BLANTERORBITv102

    Glamping Kebon Raya Dempo, Tempat Camping di Kaki Gunung Dempo

    Minggu, 27 Agustus 2023
    Kebon Raya Dempo
    Camping Ground Kebon Raya Dempo Pagar Alam (instagram/@kebon.raya.dempo)

    SUDUTWISATA.COM- Pagaralam ialah salah satu kota yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan. Kota ini didirikan berdasarkan UU Nomor 8 Tahun 2001 setelah sebelumnya merupakan bagian dari Kabupaten Lahat.

    Terletak di bawah kaki Gunung Dempo, Kota Pagaralam memiliki banyak tempat wisata alam yang mampu menyenangkan pandangan mata. Keindahan alam yang dimiliki tersebut membuat Pagaralam sering menarik perhatian wisatawan dari dalam negeri maupun luar negeri.

    BACA JUGA: Dusun Camp Riverside, Tempat Glamping Terlengkap di Pagar Alam

    BACA JUGA: Keindahan Air Terjun Temam, Wisata Hits di Kota Lubuklinggau

    Terletak sekitar 300 km jauhnya dari Palembang, kawasan Gunung Dempo di kota Pagar Alam dikenal dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Di lokasi ini, para wisatawan dapat menikmati pemandangan luas area pertanian dan kehijauan kebun teh yang membentang sejauh mata memandang.

    Daerah ini khususnya ramai pada akhir pekan, saat penduduk kota berduyun-duyun datang untuk menikmati udara segar. Banyak dari mereka juga memilih untuk menginap di sini karena adanya fasilitas penginapan yang terjangkau di sekitar kaki Gunung Dempo.

    Salah satu tempat yang terkenal adalah camping ground di Kebon Raya Dempo. Berada pada ketinggian 1.500 mdpl, destinasi wisata ini menyuguhkan lokasi terbaik untuk menyaksikan keindahan pemandangan Gunung Dempo dan Pagar Alam.

    Keindahan pemandangan tersebut tidak hanya menarik pada pagi atau siang hari, terutama saat sesekali tertutup oleh kabut. Malam hari pun memberikan nuansa yang lebih romantis dengan gemerlap bintang dan cahaya kota yang berkedip di kejauhan.

    Sambil menikmati liburan, kegiatan berkemah di Kebon Raya Dempo juga dapat menjadi peluang untuk lebih dekat dengan alam. Fasilitas yang komprehensif semakin menambah kesenangan dalam pengalaman menginap di tempat ini.

    Misalnya, tersedia tower kemah dan kebun bunga yang menawan sebagai latar belakang foto yang indah, area parkir untuk motor dan mobil, kantin, fasilitas toilet, serta penyewaan ATV untuk kegiatan yang lebih seru. Jika tidak membawa tenda sendiri, kamu juga dapat menyewanya langsung di lokasi.

    Tarif masuk untuk pengunjung umum adalah Rp 10.000,-. Sementara itu, untuk melakukan camping mandiri, biayanya adalah Rp 35.000,-. Untuk parkir selama menginap, akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000,- untuk motor dan Rp 20.000,- untuk mobil. Jika Anda tertarik dengan penyewaan ATV, harganya adalah Rp 30.0000,- untuk 15 menit.

    BACA JUGA: Air Terjun Bedegung, Muara Enim Sumatera Selatan

    BACA JUGA: Pesona Air Terjun Lemutu, Muara Enim Sumatera Selatan

    Jika Anda tidak membawa tenda sendiri, tersedia opsi sewa dengan harga mulai dari Rp 180.000,- untuk tenda dengan kapasitas 2-3 orang. Terdapat juga paket camping dengan mulai dari Rp 180.000,- sampai Rp 550.000, sesuai dengan jenis dan kapasitas tentanda yang akan dipilih oleh wisatawan , mencakup tenda, sleeping bag, lampu tenda, tumbler, dan matras.

    Waktu pendaftaran masuk dimulai pada jam 13:00, dan waktu batas pendaftaran keluar adalah pukul 11:00. Jangan lupa untuk membawa pasokan air bersih serta makanan secukupnya, perlengkapan obat-obatan pribadi, senter atau lampu, jas hujan, powerbank, dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan.

    Itulah sedikit informasi tentang Glamping Kebun Raya Dempo, semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi wisatawan yang akan berkunjung ke tempat wisata ini.(*)