BLANTERORBITv102

    Pesona Air Terjun Lemutu, Muara Enim Sumatera Selatan

    Senin, 03 Juli 2023
    Air Terjun Lemutu
    Air Terjun Lemutu, Muara Enim Sumsel

    SUDUTWISATA.COM- Selain memiliki Air Terjun Bedegung, ternyata Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan memiliki air terjun lainnya yaitu Air Terjun Lemutu.

    Air Terjun Lemutu atau Curup Lemutu merupakan salah satu objek wisata yang bisa wisatawan kunjungi saat berada di Kabupaten Muara Enim.

    Air Terjun Lemutu ini berada di Desa Tanjung Bulan Kecamatan Tanjung Agung atau berjarak sekitar 40 KM dari Kota Muara Enim. Sedangkan dari Kota Palembang jarak menuju Air Terjun Lemutu sekitar 236 KM dengan waktu tempuh sekitar 6 jam perjalanan.

    BACA JUGA: Air Terjung Bedegung, Muara Enim Sumatera Selatan

    BACA JUGA: 8 Air Terjun yang Ada di Kota Curup

    Air Terjun Lemutu ini terbentuk atas tiga tingkatan atau undakan. Pada tingkatan paling bawah memiliki ketinggian sekitar 10 meter, kemudian pada tingkatan kedua air terjun ini menyebar dan membentuk tingkatan-tingkatan keci. dengan tinggai antara dua sampai lima meter.

    Sedangkan untuk tingkatan ketiga, adalah tingkatan tertinggi dan terlihat lebih indah. Dari tingkatan ketiga Air Terjun Lemutu ini terlihat ada lekukan tempat mengalirnya air ke bagian bawah.

    Air Terjun Lemutu ini berada di dalam kawasan hutan yang masih asri dan alami dan belum banyak terjamah oleh wisatawan.

    Untuk menuju Air Terjun Lemutu ini wisatawan bisa menggunakan kendaraan bermotor, hanya saja dari lokasi terakhir pemberhentian kendaraan wisatawan harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki dengan waktu tempuh 15 menit.

    Jalur menuju lokasi wisata Air Terjun Lemutu hanya jalan tanah setapak, yang kondisinya akan sangat bergantung dengan cuaca. Namun kondisi tersebut tentunya cocok bagi wisatawan yang suka berpetualang.

    Selama perjalana menuju Air Terjun Lemutu, wisatawan akan disuguhkan pemandangan yang masih asri, karena disisi kiri dan kanan jalan setapak yang dilalui masih banyak pohon-pohon liar dan tanaman kopi warga sehingga akan menyejukkan mata.

    BACA JUGA: 7 Air Terjun di Lebong yang Wajib Dikunjungi

    BACA JUGA: 6 Air Terjun yang ada di Desa Belitar Seberang Bengkulu

    Air Terjun Lemutu ini akan menawarkan keindahan berbeda berdasarkan musimnya. Yaitu bila wisawan berkunjung pada musim kemaru, debit airnya akan berkurang dan pengunjung bisa berenang di kolamnya yang dangkal.

    Namun saat wisatawan berkunjung pada musim hujan, Air Terjun Lemutu akan mengalir deras dan membuatnya akan semakin indah dan menakjubkan.(*)