BLANTERORBITv102

    Air Terjun Bedegung, Muara Enim Sumatera Selatan

    Sabtu, 01 Juli 2023
    Air Terjun Bedegung
    Air Terjun Bedegung (instagram/@aterta)

    SUDUTWISATA.COM- Air Terjun Bedegung merupakan salah satu air terjun terindah yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Air Terjun Bedegung ini memiliki nama lain yaitu Curup Tenang.

    Air Terjun Bedegung ini berada di Desa Bedegung KecamatanTanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan. Lokasi air terjun ini berjarak sekitar 60 KM dari Kota Muara Enim atau 238 KM dari Kota Palembang Ibu Kota Sumatera Selatan.

    Air Terjun Bedegung sendiri merupakan salah satu air terjun tertinggi di Sumatera Selatan, karena memiliki ketinggian sekitar 99 meter. Akses menuju air terjun ini sudah sangat mudah karena bisa dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

    BACA JUGA: Air Terjun Telaga Biru, Surga Tersembunyi di Lumajang

    BACA JUGA: Air Terjun Tumpak Sewu, Serpihan Surga di Jawa Timur

    Air Terjun Bedegung selama ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat, bahkan Air Terjun Bedegung ini bisa dikatakan sebagai ikon wisata dari Kabupaten Muara Enim.

    Selain akses menuju lokasi bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, akses dikawasan Air Terjun Bedegung juga sangat mudah, berbeda dengan air-air terjun tinggi lainnya yang mayoritas melalui tracking yang menantang.

    Karena meudahnya akses menuju  Air Terjun Bedegung ini, sehingga bisa menjadi destinasi wisata keluarga. Sebelum sampai ke lokasi wisatawan akan melewati taman yang sudah tertata rapi dan memiliki banyak spot foto.

    Saat berwisata ke Air Terjun Bedegung ini, wisatawan tidak diperbolehkan untuk mandi tepat di bawah aliran air terjun. Hal tersebut dikarenakan arus air yang sangat deras sehingga sangat berbahaya.

    Meskipun dilarang mandi tepat dibawah air terjun, wisatawan masih bisa mandi dan bermain air di aliran sungai yang berada di sekitar Air Terjun Bedegung.

    Salah satu sisi menarik dari air terjun ini adalah, sudah adanya jembatan yang menghubungkan dua sisi air terjun, sehingga wisatawan bisa menikmati keindahan Air Terjun Bedegung dari jembatan tersebut.

    Tak hanya bermain air, berbagai aktivitas bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke air terjun ini. Aktivitas yang bisa dilakukan tersebut mulai dari berenang, berfoto, kulineran dan lainnya.

    Sama halnya dengan air terjun-air terjun lainnya, Air Terjun Bedegung ini juga tak lepas dari legenda yang melekat pada masyarakat di sekitar Air Terjun.

    Dari cerita masyarakat, Air Terjun Bedegung ini terbentuk bermula dari seorang putri yang cantik dan enggan dinikahi oleh seorang raja yang tengah berkuasa saat itu.

    Karena menolak dinikahi sang raja, kemudian putri cantik tersebut dibunuh oleh sang raja. Penamaan Air Terjun Bedegung dengan nama Air Terjun Tenang juga diambil dari nama lain dari putri cantik tersebut.

    BACA JUGA: 8 Air Terjun Tertinggi di Bengkulu

    BACA JUGA: 15 Air Terjun Eksotis di Kepahiang Bengkulu

    Untuk bisa masuk ke kawasan Air Terjun Curup Bedegung sendiri, wisatawan akan dikenakan tarif masuk Rp 5.000 per orang untuk hari biasa dan Rp 10.000 sampai Rp 25.000 per orang saat hari libur.

    Air Terjun Bedegung sendiri, buka setiap hari yaitu dari Hari Senin sampai Minggu dengan waktu kunjungan setiap harinya dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB.(*)