BLANTERORBITv102

    Keindahan Air Terjun Temam, Wisata Hits di Kota Lubuklinggau

    Selasa, 04 Juli 2023
    Air Terjun Temam
    Air Terjun Temam, Kota Lubuklinggau (instagram@sandiyanto)

    SUDUTWISATA.COM- Saat berkunjung ke Kota Lubuklinggau, salah satu obyek wisata yang wajib dikunjungi wisatawan adalah Air Terjun Temam.

    Air Terjun Temam sendiri merupakan salah satu obyek wisata yang sudah lama hits dan menjadi andalan Kota Lubuklinggau.

    Kota Lubuklinggau sendiri merupakan kota paling barat Provinsi Sumatera Selatan dan berbatasan langsung dengan Provinsi Bengkulu.

    BACA JUGA: Pesona Air Terjun Lemutu, Muara Enim Sumatera Selatan

    BACA JUGA: Air Terjung Bedegung, Muara Enim Sumatera Selatan

    Air Terjun Temam yang memiliki keindahan luar biasa ini sangat mudah untuk dijangkau. Air terjun ini berada di Kelurahan Rahma, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan.

    Dari Pusat Kota Lubuklinggau Air Terjun ini berjarak sekitar 10 KM dengan waktu tempuh sekitar 10 menit, sedangkan dari Kota Palembang Ibu Kota Sumatera Selatan berjarak sekitar 305 KM dengan waktu tempuh sekitar 7 jam perjalanan.

    Kawasan Air Terjun Temam ini sudah tertata dengan rapi dan bersih, untuk menuju bagian bawah air terjun wisatawan akan menyusuri jalan setapak dengan menuruni anak tangga sekitar 100 anak tangga.

    Akses menuju Air Terjun Temam ini berbeda dengan akses ke air terjun pada umum. Karena untuk menuju lokasi air terjun wisatawan tidak perlu bersusah payah.

    Wisatawan hanya menyusuri taman yang dikelilingi pohon yang rindang, kesejukan kawasan tersebut juga akan dihiasi dengan suara Air Tejrun Temam yang sudah terdengar saat mulai menyusuri jalan setapak.

    BACA JUGA: 15 Air Terjun Eksotis di Kepahiang Bengkulu

    BACA JUGA: 8 Air Terjun Tertinggi di Bengkulu

    Karena bentuknya yang memanjang, banyak yang menyebut Air Terjun Temam ini sebagai Niagara kecil yang ada di Kota Lubuklinggau. Hal tersebut dikarenakan Air Terjun Temam yang hanya memiliki ketinggian sekitar 12 meter namun memiliki lebar sampai 25 meter.

    Meskipun memiliki keindahan yang memukau, namun wisatawan tidak diperkenankan untuk mandi atau berenang disekitar kolam yang ada dibagian bawah Air Terjun Temam.

    Hal tersebut dikarenana kedalaman kolamnya mencapai 4 meter, belum lagi aliran airnya yang sangat deras terutama saat musim penghujan sehingga sangat berbahaya.

    Meskipun tidak bisa berenang atau mandi dibagian bawah Air Terjun Temam, namun wisatawan bisa melakukan sejumlah aktivitas mulai dari berfoto dengan latar belakang Air Terjun Temam.

    Kemudian berfoto di atas jembatang gantung yang berada dibagian atas Air Terjun Temam, selanjutnya berfoto di jalan menuju Air Terjun Temam yang rindang serta sejumlah spot foto lainnya.

    Bila ingin merasakan sensasi berbeda saat berkunjung ke Air Terjun Temam ini, wisatawan bisa mencoba untuk berkunjung di malam hari.

    Karena di malam hari, keindahan Air Terjun Temam ini tidak kalah menakjubkan. Dimana saat malam hari aliran air Terjun Temam menjadi warna-wani karena dibantu dengan pencahayaan yang baik yang disiapkan oleh pengelola.

    Untuk bisa menikmati keindahan dari Air Terjun Temam ini, wisatawan tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena harga tiket masihnya sebesar Rp 10 ribu per orang.

    Sedangkan untuk tiket parkir yang telah ditetapkan pengelola yaitu Rp 10.000 untuk kendaraan roda doa dan Rp 15.000 untuk kendaraan roda empat.

    Waktu operasional dari Air Terjun Temam ini sendiri yaitu mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB setiap harinya.

    BACA JUGA: 8 Wisata Air Terjun Terindah di Curup Bengkulu

    BACA JUGA: Pesona Air Terjun Tangga Seribu di Kepala Curup

    Sementara itu, untuk fasilitas pendukung yang ada mulai dari parkir, toilet, tempat makan, gazebo untuk istirahat. Sedangkan untuk tempat penginapan, sendiri belum tersedia.

    Hanya saja, karena lokasinya yang berada di Kota Lubuklinggau, sehingga banyak pilihan tempat penginapan yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Air Terjun Temam dengan harga yang bervariasi.(*)