisata Hutan 2023 sendiri merupakan yang kedua kali dilaksanakan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, karena sebelumnya kegiatan serupa dilaksanakan di tahun 2022, dan sebelumnya ditahun 2021 melaksanakan festival hutan yang didalamnya ada unsur wisata.

    BACA JUGA: Pesta Sekura Cakak Buah, Kemeriahan Pesta Topeng di Hari Raya

    BACA JUGA: Pesona Bukit Bawang Bakung Lampung Barat

    "Untuk sebutan Festival Wisata Hutan, baru dua kali diadakan. Yaitu tahun 2022 dan tahun 2023," terangnya.

    Diakui Yayan, bahwa kegiatan Festival Hutan Wisata yang mereka laksanakan tersebut merupakan hal yang baru dalam pengelolaan hutan untuk mengangkat aspek wisata.

    Ia juga menegaska bahwa kegiatan yang mereka laksanakan tersebut bukan mangambil porsi dari Dinas Pariwisata, namun pihaknya mencoba untuk mengangkat potensi dan membuat masyarakat umum tahu ada potensi wisata yang bisa dimanfaatkan dalam kawasan hutan.

    "Kami ingin festival ini terasa sebagai sebuah perayaan. Festival ini akan menghadirkan berbagai kegiatan menarik selama tujuh hari berturut-turut.

    Diungkapkan Yayan, launching Festival Wisata Hutan 2023 akan dilaksanakan di Swiss-Belhotel Lampung dan hybrid dengan acara pameran di Kantor UPTD KPH Tahura pada tanggal 3 Juli 2023.

    Dikatakan Yayan, kegiatan Festival Wisata Hutan 2023 yang mereka laksanakan tersebut merupakan hasil koordinasid engan Dinas Pariwisata dan ekonomi kreatif dan merupakan bagian dari rangkaian Festival Krakatau.

    "Akan ada overlapping dengan kegiatan festival krakatau. Diharapkan, pengunjung K-Fest juga akan berkunjung ke kegiatan Festival Wisata Hutan," terangnya.

    BACA JUGA: Melihat Lebih Dekat Pantai Tanjung Setia Lampung , Lokasi WSL Krui Pro QS5000

    BACA JUGA: Taman Ham Tebiu Liwa Lampung Barat

    Yayan mengajak masyarakat untuk meramaiakn Festival Wisata Hutan Lampung 2023. Karena dengan kegiatan tersebut maka akan diketahui potensi wisata hutan yang bisa dinikmati. Kemudain untukuntuk menyejahterakan masyarakat sekaligus melestarikan fungsi hutan.

    Sementara itu, untuk rangkaian kegiatan Festival Wisata Hutan Lampung 2023 mulai dari opening ceremony dan temu bisnis, kemudian lomba cipta dan baca puisi, lomba rimbawan idol, lomba olahan HHBK, lomba mewarnai, atraksi dari KPH, lomba band, lomba menggambar, lomba foto dan video wisata hutan lampung, lomba bercerita hutan lampung, standr produk dan olahan HHNK dan Festival Wisata Hutan ampung di UPTD KPH.(*)